Masalah & 4 Gejala koil Mobil sudah Lemah


Koil menjadi komponen / part penting di mobil bensin modern karena menjadi sumber elektrik menuju busi
Pengecekan part koil mobil secara bertahap menjadi wajib karena jika ada kerusakan / komponen ini lemah akan menimbulkan masalah mobil secara di jalan,

Tanda, gejala & ciri2 koil mobil rusak (mati)

berikut masalah yang timbul serta gejala atau ciri-ciri koil mobil sudah rusak (lemah) sehingga perlu di ganti.

1.) Mobil susah di hidupkan pagi hari

Mobil dinyakan pagi hari atau mesin dingin akan lebih sulit, starter panjang ini menjadi ciri2 awal koil mobil mulai lemah, ada kalanya koil kondisi sudah lemah kadang mesin panas pun sulit distarter bisa 2-3x baru mesin hidup.

2.) Mesin pincang / Sinjal (brebet)

Efek dari salah koil yang lemah atau mati akan menjadikan suara mesin brebet, getaran mesin sinjal [pincang] tidak halus yang berakibat tenaga mesin loyo / tarikan berat dan getaran kerasa ke kabin.

3.) Mesin Mobil Mati Mendadak

Gejala yang sudah parah mobil akan mengalami mati mesin pendadak saat dijalan, kasus ini mirip dengan mobil kehabisan BBM namun jika di cek kondisi BBM OK dan Jalur masuk ke BBM ke intake normal. Masalah ini dikarenakan koil mobil sudah lemah, mati sehingga menjadikan masin mati tiba2.

Namun Jika mesin dinyakan ulang akan hidup kembali, ini sangat bahaya jika sedang berkendara dalam kecepatan tinggi di jalan TOL.

4.) Suhu Panas Koil Tidak Normal

Kondisi koil sangat panas menyengat tidak wajar saat diraba, namun gejala ini tidak terjadi pada semua koil lemah / hanya sebagian jenis / merk yang mengalami.

Secara umum koil saat bekerja dimesin akan menghasilkan panas, namun suhu panas wajar masih bisa diraba dengan tangan tidak menyangat seperti bara api.

Tips / Rekomendasi Masalah Koil

Silahkan Ganti saja semua koil, contoh ada 4 buah karena kalau diganti 1 yang lemah maka kedepan akan menyusul lainya, cara aman ganti semu dengan baru.

Jika ada budget bisa beli part original di dealer resmi namun jika uang terbatas bisa pakai koil merk lainya yang lebih murah, karena banyak part pilihan.

Updated: April 23, 2022