Lantai Kayu : Jenis, Bahan dan keunggulan

Foto lantai kayu
Lantai kayu untuk kontruksi bangunan Mode Klasik yang mewah
Berencana memasang lantai jenis kayu tempel / parket untuk interior lantai rumah sebaiknya baiknya anda mengenali dan memahami terlebih dahulu seluk beluk lantai kayu sebagai panduan agar tidak salah mengambil keputusan.

Lantai kayu atau dalam bahasa latin disebut parquet, adalah material penutup lantai sebuah bangunan yang terbuat dari bahan kayu baik untuk keperluan estetika maupun finishing struktur.

Secara umum, kayu dipilih sebagai bahan lantai karena fleksibilitas dan elastisitasnya (mudah dibongkar pasang) serta miliki desain mewah klasik khas indonesia.

 

Keunggulan Lantai Kayu

» Lantai kayu Asli / solid, Memiliki kelebihan / unggul di corak serat yang beraneka ragam sesuai dengan jenis kayunya. Hal ini karena serat kayu memanng terbentuk secara alami tanpa direkayasa sehingga sangat variative tidak monoton sebagaimana fabrikasi mesin.

Note: Gambar di atas merupakan produk prefinish, artinya sudah difinish coating dari pabrik dengan sistem UV Coating.

Kesan alami inilah yang akan memanjakan mata kita setiap hari sehingga merasa betah di rumah, apalagi bagi anda yang menyukai nuansa alam natural. Selain itu lantai kayu solid dengan kayu pilihan akan membuat material awet hingga puluhan tahun.

READ :  Harga Lisplang Baja Ringan, GRC Model Terbaru

» Lantai Kayu dari Vinyl: memiliki keunggulan dari segi harga lebih murah namun akan mendaptkan kualitas dibawah parket solid.

 

Jenis Lantai Kayu

Ada banyak jenis lantai kayu berdasarkan bahan baku dan proses pembuatannya, yaitu :

1. Lantai Kayu Solid / Asli

Lantai kayu solid terbuat dari 100% kayu asli dan utuh yang dipotong potong menjadi kepingan/lembaran papan dan diproses menggunakan mesin modern untuk memberikan profil keempat sisinya.

Berdasarkan jenis profil lantai kayu dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Lamparquet
  • Parquet Blok
  • T&G parquet

2. Lantai Kayu vinyl / Sintetis

Lantai kayu Vinyl / sintetis merupakan lantai kayu yang dibuat menggunakan jenis bahan lain seperti karet, pvc dll yg diproses dengan cara fabrikasi dan desain teksturnya menyerupai kayu asli.

Harga Lantai vinyl lebih murah ketimbang lantai Solid / Kayu asli karena kualitas jauh dibawahnya.

Saat ini Jenis Vinyl sudah dilengkapi fitur yang dapat menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan. ini bisa menjadi solusi murah meriah dimana lantai terkesan klasik tetapi terkesan glamor.

3. Lantai Kayu Enginered

Lantai kayu ini merupakan gabungan dari lapiran tipis kayu solid di bagian permukaan dengan lapisan kayu yang memiliki kualitas lebih rendah di bagian bawahnya.

Bagian atas dilapisi kayu solid berkelas seperti jati,merbau dll dengan ketebalan lapisan atas bervariasi dari 0,2mm sampai 5mm.

READ :  Apa Itu Baja Ringan? Jenis, Kekurangan & Kelebihannya

Dengan proses engineering, lapisan atas ini ditempelkan pada salah satu permukaan multiplek. Proses penempelan ini menggunakan mesin industrial khusus dan bahan lem yang berkualitas tinggi sehingga mendapatkan daya rekat yang sangat kuat dan tahan terhadap air.

Hasilnya parket Engineer ini bisa dijual dengan harga yang lebih murah untuk jenis tampilan kayu yang sangat mahal atau kayu langka diantaranya: Kayu Jati, Merbau dll

4. Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu jenis Laminate dibuat dari serbuk kayu, atau potongan-potongan kayu berkualitas yang kemudian digiling menjadi serbuk.

Setelah menjadi serbuk, kemudian di press menggunakan mesin hot press dengan kekuatan di atas 1 ton, dan menggunakan campuran bahan kimia untuk menyatukan serbuk kayu hingga menjadi lembaran papan yang selanjutnya disebut HDF High Density Fiber.

Setelah menjadi HDF, kemudian salah satu permukaannya di tempel plastik yang bermotif kayu yang nantinya akan diporsikan untuk bagian atas parket.

Setelah ditempel Plastik bermotif, kemudian di Laminating dengan menggunakan mesin Hot Press, dan dengan menggunakan plastik laminate.

 

Bahan Baku Lantai Kayu

Secara umum bahan lantai kayu ada 3:

  1. bahan kayu asli / solid: Ulin kalimantan, Jati, Merbau, Sonokeling, dll
  2. bahan PVC, Karet Vinyl
  3. Bahan Serbuk kayu / Hotpress

 

Penutup

Ok, semoga informasi tentang lantai kayu ini bermanfaat dan menjadi inspirasi atau rujukan sebelum menggunakan jenis kayu / parket untuk lantai rumah, kantor, apartemen, hotel anda.

READ :  Ide desain rumah 2 lantai minimalis mungil cantik

Baca Juga:

Harga, Ukuran Lantai Kayu Parket Per Meter


Updated: January 3, 2023