Belajar BLOGGER : Dapat Penghasilan UANG Online


Panduan jadi blogger lewat platform blogspot & dapat penghasilan.

Ngeblog, atau blogger adalah kegiatan membuat konten yang isinya berupa tulisan, gambar, video bertujuan memberikan beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru pada sebuah laman web (blog) secara online.

Postingan atau artikel blog yang ditulis melalui laman blog terus diperbarui secara berkala, secara teknis melakukan update postingan atau menerbitkan tulisan baru setiap hari / minggu.

 

Manfaat Blogger ?

Secara umum manfaat blog sebagai media informasi berupa laman web / blog yang isinya konten berupa artikel, gambar, video yang dibutuhkan atau dicari oleh pengguna internet sehingga konten blog yang ditulis bermanfaat untuk orang banyak.

 

Dapat Uang dari Blogger

Sekarang blogger menjadi salah satu profesi yang mengasilkan uang, namun harus dikerjakan secara serius dan perlu waktu minimal 6 bln – 1 thn sehingga blog mendapatkan pengunjung (traffic) , selanjutnya blog bisa dipasang iklan kerjasama menjadi publisher Google adsense atau iklan secara mandiri.

Review Galaksion : High CPM terbukti Membayar Mahal $7-35

Kunci keberhasilan blogger adalah konsisten, ketekunan dalam menulis konten artikel, jangan pernah berhenti menulis temukan ide2 dalam topik blog.

Pendapatan blogger umumnya kisaran Rp 2-10 juta / bulan untuk konten bahasa indonesia, uang didapatkan dari google adsense, konten bersponsor atau iklan mandiri.

 

READ :  Seting Timezone VPS Linux Asia/Jakarta

Memilih topik blog

Topik blog adalah sebuah topik konten pembahasan dalam laman website atau blog. Misalnya blog/website yang kamu buat topik pertanian. Nantinya blog tersebut akan berisi konten-konten yang membagikan tentang seputar pertanian seperti:

  • Pemilihan benih kelapa sawit
  • Cara menanam kepala sawit
  • Pupuk kelapa sawit
  • Pembersihan lahan sawit
  • Panen sawit, Dll.

Catatan: Pastikan topik konten blog adalah suatu hal yang menjadi hobi, pekerjaan atau keahlian sehingga akan lebih mudah dalam menulis blog dan pengembangan kedepanya.

 

Buat Blog GRATIS

Buat blog baru 100% gratis, syaratnya cuma memiliki akun gmail, panduan lengkap membuat blog bisa baca pada tutorial: » PDF disini.

Custome domain ke .COM

Disclaimer: khusus untuk siswa, atau hanya ingin belajar blog, tahap custome domain bisa dilewati!

Tahapan ini wajib khusus yang mulai membangun blog untuk profesi atau bisnis dimana URL blog akan diubah menjadi nama domain .com, bukan lagi blogspot karena ini bertujuan sebagai branding blog.

contoh yang awal nama domain:

  • awal: https://seosatu1.blogspot.com
  • menjadi: https:///www.seosatu.com

Tentunya kamu harus membeli, berlangganan domain .com / tahun (harga cukup murah kisaran 120.000 – 130.000 / tahun), ini menjadi modal awal dalam proses blog.

READ :  Hapus Buat Swap Ubuntu Server VPS

Tahap berikutnya:

Panduan custome domain menjadi .com pada video dibawah, supaya lebih mudah pilih cara automatis tonton video sampai selesai:

 

Setelan dasar BlogSpot

Setelah berhasil buat blog baru selanjutnya proses seting, setelan dasar, Supaya lebih mudah bisa tonton pada video dibawah untuk setingan dasar blog:

 

Menulis Artikel blog

Setelah blog selesai dibuat + seting maka selanjutnya adalah membuat konten artikel yang isisnya berupa text, gambar atau video berikut panduan cara menulis di blogspot:

INFO Tambahan: buat akun sosial mesia seperti Facebook, twitter, Youtube berguna untuk share postingan baru.

 

Pahami konsep dasar SEO

Manfaat SEO untuk blog adalah menjadi blog mudah ditemukan lewat mesin pencari google atau blog, postingan bisa tayang dihalaman 1 google.

Konsep dasar SEO menjadi acuan dalam penulisan artikel dimana harus jelas, lengkap dan detail sehingga pembaca mendapatkan informasi langkap.

 

Penutup

Buat konten setiap hari atau minimal 1-3x dalam seminggu sehingga konten post (artikel) blogspot menjadi banyak nantinya traffic [pengunjung blog] akan bertambah seiring waktu.

Dalam waktu 1-6 bulan pertama proses blogger fokus saja pada :

  1. Perbanyak konten baru
  2. Datangkan pengunjung blog

Jangan lupa share ke sosial mesia seperti facebook, twitter atau Youtube sehingga mempercepat jumlah traffic blog, jika traffic harian sudah lebih dari 1000 pengunjung sudah waktunya mulai dapatkan penghasilan lewat Google Adsense.

Baca Juga:

Youtube : Aset Digital & Peluang usaha semua orang


Updated: November 25, 2023