Aset Digital: Jenis & Manfaat untuk Masa Depan


Aset digital itu apa ?

Pengertian aset secara umum adalah sumber, dapat menghasilkan manfaat baik berupa uang, lahan, atau kekayaan itelektual dll kepada si pemilik baik perorangan, perusahaan, negara.

Aset digital itu adalah sebuah aset yang tak berwujud (digital) namun memberikan manfaat layaknya aset berwujud.

 

Jenis aset digital

Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang didukung oleh internet maka aset bertambah ke era digital, berikut contoh jenis:

  1. Konten diBlog (konten evergreen)
  2. Website, Aplikasi
  3. Akun Media Sosial (Youtube, Instagram, tiktok, dll)
  4. Link Affiliate
  5. Royalti dari konten digital yang kita buat
  6. Surat-surat berharga / saham, reksadana.
  7. Uang Kripto, NFT (Tidak rekomended), Dll.

Pilih salah satu dan serius membangun secara bertahap karena tujuan untuk jangka panjang contoh membuat website, blog buat konten yang berkualitas, update, maintenance secara berkala sehingga bisa bertahan lama.

 

Mafaat Aset digital

Tidak selamanya kita bekerja guna mendapatkan uang / penghasilan untuk keberlangsungan hidup, nanti akan ada masa dimana sudah tidak bisa lagi bekerja karena faktor umur, kesehatan disinilah penting dan manfaat aset digital yang menggantikan untuk terus dapat penghasilan income.

Jangan hanya fokus bekerja terus dimasa muda, namun segara mulai untuk membangun aset digital sehingga jika tuhan memberikan umur panjang sampai masa tua, pensiun maka aset inilah yang akan bekerja (carikan uang) untuk anda.

Orang jaman dahulu (orang tua, nenek moyang kita) juga membangun aset fisik, sebelum adanya aset digital seperti:

  • Tanah
  • Properti
  • Kendaraan
  • Royalti
  • Perkebunan
  • Ternak, dll.

 

Amankan Aset Digital

Cara terbaik meng-amankan aset digital melakukan backup file berkala simpan, download di file pada drive komputer lokal, sehingga jika terjadi kerusakan sistem server , pihak k-3 masih memiliki aset digital yang bisa digunakan ulang.

 

Kesimpulan

Semoga informasi tentang aset digital yang singkat ini bisa menjadi langkah awal untuk mulai memikirkan dan merespon manfaat aset untuk waktu yang akan datang.

Karena aset digital bisa diwariskan maka berikan data2 seperti akun, passwd kepada istri, anak, keluarga (ahli waris) yang dianggap bisa meneruskan karena sifat aset digital ini perlu dicek, update atau bahkan maintenance.

Updated: September 16, 2023