Modif Mesin Innova diesel 2KD untuk Harian


Modifikasi, oprek mesin diesel innova lama 2004 – 2011 2KD-FTV 2.5L Turbo Diesel (D4-D) tenaga enak harian siap gas di jalan tanjakan
Secara standar tenaga dan torsi diesel toyota kijang innova genesari 1 sudah cukup jika untuk harian jalan datar kota / TOL namun akan sedikit lemot atau boyo jika diajak jalan tanjakan maka perlu sedikit modifikasi namun tetap murah meriah..

BBM tetap minum BIOsolar namun filter rajin ganti jika sudah mulai hitam / kotar biasanya di KM 20-35 rb maka perlu ganti baru beli saja TOPED yang harga 20-30 ribuan.

 

Tips maksimalkan torsi tenaga innova untuk harian gas lebih ngisi dan responsive:

1. Filter udara bersih gunakan aftermarket yang kertas

Harga murah kisaran 70-90 ribuan beli online merk bebas, kenapa tidak yang racing karena yang bahan kertas lebih aman untuk menyaring debu.. sehingga turbin turbo dan ring piston tetap aman (tidak ngobos) untuk harian.

Yang penting bersih dan kalau sudah tidak layak atau hitam debu ganti saja yang baru…

2. Buang / Bobok catalytic converter Knalpot

Innova yang sudah umur lebih 10 tahun minum biosolar sudah pasti CC / katalis konverter mampet ini membuat aliran gas buang terhambat sehingga tenaga mesin tidak optimal, cara murah lepas, bobok buang isi dan pasang lagi maka aliran gas buang akan plong……. tenaga lebih ngisi dan enak.

Note: khusus innova diesel  2009 ke atas karena 2004-2008 belum ada.

3. Buang Uap Mesin keluar, Jangan masukan ke Intake

Mesin innova yang sudah tua misalkan tahuan 2004, 2005, 2006 maka uang mesin dibuang saja ke udara buatkan tambahan selang dan tutup jalur intake dengan selang buntu atau bisa DIY.

Ini berfungsi turbo bersih dari oli atau oli kotor sehingga udara di intake bersih dan trotel body dan EGR tidak cepat kotor.

4. Ganti filter MAP dengan Filter bensin Motor

Beli filter sensor MAP yang asli mahal boz, bisa ganti dengan filter bensin motor cuma Rp 5000 murah meriah namun fungsi sama bahkan lebih maksimal.

5. Tutup Jalur EGR

Apabila EGR tidak ditutup maka intake manipol akan tercemar dengan sisa gas buang sehingga udara di intake akan kotor kurang optimal pada pembakaran mesin, cara terbaik tutup jalur EGR / delete EGR part banyak di jual Online murah 30 ribuan, instalasi diperlukan 2 keping jadi 60 rb.

6. Bonus perawatan berkala

Ganti oli mesin setiap KM 5000 – 7000, sekalian filter oli jangan lupa cek oli rem, air radiator, minyak power stering dan part yang sering berputar seperti van-belt dan timing-belt.

 

Penutup

Tidak ada data pasti tentang nilai HP untuk tenaga dan torsi (karena tida Dyno test) namun kamu bisa merasakan tarikan gas lebih ringan [Ngacir……..] dan tenaga selalu ngisi khususnya untuk jalan tanjakan.

__Akhir kata, Salam Biosolar..!!!

Updated: July 7, 2023