5 Manfaat backlink untuk SEO Blog

Apa yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata backlink? Ya, benar sekali jika backlink termasuk salah satu teknik SEO offpage.

Kehadirannya tidak hanya sebagai pelengkap optimasi saja melainkan juga ikut meningkatkan trafik kunjungan, mempopulerkan brand perusahaan sampai dukungan pasif secara konsisten.

Artikel ini akan membahas seputar backlink yang saya juga menerapkan pada website teknologi dan informasi. backlink mulai dari pengertian, manfaat dan jenis jenisnya. Yuk Mulai !

Apa itu Backlink Jenis dan Fungsi Backlink

Dalam rangka bersaing di mesin pencari (google, bing, yahoo), para pemilik situs atau blog tak henti-hentinya berlomba untuk mencari tautan balik berkualitas agar memperoleh posisi pertama di SERP. Bahkan, ada yang hampir setiap hari bekerja ekstra hanya untuk menanamkan tautan balik sampai ratusan link ke situs pribadi.

Meski begitu, bisa dibilang langkah tersebut kurang efektif tanpa mengetahui seluk beluk backlink itu sendiri. Kini, sebelum menuju ke pembelajaran lebih terperinci ada baiknya mari belajar dulu tentang pengertian, manfaat serta jenis-jenis backlink.

Apa itu Backlink Website !

Secara terminologi, backlink terdiri dari 2 suku kata yakni Back artinya kembali dan Link artinya URL atau alamat situs. Jadi secara gamblang bahwa backlink merupakan tautan balik yang mengarah ke sebuah situs tertentu dengan tujuan menaikkan page rank atau peringkat situs di hadapan mesin pencari.

Maka jelas sekali bila pengaruhnya begitu besar bahkan dapat dikatakan sebagai pelengkap untuk mengoptimasi SEO website.

Walau tergolong teknik seo offpage, keberadaannya tidak boleh diremehkan karena sebagus apapun situs secara onpage tanpa kombinasi utuh dengan offpage maka hasilnya pun takkan pernah maksimal.

Banyak kasus sering terjadi seperti ini, situs tersebut sudah memenuhi syarat SEO onpage maupun offpage hingga memberikan ratusan sampai ribuan backlink namun pada akhirnya tak mampu bersaing di posisi SERP.

Jika berlangsung demikian, maka besar kemungkinan ada beberapa kesalahan fatal seperti over load ketika menautkan backlink, bisa karena salah membidik kata kunci (keyword), persaingan tinggi serta faktor lainya.

Oleh karenanya, mengandalkan pencarian tautan balik sebanyak-banyaknya tidak selalu menjamin suatu situs memperoleh peringkat tertinggi dari search engine mengingat harus tetap ada keseimbangan dengan kualitas backlink beserta faktor-faktor lainya.

Manfaat Backlink Website!

Setelah mengenal apa itu backlink website , bahasan selanjutnya adalah manfaat backlink website. Tautan balik berkualitas tinggi adalah bagian utama dari algoritma Google dan tautan balik juga akan terus menjadi salah satu prioritas penilaian,

karena tautan balik dapat menjadi faktor penentu yang mendorong website untuk bagian atas hasil pencarian.
Tidak banyak orang berpikir tentang manfaat dari membangun link untuk peningkatan SEO website. Berikut adalah manfaat Backlink untuk SEO website.

1. Memberikan pondasi kuat
Membuat blog atau situs tentu butuh yang namanya pondasi sama halnya ketika ingin membangun rumah. Bangunan rumah perlu pondasi seperti cor bebatuan, pasir, semen, besi dan cakaran maka aplikasinya dalam sebuah blog adalah teknik dasar SEO onpage dan offpage.

Sedangkan backlink itu termasuk teknik SEO offpage dimana akan berperan penting demi memperkuat pondasi blog agar terindeks oleh mesin pencari sekaligus mengoptimalkan peringkat atau rangking.

2. Meningkatkan posisi SERP
Selain kualitas konten, tautan balik juga memberikan dampak positif terhadap blog utamanya untuk optimasi pada peningkatan posisi SERP. Artinya, jika sebelumnya suatu blog atau situs berada di posisi 3 atau 4 dalam search engine maka setelah penggunaan backlink berkualitas diyakini mampu menaikkan posisi ke 2 bahkan menjadi yang pertama.

3. Mengecilkan alexa rank
Alexa rank adalah penyedia lalu lintas situs data traffic sebauh web di seluruh dunia. Jadi setiap situs apapun pasti tercatat data-datanya oleh alexa rank baik berupa trafik, link masuk, link keluar dan sebagainya.

Kedatangannya pun disambut positif oleh semua jenis search engine hinga menjadi tolak ukur untuk kepopuleran sebuah situs.

Umumnya sebuah situs unggulan professional memiliki alexa rank yang ramping dan itu pertanda kalo teknik seo offpage benar-benar diterapkan, salah satunya melalui tautan balik atau backlink berkualitas. Disisi lain, dengan mengecilnya alexa rank maka mesin pencari akan lebih percaya sehingga situs tersebut menjadi pilihan utama di posisi pertama SERP.

4. Mempertahankan rangking
Bukan hal baru lagi bahwa adanya tautan backlink berkualitas terhadap situs, pastinya dapat mempertahankan rangking tertinggi di berbagai sumber search engine. Efeknya tentu otoritas brand makin dikenal publik, trafik meningkat, pendapatan banyak dan keuntungan-keuntungan lainya.

5. Membangun otoritas situs website
Backlink berkualitas membantu membangun otoritas merek dan brand awareness. Dengan cara yang sama Google akan melihat seolah link ini sebagai indikasi yang baik bahwa website anda memberikan informasi yang berguna, konsumen melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa merek anda adalah salah satu yang perlu diperhitungkan.

Secara tidak langsung backlink website akan membantu menarik konsumen untuk merek anda hanya dengan asosiasi. Hal ini juga membantu untuk mempresentasikan perusahaan anda sebagai sumber informasi, dan bahkan dapat mengakibatkan situs menghubungkan ke konten anda, memberikan anda tautan balik alami, yang dicintai Google.

Penulis:
imron hendriansah
Editor: | November 22, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *