Cara SEO Halaman Error, Page 404 ?


Cara SEO Blog di Google untuk Halaman Error 404.

Apakah situs / website kamu memiliki peningkatan Page 404 / Error 404 dalam jumlah yang sangat banyak, jika di check pada Google Console. Kejadian Ini tentunya sangat wajar untuk sebuah situs dinamis.

Manfaat & tujuan Halaman 404 adalah untuk mengalihkan semua konten yang telah dihapus atau merubah Permalink, Masalah page 404 pada blog secara umum disebabkan karena:

  1. Update + edit Link URL
  2. Migrasi Hosting
  3. Hapus konten
  4. dll.

 

Efek halaman 404 hasil pencarian google

Penting: Website yang memiliki tingkat jumlah error 404 akan sangat buruk nilainya untuk pengalaman pengguna dan mesin pencari, kejadian ini akan memberikan efek buruk rangking turun secara berlahan atau signifikan di serp khususnya Google.

Pastikan website / blog anda telah terdaftar di webmaster Google, jadi secara automatis robots google akan memberikan notifikasi berupa pesan jika terjadi error / page 404 terhadap situs anda.

 

Kesalahan umum mengatasi Page 404 

Redirect langsung halaman 404 ke homepage, tanpa memberikan alternatif halaman 404 secara jelas kepada pengguna atau mesin pencari, hal ini akan berdampak error404 atau halaman 404 akan terus terindex oleh mesin pencari.

 

Plugin SEO Halaman 404 

Platform webiste atau blog yang menggunakan wordpress khususnya self hosting , kamu dapat optmasi halaman 404 agar menjadi SEO friendly maka diperlukan bantuan plugins :

Bermanfaat untuk mengalihkan semua konten yang terindikasi error 404 ke konten lain yang masih mirip / sejenis.

Apabila konten sejenis tidak ditemukan maka plugins akan terpaksa redirect ke halaman 404 yang telah di optimasi bukan di homepage.

Dengan Teknik Optimasi Page 404 diatas akan memberikan dampak SEO Signifikan, baik terhadap pengguna (user) dan Robots agortima mesin pencari, walaupun sebelumnya situs telah terindikasi peningkatahan halaman 404.

 

Buat desain halaman 404

  1. Isi dan konten halaman harus jelas dan simple menjelaskan sebab halaman terjadi  error 404
  2. Terdapapat form pencarian untuk alternatif pencarian ulang pengguna
  3. Tambahkan Informasi Kontak untuk memberikan bantuan secara optimal untuk pengguna.

Kamu bisa gunakan plugin wordpress custome page error 404: plugin 404page.

 

Kesimpulan

Semoga penjelasan singkat masalah page error 404 untuk SEO Google bisa menjadi perbaikan peningkatan error 404 situs / blog di dashboard google console, jika ada pertanyaan silahkan langsung follow sosial media, atau call ke no telp yang telah kami sedian.

Updated: September 19, 2023