3 Penyebab Knalpot Motor Ngebul Putih

Penyakit motor Tua, baru 4 Tak, matic mengeluarkan asap putih, itu berarti menandakan masalah di dalam mesinnya. Pastinya asap putih tersebut ditimbulkan oleh adanya oli yang ikut terbakar dalam ruang bakar.

Segera Cek ke bengkel resmi / kepercayaan yg terdekat sehingga masalah motor keluar asap putih bisa segera di perbaiki, jika dibiarkan oli mesin akan berkurang, bahkan habis sehingga tidak bisa melumasi mesin secara optimal.

Minimal ada 3 penyebab knalpot ngebul asap putih

  1. Karena Faktor umur > 5 tahun
  2. Oli mesin kotor
  3. Udara / BBM masuk ruang bakar kotor

 

Indikasi 3 kerusakan Part mesin motor:

Ring Piston Aus & Piston Gores

Fungsi ring piston adalah untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder agar tidak masuk ke ruang bakar.

Ring piston yang aus sudah bisa dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar, sehingga akan ikut terbakar bersama bahan bakar pada saat terjadi pembakaran dan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot.

Kondisi piston Gores Karena Kotoran yang masuk ke ruang bakar / kondisi oli kotor menyebabkan oli mesin ikut terbakar saat proses kompresi mesin, sehingga oli terbakar = keluar asap putih lewat kenalpot.

INFO: Kerusakan pada part piston & ring menjadi kasus terbanyak / umum yang menyebabkan ngebul asap putih.

2. Liner/Blok Silinder / Gasket/Paking Kepala Silinder Aus

Pada bagian liner juga jika sudah mengalami keausan, maka kinerja dari ring piston menjadi tidak maksimal. Sehingga, oli akan masuk ke ruang bakar dan terbakar bersama bahan bakar.

“Jika paking kepala silinder mengalami keausan pasti oli di saluran pelumasan dari pompa oli menuju ke bagian atas mesin akan merembes ke ruang bakar,” ujar Ade.

3. Bos Klep dan Seal Bocor

Komponen tersebut jika mengalami kerusakan atau keausan juga akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bahan bakar. Sehingga, akan terlihat asap putih keluar dari knalpot.

NOTE:

Kerusakan pada point 2-3 jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika semua komponen di atas di cek, sehingga motor bisa cepat di diagnosa untuk perbaikan.

__OK, semoga info ini manfaat ya mas & mba BRO!!

Editor: | Update: Desember 1, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *