KNOCKING: Masalah Mesin Mobil Ngelitik, Salah isi BBM


Gejala, masalah mesin mobil ngelitik, knocking disebabkan salah isi BBM kualitas RON dibawah rekomendasi pabrikan.

Secara umum gejala mesin ngelitik, menurun tenaga dan performa saat gas akselerasi atau di tanjakan karena minum BBM RON rendah semisal bensin pertalite yang seharusnya pertamax.

Alih2 menghemat BBM beli pertalite namun untuk jangka panjang akan merusak mesin karena pembakaran dini / tidak sempurna.

 

Merk mobil ngelitik salah BBM

Jenis mobil yang ngelitik jika minum pertalite:

  1. Kijang Innova
  2. Fortuner bensin
  3. Toyota Sigra, daihatsu Calya
  4. LCGC Brio, Ayla, Agya
  5. Merk Nissan > thn 2010 ketas.

Yang intinya mobil dengan kompesi besar > 1:9 dengan cc besar diatas 1000 dengan teknologi modern akan ngelitik jika minum BBM RON dibawah 92.

 

Penyebab ngelitik, knocking Mesin

Salah isi bensin untuk mobil yang minimal RON 92 kamu kasih minum pertalite inilah yang menyebabkan awal mesin ngelitik. Pembakan bahan bakar di ruang mesin tidak pas pada waktunya ini yang dinamakan knocking, nglitik karena Bensin + uadara akan terbakar sendiri sebelum dipantik oleh busi pada 1/2,1/8 kompresi sehingga menyebabkan:

  • Suara mesin RPM Idle lebih kasar
  • Timbul Suara Krik2 / Tik2 saat Akselerasi atau Gas DALAM
  • Mesin bergetar, sinjal tidak normal
  • Performa tenaga mesin menurun
  • BBM lebih boros
  • Merusak mekanisme mesin untuk jangka panjang.

 

Solusi Ngelitik Mesin mobil

Sebelum akaibat dari ngelitik merusak mesin mobil kamu maka segera mungking ganti isi BBM dengan RON yang tinggi untuk beberapa hari sampai suara ngelitik dan performa sembuh, kamu bisa isi bensin Pertamax Turbo.

» Minum Pertamax biasa / Turbo (Pengobatan Awal Ngelitik)

 

Video Solusi Nglitik Mobil Ala2

 

Teknologi Anti Ngelitik

Pertamax Turbo adalah bahan bakar yang memiliki teknologi untuk mencegah mobil Anda ngelitik atau knocking.

INGAT SECARA UMUM Kejadian ngelitik umumnya terjadi karena mesin mobil menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah standar.

KANDUNGAN Pertamax Turbo memiliki formula anti knocking yang akan membuat mesin Anda lebih halus. Terlebih, Pertamax Turbo juga memiliki oktan yang tinggi untuk mencegah mobil Anda mengalami knocking serta memberikan performa mesin yang maksimal.

Setelah mesin kembali Normal, isi tangki BBM isi dengan pertamax turbo secara full dalam beberapa hari, maka bisa turun ke bensin Pertamax biasa dan ini berlangsung seterusnya.

 

Disclaimer

Tidak dibenarkan isi bensin dengan pertalite untuk mobil yang minimal RON 92 karen ini adalah penyebab utama mesin ngelitik, niat hemat malah merusak mesin kan gak bgt…………….

Salah OTO. semua penjabaran diatas hasil pengalaman langsung admin dilapangan secara nyata dengan ujicoba mobil + BBM.

Updated: September 17, 2023