Tips Menulis CV untuk Melamar Pekerjaan Yang Benar

Di era serba digital, tentu kita harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Semakin kesini kita akan semakin berorientasi dengan hal-hal yang berbau digital, melamar pekerjaan adalah salah satu contohnya.

Dulu ketika kita ingin melamar pekerjaan pada suatu perusahaan, kita harus membuat surat lamaran pekerjaan di kertas fisik dan mengirim langsung ke perusahaan tersebut. Namun, pada masa sekarang melamar pekerjaan dibuat menjadi jauh lebih mudah.

Tren mengirim surat lamaran pekerjaan dan CV atau Curriculum Vitae menggunakan email sudah semakin sering diaplikasikan. Beberapa perusahaan besar ketika membuka lowongan pekerjaan akan menyuruh calon pekerja untuk mengirimkan CV dan surat lamaran pekerjaan mereka ke email yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis email yang baik dan benar untuk melamar suatu pekerjaan. Langsung saja ke artikelnya.

Ikuti Format yang Sudah Ditentukan Oleh Perusahaan

Ketika kamu diminta untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan oleh suatu perusahaan, biasanya mereka sudah memberikan format beserta ketentuan tentang pengiriman email tersebut. Ketentuan disini mencakup subjek, file-file yang diperlukan dan hal lainnya.

Ketika kamu melamar pada perusahaan yang sudah memiliki ketentuan mengenai pengiriman email tersebut, maka ikuti ketentuan tersebut. Ini akan memudahkan perusahaan dalam menemukan dan membaca email lamaran pekerjaanmu. Lalu bagaimana jika pihak perusahaan tidak memberikan format yang pasti?

Gunakan Subjek yang Sesuai

Ketika pihak perusahaan tidak memberikan format yang sesuai, kamu bisa menggunakan subjek sendiri. Buatlah subjek yang menggambarkan isi email kamu dengan jelas. Tidak usah terlalu panjang, yang penting bisa menggambarkan tentang apa email tersebut maka sudah cukup.

Contohnya ketika kamu ingin mengirimkan surat lamaran pekerjaan, maka kamu bisa menggunakan subjek:

Melamar Pekerjaan Posisi (posisi yang ingin kamu cari) – Nama Lengkap Kamu

Itu saja sudah cukup untuk memberikan gambaran mengenai isi dari email kamu. Dan ingat, usahakan jangan pernah mengirimkan email tanpa subjek. Emailmu akan terlihat seperti email yang hanya main-main dan tidak serius.

Gunakan Profil yang Professional

Ketika kamu berurusan dengan hal yang professional, maka kamu juga harus menampilkan dirimu sebagai seorang yang professional juga. Ini dimaksudkan agar membuat perusahaan yang ingin kamu lamar pekerjaannya semakin yakin dan percaya akan merekrut kamu.

Karena salah satu hal yang paling dasar dari merekrut karyawan adalah karyawan tersebut memiliki sikap yang professional. Sikap professional ini bisa ditunjukkan dari profil email yang kamu gunakan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan dan CV tadi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan di profil kamu ketika ingin mengirim lamaran pekerjaan melalui email.

Foto Profil

Gunakanlah foto profil yang sopan dan terlihat jelas. Usahakan menggunakan foto profil yang menampilkan wajah kamu secara jelas Tidak harus menggunakan foto profil seperti pasfoto, tetapi kamu bisa menggunakan foto profil bebas dan kasual namun tetap terkesan sopan dan professional.

Jangan sekali-kali menggunakan foto profil aneh dan tidak professional, apalagi mengandung hal-hal berbau sara di dalamnya. Ini akan mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap personality kamu.

Alamat Email

Kamu wajib memiliki satu email professional untuk hal-hal penting seperti mengirim lamaran pekerjaan ini. Sebaiknya kamu menggunakan alamat email namamu sendiri, jangan ditambahkan dengan kata-kata lain yang tidak ada hubungannya dengan kamu.

Kamu juga bisa menggunakan kombinasi nama lengkapmu ditambah kombinasi angka jika memang alamat email yang menggunakan namamu saja tidak bisa digunakan. Ini lumayan akan berpengaruh pada penilaian perusahaan terhadap kamu.

Tambahkan Signature

Kamu juga bisa menambahkan tanda tangan digital atau signature di akhir email kamu. Biasanya tanda tangan digital ini berisi foto kamu, nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi.

Signature merupakan salah satu bagian email yang mencirikan bahwa pemilik email tersebut professional. Jika kamu masih belum paham, kamu bisa klik tautan berikut Cara Membuat dan Memasang Signature di Gmail

Itu tadi cara menulis dan mengirim email untuk melamar pekerjaan, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan baru. Terima kasih sudah membaca!



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *