Cara Nabung Gaji 1-10 Jt, Atur cash flow Keuangan

Tips Cara menabung dengan gaji Hanya 1 juta – 10 juta, Cash Flow Positif & kebutuhan sehari2 Aman

Admin menulis konten ini bukan ahli finansial / pakar ekonom seperti Dr. rizal ramli, namun semua yang admin tulis hasil ujicoba dan praktek menegement arus cash flow uang gaji bulanan.

Biasanya semakin tinggi gaji bulanan maka akan berbanding lurus gaya hidup akan Naik, sehingga perlu atur cash flow keuangan , jika ini diabaikan = boncos, uang gaji tidak akan pernah cukup // paling parah bisa membuat hutang (ekonomi Negatif).

Pecah Uang Gaji bulanan

Langkah awal setelah agan2 semua mendapatkan pendapatan atau income dari bisnis, bekerja, daganng, ngeblog, adsense, dll langsung pecah uang tersebebut menjadi:

  • A) 80% Tabung, 15% kebutuhan pokok hari2,  5% amal jariah
  • B) 70 Tabung, 25% kebutuhan pokok hari2, 5% amal
  • C) 60% tabung 35% kebutuhan pokok hari2 , 5% amal

Rata2 gaji UMR karyawan di indonesia kisaran 1,5 juta – 10 juta , pada intinya porsi menabung lebih tinggi sehingga bisa save uang lebih banyak nanti akan kelihatan setelah minimal 1 tahun.

» Note: Bukan seberapa besar gaji kita, namun fokusnya berapa besar uang yang bisa kita tabung !!!, Syukur bisa masuk nomisasi A / B.

Dari rumus pecehan gaji bulanan kita diajarkan untuk hidup sederhana (sangat hemat), cukup memenuhi kebutuhan bukan mengejar gengsi / gaya hidup (lifestyle).

Buat rekening Khusus Nabung

Kesalahan banyak dilakukan oleh orang yang gaji 10jt / bulan karena tidak memiliki target untuk menabung, sehingga semua uang gaji akan habis di akhir bulan.

Ok, Syarat wajib harus memiliki 2 rekening yang berbeda :

  1. Rekening bank khusus transaksi bisnis / dagang
  2. Rekening khusus menabung / Berjangka

Pilihan jaman now banyak kok, namun yang paling mudah dan gratis bisa buat akun bank digital dari jenius lalu bisa gunakan fasilitas: Flexi Saver, Dream Saver !

Flexi Saver bisa kamu manfaatkan sebagai dana darurat, tabungan ini memberikan fleksibilitas untuk menarik dan menyetor uang kapan saja sesuai kebutuhan.

Rekomendasi gunakan fasilitas: Dream Saver bisa kamu gunakan untuk tabungan sesuai tujuan tertentu dengan target spesifik yang ingin dicapai.

Dahulukan Kebutuan Stop keinginan

Fitrah manusia selalu menuruti keinginan, apalagi jika lingkungan metropolitan maka jika kita memiliki gaji besar > UMR maka bisa2 semua keinginan harus di turuti.

Kunci utama hemat (bukan pelit ya) karena kita sudah ada anggran untuk amal sesama / keluraga bagi yang membutuhkan sebesar 5% dari total gaji bulanan.

Jika tujuan menabung, mengatur management cash flow sehat maka motto hidup adalah dahulukan kebutuhan STOP keinginan yang sifatnya Sekunder, Tensier (mewah).

STOP Hutang / Kartu Kredit

Langkah Penting supaya kita bisa menabung adalah stop semua jebakan hutang baik itu hutang konvensional atau pinjol // pinjaman online.

JIka memiliki kartu kredit segera lunasi dan tutup karena itu menjadi pintu jalan hutang , Maksud Stop hutang disini untuk tujuan pemenuhan keinginan yang tidak mendesak seperti: Kredit HP Baru, Kredit Motor baru, kredit Tas, kredit mobil baru, dll.

Coba Hidup hemat (Gengsi Kelaut AJA)

Arti hidup hemat menunda keinginan yang bersifat tidak mendesak, seperti:

  • Tidakjajan / makan di luar (kafe, warung, dll) padahal kalau kita makan masakan di rumah akan lebih hemat sehingga Persentase kebutuhan pokok semakin kecil.
  • Gunakan Moda transportasi Motor / Mobil yang BBM irit [Buang jauh2 gengsi fokus kebutuhan saja]
  • Kurangi Jadwal Liburan
  • Jangan pebergian jika memang tidak ada keperluan.

Kerja Lebih Giat & Mencari Penghasilan Tambahan

Tidak cukup hanya menabung, atau atur arus cahs flow positif tentu perlu yang namanya extra penghasilan tambahan sehingga keuangan ekonomi bisa semakin sehat.

Tingkatkan kinerja kerja dibidang agan2, namun wajib coba temukan peluang baru guna mendapatkan peluang yang hasilnya uang masuk tambahan sehingga pintu rezeki semakin banyak.

Sekarang jaman serba online, bisa mulai belajar tentang bisnis online, atau jualan online ini menjadi rujukan menemukan ide2 baru sebagai income tamabahan: kembangkan usaha secara online, blogger, youtuber, olshop, dll.

Kesimpulan

Dari beberapa tips diatas bisa menjadi pengingat kita semua karena menabung dengan tujuan itu sangat penting sehingga cash / flow keuangan bisa sehat.

Nanti jika anda sudah bisa management UANG, jangan lupa bekerja lebih giat lagi , amal diperbanyak sehingga rezeki semakin lancar.

INGAT: Seberapun besar Gaji bulanan anda (100JT / bln) jika tidak bisa nabung / menejement cash flow positif, semua akan habis hanya untuk memenuhi gaya hidup yang tidak ada ujungnya.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *