Inilah 6 Penyebab Utama Smartphone Cepat Rusak

Memiliki sebuah smartphone sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder, pasalnya segala aktivitas sekarang mayoritas menggunakannya. Namun, saking seringnya dipakai, perangkat tersebut rawan terjadi kerusakan. Namun, smartphone cepat rusak bisa terjadi jika pengguna lalai.

(baca juga : kelebihan dan kekurangan telepon)

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Membuat Smartphone Cepat Rusak.

Setiap smartphone yang canggih sekalipun, pasti memiliki batas penggunaan. Sehingga dengan begitu, ada saat dimana perangkat elektronik tersebut membutuhkan waktu istirahat. Namun, apa saja faktor yang menyebabkan adanya suatu kerusakan? Simak ulasan berikut:

1. Terkena Air

Segala produk elektronik, baik itu smartphone, televisi, maupun radio, pasti akan rentan mengalami kerusakan bila terkena air. Hal tersebut dikarenakan, setiap benda cair dapat mengganggu mainboard dari perangkat. Sehingga listrik menjadi konsleting.

Selain itu, jika air sampai masuk ke dalam perangkat elektronik, khususnya smartphone, maka kerusakan pasti bakal terjadi. Meskipun telah dibawa ke tempat service, nantinya tidak akan bertahan lama. Usahakan Anda menjaganya dari setiap benda cair.

2. Memakai Charger Sembarangan

Penyebab smartphone cepat rusak selanjutnya yaitu, menggunakan charger yang bukan aslinya. Hal tersebut dapat mempengaruhi port USB pada handphone, sehingga rawan terjadi masalah. Nantinya, akan merambat ke dalam sistem ponsel.

Sementara itu, penggunaan charger secara buru-buru atau kasar, pastinya dapat merusak koneksi pada smartphone. Apalagi jika adaptor charger bukan bawaan langsung dari pabrik. Bukan tidak mungkin, lama-kelamaan akan mengalami gangguan.

3. Menyimpan Smartphone Di Saku Celana

Sudah merupakan kebiasaan seseorang menyimpan sesuatu benda pada saku celana. Entah itu uang koin, korek api, hingga smartphone. Namun, jika Anda benar-benar menaruh ponsel di kantong baju atau sejenisnya, usahakan mulai sekarang untuk menghentikannya.

Pasalnya, bila smartphone disimpan pada saku celana belakang, hal tersebut dapat beresiko tertindih ketika Anda duduk, sehingga akan cepat rusak. Lebih parahnya lagi, peluang diambil pencuri akan semakin besar. Maka dari itu, kurangi kebiasaan buruk tersebut.

4. Penggunaan Smartphone dengan Tersambung Charger
Ketika smartphone sedang tersambung ke charger, jangan menggunakannya terlebih dahulu hingga sudah benar-benar penuh. Entah bermain game mobile atau menjelajahi sosial media. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada sistem yang terganggu.

Mengapa demikian? Karena, ketika Anda sedang mengisi daya baterai, kemudian sembari digunakan sekaligus. Maka aliran listrik yang diterima smartphone tak sepenuhnya tersimpan. Hal tersebut menyebabkan adanya gangguan sistem, menyebabkan ponsel cepat rusak.

5. Jatuh Terhantam Benda Keras

Perlu diketahui, bahwa ponsel zaman sekarang itu berbeda dengan dulu. Model yang ramai dipasarkan saat ini yaitu lebih mengedepankan desain atraktif serta slim. Sehingga konsekuensinya lebih besar dalam penjagaan.

Oleh karena itu, faktor utama penyebab smartphone cepat rusak yaitu, jika sudah jatuh maka akan banyak komponen yang rusak. Misalnya layar ponsel akan retak bahkan pecah, lensa kamera error, dan sebagainya. Semua bisa diatasi dengan mencegah agar tidak lalai.

6. Memori Smartphone Penuh Dibiarkan Begitu Saja

Saat ini, memiliki smartphone dengan penyimpanan internal mencapai 32 GB bisa penuh dengan tidak butuh waktu lama. Seharusnya, kamu segera melakukan penyelamatan, seperti memindahkan file-file ke harddisk atau laptop. Supaya isi memori bisa longgar kembali.
Resiko yang bakal didapat ketika memori smartphone terisi penuh.

Misalnya, terhambatnya memperbarui atau mengunduh aplikasi sampai membuat kinerja ponsel menurun bahkan lemot. Sehingga, lama-lama sistem dalam telepon akan down, bisa juga terjadi kerusakan.

Itu tadi beberapa penyebab utama smartphone cepat rusak. Tanpa disadari, pastinya kamu pernah melakukan semua atau salah satu dari faktor di atas. Mulai sekarang, gunakan handphone sebaik mungkin.

Editor: | Update: November 29, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *