7 Sumber Pendapatan sebagai Full Blogger Indonesia

Ada banyak sumber uang , penghasilan full blogger salah satunya menjadi publisher iklan online

Blogger jaman sekarang tidak lagi hanya sebuaah hobi menulis atau membuat konten secara online namun ini telah menjadi Job baru / profesi Full Blogger khususnya di negara indonesia.

Ayo manfaatkan hobi dan keahlian menulis, membuat konten blog sebagai sumber penghasilan , pendapatan tambahan bahkan bisa menjadi sumber income utama.

Sekarang mendapatkan pekerjaan umum cukup sulit dimana perusahaan yang membuka job loker sedikit tidak imbang dengan angkatan pencari kerja khususnya lulusan SMK, sehingga profesi full blogger menjadi alternatif tetap dapat uang walaupun tidak kerja kantoran.

7 Income full blogger indonesia

Jika diteliti lebih detail mendalam ada ratusan sumber penghasilan sebagai blogger, namun admin batasi 7 besar saja, yang pertama adalah:

1.) Publisher Iklan Online

Mengikuti jaringan iklan online seperi: Galaksion, google adsense, PropellerAds bisa menjadi sumber penghasilan blogger yang paling mudah dimana traffic blog di konversi menjadi uang dengan tayangkan iklan.

Pendapatan , gaji bulanan publisher mencapai jutaan bahakan ratusan juta tergantung volume traffic blog dan kualitas konten blog yang ditayangkan.

SSP ads galaksion sekarang bisa menjadi alternatif pengganti google adsense, atau bisa disandingkan iklan adsense, akan dibayar dengan dolar lewat akun paypal: Ā» daftar sekarang!

Hasil pendapatan publisher lebih aman, stabil dibandingkan income lainya sebagai full blogger jaman now. asalkan selalu update konten patuhi tos yg ada,

2.) Kerjasama Konten Placement

Konten placement adalah review produk, atau jasa yang ditulis lewat blog sehingga pemilik bisnis mendapatkan benefit naiknya trend merk, banyak penjualan, dll. profesi menjadi full blogger sangat direkomendasikan membuka kerja sama ini.

Permintaan perusahaan untuk 1 konten artikel placement + backlink rata2 biasa dihargai kisaran 500rb-5 jt, semua tergantung populernya / kualitas traffic blog, tentu ini menjadi sumber pendapatan ke-2 profesi blogger indonesia.

3.) Jualan produk, jasa

Kata siapa jualan online hanya di marketplace seperti toped, shopee, dll, blogger pun bisa dijakan media ulasan, review produk atau jasa pribadi (milik orang) secara online, namun syarat utama semua review harus jujur dan asli sehingga konsumen tidak dirugikan.

4.) Pasang iklan mandiri

Apabila blog sudah memiliki traffic cukup banyak dengan topik spesifik maka langkah paling baik membuka kerja sama slot iklan mandiri seperti banner, link, dll.

Tarif biaya bisa diatur sendiri dengan masa tayang, mingguan atau bulanan tentunya ini bs menjadi pendapatan blogger namun ada syarat yang di lalui.

5.) Tautan afiliasi di blog

Pemasaran afiliasi juga menjadi salah satu cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan yang lumayan. Cara kerja pemasaran afiliasi biasanya seperti di bawah ini.

  • Pengiklan memiliki produk yang akan dijual dan dia akan setuju memberimu komisi jika pembeli berasa dari blog kamu.
  • Pengiklan memberi tautan unik yang bisa melacak kode afiliasi kamu jadi dia akan tahu berapa jumlah pembeli yang menggunakan tautan ini dari blog kamu.
  • Kamu memasukkan tautan afiliasi ini di blog kamu dan jika pembaca mengklik tautan serta membeli produk yang kamu rekomendasikan kamu akan memperoleh presentasi dari barang yang dibeli.

Kamu bisa memanfaatkan pemasaran afiliasi ini dengan jaringan seperti Amazon Associates atau kemitraan pribadi dengan pengiklan.

6.) Menjual produk digital

Jika kamu lebih memilih untuk tidak mengiklankan produk lain maka kamu bisa mencari pilihan lain seperti menjual produk digital. Sekarang ini ada banyak produk digital yang semakin diminati antara lain:

  • eBook
  • Kursus online/workshop
  • Gambar, video atau musik yang bisa digunakan untuk konten-konten mereka sendiri
  • Aplikasi, plugin atau tema

Jika kamu memilih cara ini, sebaiknya kamu membuatnya yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca kamu.

Jangan salah langkah karena kamu hanya berasumsi saja tentang apa yang pembaca kamu butuhkan. Dengarkan pembacamu terlebih dahulu, baru kemudian kamu buat produk digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

7.) Menjual keanggotaan Premium

Pilihan lain dalam menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual keanggotaan eksklusif / premum blog kamu. Misalnya saja blog kamu mengacu pada blog tentang karier.

Kamu bisa menjual keanggotaan eksklusif dengan sejumlah uang per bulannya, untuk bisa mendapatkan akses ke situs-situs yang bisa meningkatkan kinerja mereka.

Kamu juga bisa menjual keanggotaan untuk sebuah forum yang akan mendapatkan saran tentang suatu bisnis. Pastikan bahwa keanggotaan ini harus lebih berharga daripada apa yang bisa pembaca dapatkan dengan gratis di tempat lain.

Disclaimer

Dapatkan uang, penghasilan menjadi profesi full blogger tentunya tidak instan harus ada langkah awal mulai dari membuat blog, membangun blog dan mendatangkan audien / visitor yang loyal.

Semua perlu proses dan waktu, hanya konsisten dan selalu belajar yang menggiring kamu dapat uang banyak di dunia blogging online.



Baca Juga:

2 thoughts on “7 Sumber Pendapatan sebagai Full Blogger Indonesia

  1. Avatar for BasmatifinderBasmatifinder

    Terimakasih atas informasinya Gan, suses selalu šŸ™‚

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *