Monitoring Server dengan Tools UptimeRobot (Gratis)


Apakah hosting server yang kamu gunakan sudah bagus atau malah sering Down sehingga pengunjung kabur dan akan membuat optimasi SEO gagal, wajib gunakan tools monitoring Uptime server.
Menjadi Admin untuk blogger atau website wajib memiliki tools monitoring Uptime Hosting, dimana ini berfungsi monitor secara berkala automotis cek apakah kondisi server berjalan lancar online (Uptime) atau Down mati.

Tools yang digunakan bernama “UptimeRobot” bisa digunakan untuk monitoring server selama 24 jam full, secara tidak langsung tools ini digunakan untuk menilai sebuah penyadia hosting apakah memiliki performa server baik atau sering down bermasalah.

Secara umum kondisi server memiliki persentase waktu Uptime : 99.00 – 100 % apabila bagus namun untuk server buruk kadang hanya 70-80% / server sering down.

Ingat hosting yang sering bermasalah / down akan membuat  Optimasi SEO dan pengunjung kecewa sehingga ini menjadi tanda untuk migrasi / pindah ke server yang lebih bagus.

Daftar Gratis

Buat akun Uptimerobot gratis dan nikamti fasilitas monitoring 24 jam / 7 hari full , Register URL: https://uptimerobot.com/signUp

Monitoring Hosting

Ok, setelah proses pendaftaran akun selesai, bisa masuk halaman dashboard untuk mulai menambakan URL blog, web untuk mulai monitoring.

Pilih : add New monitor

isi semua data URL blog web kamu:

  • Monitor type: https
  • Nama Blog: …..
  • Nama URL: …….
  • Monitor interval : 5 menit sekali
  • Jangan lupa checklist email untuk dapatkan notifikasi jika hosting / web mengalami Down.
  • Tekan tombol “Create monitor”
READ :  Kode CSS Custome tema Wordpress Iconic One Pro

Analisa hasil monitor

Setelah URL blog berhasil ditambahkan data hasil persentase monitor akan menyangkan data paling cepat setelah 15 menit khusus untuk URL baru, namun jika sudah terdaftar kita bisa cek / monitor kapan pun dan dimanapun, bahkan sekarang sudah tersedia versi Apps:

Dengan menggunakan versi aplikasi kamu dapat monitoring secara mudah dengan HP android, sangat simple dan muah bukan.

Penutup

Ok, semoga info ini bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan jangan sungkan bisa isi form komentar dibawah. Terimasih telah berkunjung.


Updated: February 4, 2021