Tekanan MAP Sensor (Turbo) mesin diesel 2KD


Standar nilai tekanan MAP sensor Boost Turbo mesin diesel 2kd-ftv untuk mobil innova, fortuner, hilux, hiace kapasitas mesin 2.5L
Manifold Absolute Pressure – Fungsi sensor MAP mengukur besarnya tekanan udara di dalam intake manifold sistem pembakaran mobil. Data tekanan manifold / Boost Turbo akan dikirim kepada ECU (Electronic Control Unit) untuk menentukan jumlah volume bahan bakar yang diperlukan.

Berdasarkan manual book mesin tekanan angin (pressure) MAP sensor mesin diesel 2KD-FTV adalah antara 94 kpa – 100 kpa pada putaran mesin idle 750 – 850 RPM.

 

Nilai Value MAP Sensor

Pada putaran mesin ±3000 RPM nilai MAP sensor = 130 – 140 kpa, untuk melihat data value atau nilai tekanan MAP (boost Turbo) bisa menggunakan tools scanner mobil diagnosa DTC: Techstream asli Toyota.

 

CATATAN: Hasil nilai tekanan MAP sensor bisa dikatakan bagus dan normal jika nilai lebih dari standar dengan nilai kenaikan 4-10 kpa.

 

Filter MAP sensor

MAP sensor tidak bisa bekerja secara optimal jika filter MAP kotor, bocor, retak sehingga udara tekanan tidak optimal, pastikan filter MAP dalam kondisi bagus dan bersih.

Cara Modifikasi Filter MAP :

READ :  Penyabab & Solusi Mesin Ngelitik (knocking) Mobil

Updated: July 7, 2023