Web Hosting VPS : Arti & Penjelasanya!

BERITA TEKNOLOGI – Mengenal dunia Hosting, Server, komputasi komputer yang digunakan untuk membuat website, blog, aplikasi secara online, salah satunya jenis hosting VPS.

Pengertian Hosting VPS

VPS adalah Virtual private server yang artinya server pribadi yang keseluruhan resource-nya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. user dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang dibutuhkan seperti CPU, RAM, HDD.

Teknologi VPS

Secara teknologi server VPS, menggunakan metode virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource, Pembagian vps dilakukan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS.

Arti Umum VPS ?

Jika diartikan secara umum , VPS bisa di ibaratkan ruangan yang ada di hotel, 1 kamar hanya untuk 1 tamu VIP, dimana fasilitas (RAM), Central Processing Unit (CPU), disk space, dan bandwidth di gunakan secara pribadi tanpa di bagi dengan tamu lainya.

READ :  Kenapa Harus punya toko online (Olshop) sendiri ?

Fungsi & Manfaat VPS

Secara fungsi VPS sama dengan web hosting lainya, yang mendadakan hanya konfigurasi dan resource yang di pakai secara pribadi sehingga kinerja lebih cepat & optimal.

Keunggulan VPS

Jenis hosting VPS setiap pengguna dapat menentukan nilai kapasitas CPU, RAM, HDD yang diperlukan secara mandiri sehingga website, blog yang memakai server ini mampu menampung trafik banyak & kecepatan loading akan semakin cepat.

Kelemahan VPS untuk Pemula

Web hosting VPS memiliki kelemahan untuk pemula yang baru belajar tentang hosting, server karena dalam proses instalasi, setup, maintenance harus dikerjakan sendiri, bahasa pemprograman yg dipakai biasanya linux.

Penutup

__Ok, Semoga teman2 semua paham arti dari server webhosting jenis VPS, Thank telah berkunjung di blog #seosatu.


Updated: August 28, 2022