Jasa Pembuatan Sistem Informasi Perusahaan

Apa itu Sistem?

Sistem merupakan suatu kumpulan elemen yang saling terhubung satu sama lain guna mencapai suatu tujuan. Apa itu Pengembangan Sistem ?

Yaitu membangun, menerapkan atau menyusun suatu sistem yang baru dengan mengubah sistem yang lama baik secara keseluruhan maupun sebagian sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kenapa pengembangan sistem itu diperlukan ?

Di zaman modern yang serba canggih ini, dimana perkembangan teknologi semakin pesat di sektor manapun. Semua perusahaan berlomba-lomba mengembangkan sistemnya sehingga mampu bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.

Sistem lama yang perlu diperbaiki karena adanya berbagai macam permasalahan yang dapat mempengaruhi kualitas sistem itu sendiri. Sistem lama yang masih banyak dilakukan secara manual perlu diubah ke komputerisasi. Sistem yang baru ini guna menjamin konsistensi pada prosesnya.

Seiring berjalan waktu, organisasi akan tumbuh semakin besar sehingga dibutuhkan sistem yang lebih baik. Adanya peraturan atau instruksi untuk mengembangkan sistem yang lama baik dari dalam maupun luar organisasi seperti pemerintah.

Pengembangan sistem memiliki beberapa tahapan umum, yaitu Perencanaan Sistem, Analisis Kebutuhan Sistem, Desain Sistem, Perancangan Sistem, Pembuatan dan Pengembangan Sistem, Pengujian Sistem, Implementasi dan Pemeliharaan Sistem.

Beberapa Metode SDLC (System Development Life Cycle) yang umum digukanan yaitu Waterfall, Prototype, Spiral, Rapid Application Development (RAD), Agile, dll. Untuk lebih detailnya mengenai metode-metode tersebut, pembaca bisa browsing di internet.

Kelebihan Pengembangan Sistem

– Kemudahan dan kecepatan dalam mengakses data
– Keandalan atau reliabilitas sehingga data lebih akurat
– Menjamin kualitas visualisasi data
– Adanya penerapan otomatisasi untuk mengurangi resiko kesalahan
– Menghemat ruang penyimpanan dan keamanan data lebih terjamin

Kekurangan Pengembangan Sistem

– Butuh biaya dari awal pembuatan hingga perawatan
– Diperlukan user yang dapat menggunakannya
– Beresiko terjadi error pada sistem

Prinsip pengembangan sistem

– Sistem yang dikembangkan untuk manajemen
– Pemilik dan pengguna harus terlibat dalam pengembangan sistem
– Lakukan pendekatan pemecahan masalah kemudian tentukan tahapan pengembangannya
– Tetapkan standar pengembangannya dan konsistensi dokumentasinya
– Justifikasi sistem yang dikembangkan sebagai investasi modal besar

Pembaca dapat mencari tau atau konsultasi dengan spesialis mengenai permasalahan sistem yang ada sehingga pengembangan sistem dapat dilakukan dengan metode atau cara yang tepat.

GeekGarden adalah salah satu perusahaan IT di Indonesia yang melayani jasa perencanaan, pengembangan dan pengelolaan sistem serta aplikasi berskala kecil hingga besar.

Dengan menguasai berbagai platform development tools terutama yang menggunakan teknologi open source, baik berbasis web maupun mobile, kami mampu memberikan solusi system dan aplikasi yang tepat guna dan terintegrasi.

Kami selalu menawarkan kualitas dan jaminan mutu yang baik dengan harga yang terjangkau dalam memberikan solusi IT bagi klien kami.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *