Artikel EverGreen : Cara menulis, Manfaat & Jenisnya

Mengenal Artikel evergreen blog, jenis & cara penulisan serta dapatkan traffic organik google dalam waktu lama bisa > 10 tahun.

 

Apa itu Konten ever green ?

adalah kumpulan topik, keyword dan konten yang selalu dicari orang lewat internet khususnya google tidak memiliki masa expired sehingga jika blog post kamu bisa menangkan salah satu keyword evergreen akan tetap mendapatkan traffik dalam waktu lama // stabil.

Contoh keyword, konten non-evergreen : blog berita, blog informasi lowongan kerja ini akan expired (tutup) pada tanggal / waktu singkat.

Konten evergreen menjadi aset digital blogger karena akan tetap mendapatkan traffic, pengunjung untuk jangka panjang setidaknya 5 – 10 mendatang.

Pernah dulu Admin menulis konten blog namun bukan jenis artikel evergreen sehingga traffic blog hanya bertahan 6 bln – 1 thn, akhirnya harus buat baru dan ini sangat melelahkan.

 

Manfaat konten EverGreen

Semua blogger didunia pasti ingin blog tetap mendapatkan traffic khususnya dari mesin pencari Google secara stabil dalam waktu lama, keyword evergreen akan memberikan manfaat :

  1. Kunjungan traffic blog stabil (syarat post blog di page 1 google)
  2. Konten tidak mudah basi, tetap belaku selama isi konten memberikan manfaat yang nyata
  3. Lebih mudah untuk monetize / mendapatkan penghasilan dari blog (publisher adsense, iklan mandiri, konten review).
READ :  Cara Mengatasi Error, Gagal Install webuzo VPS Linux NiagaHoster

 

Jenis Konten EverGreen

Disini kamu akan mengenal lebih dalam tentang konten, keyword evergreen sehingga bisa mendapatkan informasi secara lengkap:

Keyword Cara / How To

Ini adalah salah satu jenis konten evergreen yang selalu top search. keywords yang mengandung kata “cara membuat …”, “cara memasang …”, “cara merawat …”, “cara memperbaiki …”, dan seterusnya ini volumenya memang gede banget.

Tentunya tugas kamu menemukan turunan keyword yang spesifik berdasarkan topik konten sehingga tingkat persingan lebih ringan seperi: KW = cara install wordpress VPS, dll.

Keyword ini masuk dalam sub:

  1. Cara ?
  2. Siapa ?
  3. Bagimana ?
  4. kapan ?
  5. Kenapa ?
  6. Dimana ?

Jenis konten ini menjadi top trending dalam topik keyword evergreen sehingga tidak heran media mainstream ikut publikasikan.

 

Konten Study Kasus

Banyak sekali orang mencari informasi tentang study kasus dimana ini bisa menjadi rujukan yang valid karena jenis konten ini memiliki informasi lengkap dan mendalam.

Konten studi kasus ini biasanya dicari oleh mereka yang memang pengin belajar dan pengin mendapat tambahan pengetahuan.

Meski mungkin tak sebanyak artikel “How To”, yang sifatnya lebih practical dan applicable, artikel studi kasus (apalagi kalau topiknya memang top trending) biasanya akan banyak juga yang baca, karena sifatnya yang menganalisis sesuatu secara mendetail.

READ :  Best Template Wordpress Fast Loading (Blog & News)

 

Artikel Review

Konten ini dicari oleh orang yang ingin mengenal produk, jasa secara online lewat konten review, maka kita “hanya” bisa mengandalkan pengalaman orang lain yang pernah coba / beli, melalui review yang dibuat secara jujur.

NOTE: Sekarang makin susah ya membedakan review (bayaran) vs beneran review, Makanya kepercayaan akan review tertulis juga menipis.

Namun jika kamu membuat konten review secara jujur + melampirkan data2 valid maka blog kamu akan dipercaya serta mendapatkan traffic stabil.

 

Keyword daftar / List

Artikel list ini memang umum dibuat oleh bloger indonesia, contoh “7 penginapan terbaik di wisata dieng wonosobo”, namun kamu harus pandai dalam memilih topik sehingga konten list bisa bertahan / tidak basi.

Secara umum konten list memiliki isi informasi kumpulan data yang ditekankan pada jumlah / diawali oleh angka yang akan memberikan pilihan kepada pengunjung untuk memilih informasi yang diberikan.

 

Konten FAQ ?

Jenis konten yang isi seputar tanya – jawab untuk sebuah topik tertentu tentunya kamu harus memilih topik yang tepat sehingga konten ini bisa menjadi evergreen. traffic keyword ini umumnya adalah pemula yang baru mengenal / belajar tentang topik yang sedang di pelajari.

 

Blog Informasi Bisnis

Ini masuk dalam keyword / topik evergreen karen banyak pengguna mencari lewat online di google seperti “sewa mobil”, toko kue ultah, dll. Jika kamu membuat konten tentang bisnis yang menjadi kebutuhan pokok, tensier maka konten akan mendatangkan traffic + stabil.

READ :  Seting Waktu Cronjob Linux Ubuntu Server

Informasi bisnis mencakup usaha jasa & produk: tentang, layanan, harga, alamat dan kontak (porfolio), jenis konten ini hampir mirip ulasan review namun lebih singkat / sebatas informasi2 dasar.

 

Cara Menulis Artikel Evergreen blog

Jika kamu ketikan keyword evergreen di google maka sudah banyak yang membuat bahkan blog media besar, apakah blog kecil bisa ikut bersaing ??

Disini kamu harus paham online itu luas jadi bisa mengambil keyword yang lebih spesifik sehingga blog pribadi tetap bisa menang dalam SEO.

Berikit tip membuat konten evergren:

  1. Pilih keyword yang banyak pencari namun lebih spesifik ke turunan keyword
  2. Jangan paksa membuat konten di keyword utama contoh “cara menghilangkan jerawat”, ini akan sangat musahil blog kecil menang dan hanya akan membuat kamu drop.
  3. Gunakan tools keyword planner google dalam riset keyword turunan / spesifik atau jugaa bisa cek penelusuran terkait google dibagian bawah.
  4. Buat konten memiliki nilai lebih, lebih lengkap atau mendalam dan yang pasti jika konten adalah tentang cara ? berikan cara baru yang belum pernah dibuat oleh orang lain.
  5. Pastikan konten bersifat valid, bisa dipertanggung jawabkan / memiliki dampak manfaat yang nyata untuk pengunjung.

 

Penutup

Sebenarnya tidak ada konten yang benar2 evergreen karena dengan berubah waktu, jaman masalah dan solusi akan ikut berubah sehingga konten evergreen tetap harus diupdate mengikuti trend.

Kecuali tentang sejarah atau kejadian masa silam, sehingga konten ini bersifat permanen, OK semoga sedikit ulasan tentang konten evergreen bisa menjadi wawasan dalam dunia blogger.


Updated: January 24, 2024