Bisnis Online Paling Laris, Bisa Dikerjakan di Rumah

Siapa sih yang tidak ingin punya bisnis atau pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Setiap orang pasti punya cita-cita untuk bekerja dari rumah sambil mengasuh anak atau bercengkrama bersama keluarga. 

Jika kamu juga punya keinginan yang sama, berikut ini merupakan beberapa ide bisnis online paling laris yang bisa dikerjakan dari rumah. Jangan lupa, pastikan kamu juga punya website yang didukung hosting murah bulanan untuk kebutuhan promosi serta transaksi. 
5 Ide Bisnis Online Bisa Dikerjakan di Rumah

1. Usaha Jasa Penulisan Artikel SEO

Ide bisnis online pertama yang saat ini paling laris dan banyak dibutuhkan adalah membuka jasa penulisan artikel SEO. Bisnis ini bisa dimulai tanpa modal dan bisa dilakukan dari rumah, asalkan kamu sudah punya skill menulis berdasarkan metode SEO yang saat ini digunakan.

Rata-rata penghasilan yang bisa didapatkan oleh para penyedia jasa penulisan artikel sendiri berkisar di antara Rp1 juta sampai Rp 8 juta per bulan. Tergantung seberapa banyak jumlah klien yang kamu dapatkan.

Jika masih pemula dan baru belajar menulis artikel SEO, bergabung dengan agensi jasa penulisan artikel bisa menjadi pilihan yang bijak. Kemudian setelah mulai familiar dan bisa jalan sendiri, kamu bisa mulai merintis jualan jasa artikel di marketplace atau dengan membuat website jualan jasa sendiri sebagai media promosi.

2. Reseller dan Dropship

Sejak pertama kali kemunculan skema e-commerce di jagat dunia maya, bisnis reseller dan dropshiper menjadi salah satu lahan basah yang bisa dijadikan sebagai pundi-pundi uang.

Bagi kamu yang belum tahu, reseller adalah sistem bisnis dengan cara menjual ulang produk dari produsen dengan ditambahkan selisih atau margin sebagai keuntungan.

Kamu tidak perlu melakukan produksi, riset konsumen, serta melakukan inovasi untuk bisa berjualan dengan skema reseller, hanya perlu menemukan vendor yang tepat.

Sementara itu, skema dropship merupakan alternatif lain dari sistem reseller. Dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu menyetok produk seperti halnya reseller, karena kamu hanya perlu melakukan promosi kemudian ketika ada calon pembeli langsung melakukan order ke vendor terkait.

Besaran komisi dan keuntungan reseller maupun dropship bisa sangat fleksibel, tergantung besar margin keuntungan yang kamu tentukan.

3. Bisnis Affiliasi Produk Digital

Berikutnya kamu bisa menekuni bisnis afiliasi yang biasanya menawarkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Salah satu industri afiliasi yang memberikan komisi cukup besar adalah asuransi dan layanan keuangan, tapi kamu juga bisa mencoba afiliasi produk digital seperti web hosting, domain, dan NFT.

4. Meniti Karir Sebagai Content Creator

Menjadi content creator saat ini merupakan salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, hampir semua brand besar belakangan ini mulai mengganti metode pemasaran tradisional dengan pemasaran digital yang melibatkan para blogger, selebgram, atau YouTubers yang punya audiens kuat.

Kamu bisa punya penghasilan besar dengan membuat kerjasama brand placement, content placement, atau iklan Google AdSense. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

5. Membuka Kursus Belajar Secara Online

Terakhir, jika kamu punya skill yang unik dan banyak dibutuhkan kamu bisa mulai merintis kursus belajar online. Di Indonesia, kursus belajar online sendiri semakin banyak diminati sejak masa pandemi dua tahun lalu. 

Kamu bisa menarik biaya berlangganan untuk para peserta kursus, tarifnya bisa mulai dari puluhan ribu rupiah untuk sekali pertemuan, hingga jutaan rupiah untuk paket lengkap.

3 Tips Sukses Bisnis Online

1. Melakukan Riset Pasar

Langkah pertama jika kamu ingin sukses bisnis online dari rumah adalah melakukan riset pasar. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan riset pasar.

Pertama, kamu akan tau peta persaingan di bidang industri yang ingin dimasuki, kemudian kamu juga bisa tau produk-produk populer apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen.

2. Menentukan Harga yang Kompetitif

Harga menjadi salah satu faktor krusial untuk memikat calon pelanggan. Pasalnya, di era serba digital seperti sekarang konsumen sangat mudah menemukan alternatif toko lain yang menawarkan harga lebih menarik.

Jadi, pastikan untuk menentukan  harga yang kompetitif. Harga kompetitif tidak harus selalu lebih murah dari kompetitor, tapi kamu bisa mengemasnya dengan cara yang unik, kreatif, serta beda dari yang lain sehingga semakin meyakinkan calon pelanggan.

3. Buat Website untuk Membangun Reputasi Online

Selanjutnya, kamu juga perlu membuat website. Selain berfungsi sebagai tempat transaksi digital, website saat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media publikasi untuk membangun reputasi sebuah bisnis.

Terlebih jika bisnismu menargetkan calon pelanggan dari kanal digital, maka memiliki website yang reliabel dan bisa diandalkan hukumnya wajib agar tidak kalah dengan kompetitor. 

Membuat website sendiri saat ini sudah sangat mudah, kamu tinggal beli domain dan web hosting kemudian menggunakan content management system seperti WordPress untuk mengelola konten serta membuat tampilan yang menarik. 

Penutup

Itulah beberapa ide bisnis online paling laris saat ini dan bisa dikerjakan di rumah. Bisnis online memang tidak mudah, namun kamu tetap punya peluang yang sama untuk sukses dengan cara mengikuti tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Updated: October 20, 2022