Gua Batu Sawar, Wisata Alam Hulu Sungai Tengah Yang Tersembuyi

Gua Batu Sawar adalah keindahan alam Hulu Sungai tengah yang tersembunyi. Keindahan alam salah satu adalah potensi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Di Kabupaten ini terdapat sejumlah destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi dan tersembunyi dari wisatawan, Gua ini adalah salah satunya.

Kalimantan Selatan memang tidak ada habisnya membuat saya kagum. Selain kuliner yang menggiurkan, budaya yang kental ditambah lagi khasanah alam yang eksotik.

Saya merasa beruntung terlahir di sebelah selatan pulau yang sering dijuluki Borneo ini. Walaupun tidak sepenuhnya dibesarkan di provinsi ini, namun saya tetap bangga.

Terletak di Kecamatan Batang Alai Timur, yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari Ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin.  Gua ini berada di sekitar ketinggian 200 meter yang terletak di Bukit Sawar.

Dinamakan Gua Batu Sawar oleh masyarakat setempat karena gua tersebut menjadi lahan panen pupuk dari kotoran kelelawar.

Menuju kesana menempuh jarak 1,14 kilometer dengan berjalan kaki. Rute yang terjal dan melewati bebatuan akan mengantarkan langkah sampai mulut gua.

Perjalanan yang cukup melelahkan itu akan disambut dengan keunikan arsitektur gua yang terukir secara alami dan memanjakan mata wisatawan.

Mulut Gua terbilang lebar, bakan saking lebarnya seisi gua akan kelihatan hingga dua lubang yang menganga di atasnya. Sinar matahari yang masuk melalui dua  lubang itu pun akan menambah keindahan alam di dalam gua ini.

Di gua ini terdapat dua lorong yang bias mengantarkan kita ke sisi lain dari gua. Untuk meningkatkan potensi lokasi ini semakin besar, tentu diharapkan pengelolaan maksimal dari pemerintah daerah setempat.

Editor: | Update: November 19, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *