Manfaat Recent Posts Widget untuk SEO Google

Ada pertanyaan : kenapa kebanyakan blog memiliki sidebar / widget recent posts atau daftar list post artikel terbaru? secara umum jika membuat blog dari wordpress atau blogspot ada fitur standar bawaan widget sebelah kanan untuk versi dekstop daftar konten terbaru.

Mengenal Fitur recent Posts

Admin blog bisa setup apakah daftar recent posts akan ditampilkan atau tidak ini menjadi hak secara personal, desain umum blog khusus tampilan dekstop memang memiliki ruang disebelah kanan sebagai sidebar / widget untuk menampilkan informasi yang dipilih.

Pengguna blog wordpress hanya perlu seting di menu Appearance > widget > recent posts , selanjutnya tarik dengan dropdown mouser taruh pada menu widget main sidebar.

Seting daftar list view yang akan tayang standar 5 saja supaya tidak terlalu banyak dan jangan lupa setup tanggal publish jika ada.

Manfaat Recent Post untuk SEO

  1. RecentPosts memberikan signal kepada bot Crawler google bahwa ada konten yang baru di rilis / update, sehingga artikel baru akan lebih cepat di indeks mesin pencari.
  2. Google lebih suka kepada blog yang rajin Update konten dan ini menjadi salah satu faktor keberhasilan SEO
  3. Daftar list / artikel terbaru menjadi penting untuk kelengkapan informasi sebuah blog, dimana pengguna / bot google dapat melihat daftar konten yang baru atau update.
  4. Recent posts bermanfaat sebagai indikasi / penanda oleh bot Crawler google apakah blog masih dikelola secara baik, kapan waktu terakhir update atau blog sudah di tinggalkan oleh pemiliknya.

Secara umum recent posts memberikan dampat positif untuk optimasi SEO Google dimana sebuah blog akan lebih mudah dikenali memiliki konten yang fresh atau terbaru oleh visitor / User Experience.

Note: Guna memudahkan Googlebot mendeteksi konten update harus menambahkan file : sitemap.xml pada menu dashboard webmaster tools google.

OK, __semoga informasi ringan tentang recent posts untuk SEO blog bisa menambah wawasan khususnya untuk kamu yang baru belajar bloging / SEO.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *