Cara Cek Lowongan Kerja yang Terindikasi Penipuan

Info indentifikasi, cek lowongan kerja palsu yang terindikasi penipuan yang ujung2nya merugikan calon pencari kerja

kemudahan internet, online memudahkan semua orang untuk akses informasi begitu juga dengan info loker / lowongan kerja namun dari jutaan loker banyak yang tidak valid (loker palsu), disini admin akan berbagi tips cara mengetahui bahwa info loker yang terindikasi penipuan atau data tidak benar.

Sumber informasi lowongan kerja online

ada banyak sekali sumber informasi yang bisa diakses lewat media online seperti:

  1. Google
  2. Sosial media
  3. facebook, Twitter
  4. IG
  5. Linkedln
  6. Iklan baris
  7. web portal lowongan kerja, dll.

Tanda2 umum lowongan kerja Penipuan

  • Kadang2 Persyaratan Menjadi Karyawan Terlalu Mudah dan Umum
  • Penawaran Gaji yang Tidak Masuk Akal / Tidak sesuai dengan profesi JOB
  • Lokasi Interview Jauh dari Alamat Perusahaan yang Ditulis di Lowongan Kerja (Data tidak valid)
  • Menyebarkan Lowongan Melalui SMS, SPAM WhatsApp Chat / Group
  • Meminta Sejumlah Dana / Uang pada saat Interview
  • Langsung Diterima tanpa Ada Proses Interview

Cek apakah lowongan kerja valid vs Penipu

ada banyak cara untuk cek ulang info lowongan kerja yang tersebar secara online salah satunya browsing di google tentang lokasi perusahaan, PT, website perusahaan, profile perusahaan jika di google tidak ditemukan maka patut diduga.

Paling banyak informasi lowongan kerja palsu banyak ditemukan lewat sosial media, web portal lowongan dan iklan baris, cek kelengkapan data lowongan seperti : persyaratan, job desk, gaji apakah relevan ?

Analisa dan cek kontak seperti email, no hp dan website apakah resmi atau menggunakan versi gratisan, contoh:

  • recruitment@bcafinance.co.id ,  bcafinance.co.id [Asli resmi]
  • [email protected]@gmail.com , bcafinance12.online [Palsu]

Coba cek di google ketikan nama perusahaan, email, atau kontak + keyword [penipuan], jika ada hasil pencarian review tentang kasus penipuan yang terjadi maka ini sudah cukup untuk menjadi bukti sehingga kita tidak usah meneruskan melamar di perusahaan fiktif tersebut.

Contoh:

Ket: anda bisa baca hasil review google bisnisku atau web yang mengulas NAMA perusahaan yang akan mencoba untuk dilawar pekerjaan.

Contoh lowongan kerja valid:

Note: anda bisa temukan info lowongan secara online di web resmi perusahaan atau web portal lowongan, iklan baris namun yang wajib dicek adalah alur “Apply for Job / Lamar kerja” wajib menuju pada kontak resmi baik email / web.

Sedangkan Apabila HRD perusahaan menghubungi lewat wa / telepon bukan resmi, maka calon pelawar, pencari kerja wajib sedikit waspada.

intinya jika sudah dalam tahap Interview kerja jika diminta untuk membayar ini itu, jangan sekali2 memberikan, transfer uang dengan alasan apapun.

Baca Juga: Kenali 5 Modus Penipuan recruitment, interview Lowongan Kerja

Disclaimer

Tidak semua informasi data lowongan kerja yang menggunakan kontak, email GRATIS bukan resmi itu tidak valid, karena banyak lowongan kerja non-resmi seperti: penjaga toko, ART, Sopir, Tukang kebun, dll yang di posting oleh perorangan hanya lewat HP / Chat wa namun info loker adalah Asli + valid.

Panduan diatas lebih untuk analisa lowongan kerja di perusahaan, pabrik atau PT karena ini celah yang sering dimanfaatkan oleh oknum2 yang tak bertanggung jawab.

Kesimpulan

INGAT Selalu hati2 dan waspada tentang semua informasi lowongan kerja online, wajib cek2 sebelum melangkah lebih lanjut karena sudah banyak kasus yang terjadi, semoga anda cpt menemukan pekerjaan yang cocok, resmi dan bisa berkarir untuk masa depan.

Tips: Carilah lowongan kerja di lokasi / kota domisili atau terdekat sehingga lebih mudah dalam pengecekan tentunya ini lebih aman & biaya transport jauh lebih murah.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *