Fakta Google: Data Hasil Pencarian Hanya Sebatas Index

Apabila kamu anggap google adalah mesin pencari, gudang informasi / ilmu untuk bertanya, mempelajari segala hal ini adalah 100% salah, karena Google hanya memiliki data indek terbatas (sedikit) yang akan ditampilan oleh pengguna

Sekarang ada 6 data kategori file mesin pencari google yang banyak diakses oleh manusia di dunia:

  1. Google penelusuran
  2. Youtube = video penelusuran
  3. Aplikasi Penelusuran / Google apps Playstore
  4. Map Penelusuran
  5. Buku Penelusuran
  6. PDF Penelusuran

Secara umum yang paling populer dipakai adalah Google penelusuran (konten artikel, news) dan google video atau YT, youtube dan google map tentunya semua memiliki batasan aturan yang tidak semua konten bisa tayang masuk dalam index database google yang nantinya bisa di akses oleh pengguna.

Mekanisme kerja mesin pencari google

Fakta ke-1: Sebagai pemula pengguna internet, yang baru mulai meneganal konten online maka perlu memahami sistem kerja dari mesin pencari bisa google, bing, yandex, DuckDuckG, yahoo, dll.

  • 1.) Crawling 

Proses dimana Google menggunakan sistem program, software komputer yang di seting untuk menjelajah, merayapi semua link web dari semua situs, blog yang memiliki setingan, aturan Meta tag : robots = Index, follow (artinya bot google bisa merayapin dan simpen semua data web ke index didatabase google).

Dari sini sudah terlihat jelas, mesin pencari google memiliki batasan tidak bisa akses & menyimpan semua informasi dari blog, website yang ada di dunia, namun terbatas hanya yang bersifat meta tag: index , follow, archive.

Jadi kalau saya ingin buat blog yang memiliki konten rahasia, konten privasi, konten data penting2 yang tidak dapat ditemukan oleh google maka sangat mudah, seting saja meta tag menjadi: noindex, nofollow, noarchive pada saat pembuatan web, blog.

  • 2.) Indexing

Setelah google meyarapi semua URL link blog, web maka akan disimpan kedalam data center / database, nah proses ini disebut proses indexing / index berupa: URL link, Judul, deskripsi, gambar / konten cuplikan.

  • 3.) Cache

Setelah semua data di simpan di index database, maka guna mempercepat sistem pencarian google saat diakses oleh pengguna (Google cepat bgt sie…) memiliki sistem yang namanya cache, adalah hasil simpanan sementara semua isi konten web, blog secara utuh setiap halaman dan ini akan di update berdasarkan hasil index terbaru.

Ini yang menyebabkan setelah kamu update artikel blog, hasil pencarian google tidak langsung ikut update (perlu waktu) karena masih konten cache yang ditayangkan oleh google sampai nanti mendapatkan index terbaru dari konten yang kamu edit khsusnya (judul, URL, meta deskripsi)

  • 4.) Results

Hasil Semua tampilan data google penelusuran bersifat index yg secara umum akan ditampikan ke pengguna atas dasar permintaan oleh ketikan: keyword / prasa / kata kunci pencarian menggunakan browser dekstop, handphone yang terkoneksi jaringan internet (Online).

Google disini menggunakan tools, program komputer yang namanya algoritma untuk membuat sebuah kecerdasan buatan dari komputer dimana akan mencocokan semua keyword / kata kunci dengan data yang ditampilkan ke pengguna (hasil pencarian googe) namun hanya memiliki index data yang terbatas.

Sehingga apa yang dicari google search kadang tidak revelan, kurang nyambung untuk sebagian keyword karena google jelas tidak memiliki informasi yang dibutuhkan oleh pengguna atau kadang dibatasi oleh regulator, aturan2 tertentu.

Google Tidak mememiliki semua informasi / data

Fakta ke-2: Kata orang jika ingin belajar, bertanya, mencari sesuatu maka buka saja mba google, ternyata mesin pencari google ini hanya memiliki sangat sedikit sekali data hanya sebatas index, cache yang bisa di results / tampilan untuk pengguna, alasan sistem crawl dan algoritma banyak aturan.

Yang artinya semua informasi data yang diberikan oleh google untuk pengguna sangat terbatas, jadi jangan harap kamu menemukan semua info data2 yang kamu butuhkan di google search. Ini berlaku untuk semua mesin pencari lainya.

Data hasil pencarian Google tidak 100% Valid

Fakta ke-3: Informasi data yang diberikan oleh google untuk pengguna tidak semua valid kebenaran kebenaranya, dulu pakar SEO membuat google hampir menjadi SPAM dimana Tukang SEO memanipulasi hasil pencarian google yang tayang di halaman 1 berdasarkan manipulasi optimasi sehingga hasil pencarian tidak relevan.

Sekarang google memiliki Update Algoritma yang mutahir sehingga pakar seo tidak bisa manipulasi hasil penelusuran halaman 1 dengan cara yang curang, namun sistem algoritma google ini masih punya bug dimana tidak semua ketikan keyword oleh pengguna memberikan tayangan data informasi yang valid dan akurat.

Bug algoritma itulah yang menjadikah hasil data pencarian google tidak semuanya bisa akurat kebenaranya ditambah sumber database index data yang terbatas, kalau tidak ada didatabase orang mau 1000x cari ya tidak akan menemukan apa2.

Kesimpulan

Google sebagai mesin pencari terbesar khususnya di indonesia tidak bisa menjamin bisa memberikan data informasi yg dibutuhkan oleh semua orang, sehingga ada banyak cara2 jaman dulu, untuk menemukan informasi lebih lengkap dari buku2, kitab, forum premium, guru2 kita, orang tua atau sumber blog lainya yang tidak di index oleh google atau dinamanakan (DeepWeb).

__ok, semoga informasi ini bisa membuka wawasan kamu, sehingga tidak menjadikan google sebagai segala sumber rujukan khususnya untuk informasi penting, valid dan privasi, he….he….