Manfaat, Cara buang uap mesin PCV (Blow-by) mobil diesel

SEOsatu – Positive Crankcase Ventilation atau PCV adalah sistem buang pada mesin yang fungsinya mengeluarkan uap gas yang gagal melalui proses pembakaran dan harus mengalirkannya kembali ke silinder agar bisa melewati proses pembakaran.

PCV pada mesin mobil diesel disebut juga Blow-by yang merupakan proses bocornya gas dari tabung silinder lewat ring piston atau tekanan dalam mesin. Hal ini dapat terjadi karena adanya tekanan pada proses pembakaran di ruang crankcase.

Pada topik ini membahas tentang mobil diesel seperti: Toyota innova mesin 2kd-ftv, 2GD, Hilux, Fortuner, Hiace, Isuzu Panther, Mitsubishi L300, Pajero, dll.

READ :  Ban Mobil Pecah, Meletus? INI Penyebabnya

Standar pabrikan gas uap mesin akan dialirkan kembali ke ruang bakar lewat selang hawa menuju pipa intake manipol sehingga tidak menjadi pencemaran udara, Namun teknik ini memberikan efek jalur intake menjadi kotor oleh oli sehingga udara bersih menjadi tercampur oli.

 

Buang Blow-by uap mesin ke udara

Cara ini paling mudah dilakukan hanya perlu modifikasi ringan:

  1. sambung jalur selang hawa mesin menggunakan selang solar + klem
  2. arahkan selang uap mesin kebawah mesin atau bisa sambung sampai belakang
  3. tutup jalur masuk lubang pipa intake menggunakan selang buntu atau DIY (asalkan aman dan tahan panas)

 

Manfaat

Udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi bersih dan proses pembakaran dalam mesin menjadi optimal sehingga performa mesin diesel lebih prima, tidak diperlukan tune up atau service cleaning berkala.

READ :  Review Ban Mobil paling Senyap Low Noise, Bagus

Info lengkap bisa tonton video:

Update : 17 Sep, 2023