Kapan Waktu, Masa kawin Burung Kacer (Koci)


Informasi Waktu kapan burung kacer, koci, berkembangbiak atau produksi.

Secara umum burung kacer atau koci akan kawin pada bulan juni – september itu jika hidup pada habitat asli hutan alam liar sedangkan untuk burung yang diternak tidak memiliki masa , sirklus kawin (bisa kapan saja).

 

Waktu kacer kawin

Jika burung kacer dalam penangkaran akan mulai buat sarang (siap kawin) kembali 3 hari setelah anakan di ambil untuk di loloh oleh pemilik farm burung.

Burung kacer yang telah masuk masa dewasa / umur kurang lebih 1 tahun yang telah ganti bulu maka siap untuk masa reproduksi bertelor, jika dialam liar atau pun di penangkaran burung.

 

Jumlah telor kacer & Pengeraman

Burung kacer di alam liar akan kawin selama 1 minggu sambil membuat sarang dan segera bertelur dengan jumlah 2-5 butir , masa pengeraman membutuhkan waktu kisaran 14-16 hari tergantung cuaca dan kondisi lingkungan.

Burung kecer dialam liar merupakan burung yang setia kepada pasangan, walupun kadang ada yang poligami, antara jantan dan betina kacer sama2 ikut mengeram telur sampai mentetas.

  • Kacer jantan mengeram telur : pagi – siang – sore (kadang jantang tidak ikut mengeram)
  • Kacer betina: mengeram telur: sore – malam – pagi (kondisi tertentu betina full mengeram)

Catatan:

Waktu berhenti (JEDA) masa kawin, reproduksi burung kacer jika kondisi alam tidak mendukung atau kondisi burung sedang sakit, ganti bulu (mabung), burung kacer akan ganti bulu setiap 1x dalam setahun, proses mabung kisaran 1-3bulan.

Sumber data:

pengalaman admin penangkaran kacer secara mandiri dan pengamatan selama 3 thn di hutan kalimantan.

Updated: June 7, 2024