Apakah Desain Website Memengaruhi Traffic? Temukan Jawabannya di Sini!

Pengaruh Desain Website terhadap Traffic yang Didapatkan

Dalam sebuah proses membangun situs / blog, tentu saja ada banyak hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah desain dari website yang akan dibangun. Desain ini memiliki peran penting dalam menarik perhatian publik.

Desain sebuah website juga disebut-sebut akan memberi pengaruh besar terhadap traffic website. Mengapa begitu? Mari temukan jawabannya di pembahasan kali ini!

Fungsi Desain Website

Setiap komponen website pasti punya fungsi masing-masing. Begitu juga dengan desain website yang dirancang baik dan menarik. Agar bisa memahami bahwa desain website ini akan berpengaruh besar terhadap traffic, maka perlu dipahami juga apa saja fungsinya.

Berikut adalah beberapa fungsi & manfaat dari sebuah desain website:

1.) Menunjukkan Identitas

Desain dari sebuah website tidak hanya akan memberi tampilan visual yang tidak bermakna. Desain ini akan menjadi sebuah identitas. Ingat, ketika membuat sebuah website maka Anda harus menunjukkan identitas dari website tersebut. Tak hanya lewat nama website-nya namun juga lewat desain yang diangkat di dalam website.

Pengunjung bisa langsung mengenal identitas sebuah website dari desainnya. Itulah mengapa pembuatan desain website sebaiknya dibuat sebaik mungkin memperhatikan tujuan serta konsep utama dari website. Identitas ini harus konsisten sehingga perlu dipertahankan lewat desain website yang juga konsisten.

2.) Memberi User Experience yang Lebih Baik

Dalam proses pengembangan website, Anda harus bisa menumbuhkan user experience yang baik. Artinya, pengunjung yang datang ke laman website Anda harus bisa mendapatkan pengalaman yang baik dan menyenangkan. Ini akan membuat website Anda terus dikunjungi berulang kali dan mendapat banyak pengunjung baru.

Desain website yang bagus dan menarik serta nyaman dipandang jelas akan lebih disukai oleh para user. Selain itu, desain website juga perlu dibuat simpel namun tetap fungsional dari berbagai sisi. Ini akan memberi nilai lebih bagi para user sehingga akan betah mengunjungi website bahkan berulang kali mengaksesnya.

3.) Memberi Karakteristik

Desain yang diangkat akan menunjukkan karakteristik sebuah website. Sama halnya seperti identitas, karakteristik ini juga perlu ditonjolkan. Apalagi jika jenis website yang dibangun adalah website bisnis. Penting sekali untuk memperlihatkan karakter tersebut kepada para pengunjung yang berpotensi sebagai konsumen nantinya.

4.) Mempermudah Akses oleh Pengunjung

Adanya desain dalam sebuah website akan membantu memberi kemudahan akses bagi para pengunjung. Namun dengan catatan bahwa desain yang digunakan memang tergolong simpel dan fungsional. Artinya, desain website tidak hanya mengutamakan kecantikan visual tetapi juga fungsi dan kemudahan aksesnya.

Bayangkan saja jika sebuah website tidak memiliki desain tampilan yang baik. Pilihan menunya bisa saja tidak beraturan dan hal ini akan mempersulit pengunjung dalam melakukan akses. Tentunya jika akses ke website saja sulit karena terhalang desain yang buruk, sudah pasti pengunjung tak akan mau datang kembali dan memilih mengunjungi website lain.

5.) Mempermudah Pengembangan Website

Ketika membangun website, Anda tentu ingin membuatnya berkembang lebih jauh lagi. Pengembangan website ini bisa dilakukan jika memang sudah ada pedoman pokok atau konsep yang kuat sebelumnya. Desain sebuah website akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan website tersebut di kemudian hari.

Mari kita posisikan diri sebagai pengelola website. Jika website sudah punya desain yang bagus, rapi, dan menarik. Selanjutnya proses pengembangan akan berjalan lebih mudah. Tinggal ditambahkan poin-poin yang memang ingin ditambahkan. Lain halnya jika desain website masih berantakan, tentu akan lebih menguras waktu dan tenaga untuk mengembangkan website tersebut.

Jawaban:

Dari semua fungsi / manfaat desain web diatas, jelas sekali bahwa desain sebuah website akan berpengaruh pada angka traffic-nya. Website yang memiliki desain visual menarik, fungsional, sekaligus simpel sudah pasti bisa menarik lebih banyak pengunjung.

Bahkan pengunjung lama pun memiliki potensi besar untuk mengunjungi website berulang kali karena desainnya memang efektif.

 

Ok Lanjut………..

 

Tips desain Web yang efektif meningkatkan angka traffic

Lalu, bagaimana cara membuat website dengan desain yang menarik sehingga bisa bekerja efektif meningkatkan angka traffic? Pembuatan desain website ini memang harus dipikirkan dengan matang karena cukup berpengaruh besar dalam pengembangan website nantinya. Berikut ini adalah beberapa tips membuat desain website yang bisa Anda lakukan:

1.) Pilih Warna yang Eye Catching

Pertama, tentukan dulu pilihan warna untuk konsep desain website Anda. Menentukan pilihan warna ini juga cukup menantang karena ada banyak sekali tipe warna yang bisa digunakan. Anda harus bisa menggunakan jenis warna yang eye catching. Dalam sekali lihat, pastikan warna tersebut bisa membuat orang tertarik untuk melihat website lebih lanjut.

Pilihan warna juga perlu disesuaikan dengan konsep website Anda. Pemakaian satu jenis warna bisa jadi pilihan jika ingin mengangkat konsep minimalis untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Namun, kombinasi warna juga bisa dilakukan asalkan tetap sesuai porsi dan tidak berlebihan.

2.) Buat Homepage Minimalis

Selanjutnya, buatlah desain homepage yang minimalis. Homepage ini akan menjadi kesan pertama bagi pengunjung ketika datang ke sebuah website. Pastikan homepage-nya minimalis saja dan disesuaikan dengan fungsi. Lihat kembali apakah semua komponen yang ditampilkan dalam homepage adalah kebutuhan utama dan sudah berfungsi optimal atau belum.

Membuat tampilan homepage yang ribet justru biasanya akan membuat pengunjung merasa malas untuk berkelana lebih jauh lagi ke dalam website. Bahkan banyak sekali pengunjung website yang langsung out begitu melihat tampilan homepage yang ribet. Ingat, homepage adalah wajah website sehingga harus dipastikan untuk dibuat sebaik mungkin.

3.) Atur Navigasi yang Mudah

Poin berikutnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah website adalah navigasi. Komponen navigasi yang terlibat dalam sebuah website sebaiknya dibuat mudah. Atur agar navigasinya simpel dan memudahkan pengunjung untuk berkelana ke berbagai opsi yang ada di website Anda.

4.) Pastikan Konten Mudah Dibaca

Desain sebuah website tidak seharusnya merusak isi atau konten yang ingin ditampilkan. Konten website harus tetap mudah dibaca dan tidak tenggelam karena desain website yang terlalu berlebihan. Pengunjung harus tetap bisa membaca konten dan menikmatinya dengan jelas tanpa ada distraksi yang berlebihan.

Anda bisa mencoba menjadi pengunjung dari website yang Anda buat sendiri. Coba baca konten yang ada di sana. Apakah konten tersebut masih bisa dinikmati dengan baik atau tidak. Jika konten tidak bisa terbaca dengan baik karena desain dan warna yang tidak bagus maka sebaiknya segera diganti saja.

5.) Usahakan Mobile Friendly

Zaman sekarang ini banyak sekali masyarakat yang mengakses sebuah website lewat smartphone. Anda sebaiknya memperhitungkan kondisi ini dan membuat desain website yang mobile friendly. Artinya, desain website bisa terlihat bagus dan tidak mengganggu navigasi maupun tampilan konten ketika diakses lewat perangkat mobile seperti smartphone.

 

Kesimpulan

Itulah tadi pentingnya peran dari sebuah desain website untuk mendatangkan pengunjung atau traffic. Perencanaan desain ini adalah poin penting dari semua rangkaian dalam pembuatan web / situs.

INGAT: Tentunya website yang baik dan menarik harus memiliki tampilan visual yang juga cantik. Jadi, upayakan untuk merencanakan matang-matang desain website seperti apa yang ingin ditampilkan.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *