Persiapkan Fresh Graduate dapatkan Pekerjaan


Cara lulusan baru SMA, SMK, S1 dapatkan pekerjaan tanpa pengalaman
Arti Fresh Graduate adalah lulusan perguruan tinggi, atau SMA / SMK yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak diwisuda dan resmi mendapatkan ijazah, serta belum memiliki pengalaman kerja.

Pada tahap ini perlu persiapan khusus sehingga bisa mendapatkan pekerjaan pertama setelah selesai dari bangku sekolah atau perkualiahan dan masuk dunia kerja secara nyata.

Tentukan minat dan keahlian

Mempersiapkan minat dan keahlian merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu, maka dari itu mempersiapkan jauh hari sebelum kelulusan merupakan hal yang baik.

Misal seorang pelamar ingin melamar posisi web developer, maka dia harus mempersiapkan skill yang menjual pada posisi tersebut seperti kemampuan pemrograman, database dan sebagainya.

Demikian juga jika seorang pelamar ingin melamar sebagai posisi marketer maka dia harus mempunyai keahlian marketing, digital marketing, copy writing dan lainnya.

Disini kamu harus belajar ulang tentang keahlian lebih mendalam tentang keahlian sebelum masuk tahap melamar pekerjaan sehingga akan melancarkan dalam seleksi / rekrutmen = diterima.

Perbanyak jaringan informasi

Siswa SMK, atau mahasiswa yang hampir lulus, aktif dalam mencari informasi terkait lowongan kerja di kampusnya / Bursa kerja. secara umum hampir lembaga pendidikan sudah memberikan informasi lowongan kerja untuk seorang fresh graduate.

NOTE: Menjalin komunikasi dengan teman atau kakak tingkat yang sudah mendapatkan pekerjaan juga dapat memperluas peluang mendapatkan informasi pekerjaan.

Aktif Cari Lowongan Online

Sebagai Fresh Graduate harus Aktif mencari lowongan kerja di sosial media ataupun situs lowongan online , cara ini sangat membantu seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

Penutup

Pastikan kamu memilih lowongan kerja sesuai minat, bakat serta portofolio memudahkan pelamar kerja diterima di Perusahaan tersebut.

Updated: August 29, 2022