Cara Mendatar Google News untuk WordPress

Mendaftar google news sebenarnya sangat mudah. Tidak mesti blog Anda harus blog berita. Asalkan Anda konsisten melakukan update rutin atau membuat konten yang berkualitas pasti akan disetujui.

Dengan diterimanya sebagai partner google news, Anda memiliki kemungkinan untuk bisa tampil di halaman berita google.

Google news pada halaman bantuannya menyatakan bahwa untuk syarat kelayakan setiap penerbit otomatis dipertimbangkan untuk berita utama maupun berita penelusuran.

Sehingga yang perlu kita lakukan adalah cukup mendaftarkan situsnya dan membuat konten berkualitas tinggi.

Apa saja manfaat mendaftar google news?

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika blog sudah masuk ke google news. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menambah jumlah pengunjung blog

Dengan artikel masuk ke halaman google news Anda tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan pengunjung. Bahkan pengunjung akan datang sendiri tanpa harus share sana sini.

Selain itu, pastinya artikel Anda akan tersampaikan ke orang yang tepat. Karena biasa google news akan memunculkan rekomendasi artikel terkait dengan topik yang biasa kita ikuti. Hal ini berpotensi untuk membuat pengunjung tetap bertambah.

  1. Tidak perlu bayar mahal untuk SEO

Memang seo itu penting. Biasanya untuk dapat menduduki halaman pertama kita harus melakukan share artikel, memberikan backlink dan terakhir pasti adalah menunggu indeks google. Dengan mendaftar google news artikel Anda mempunyai peluang indeks dan tampil di halaman pertama lebih besar.

  1. Branding gratis

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Melalui google news kita dapat menggaet pengunjung yang tepat secara gratis. Pengunjung yang tepat akan mempunyai konversi kembali yang tinggi. Oleh karena itu Anda tidak perlu membayar mahal untuk sekedar branding. Secara tidak langsung google news akan melakukannya untuk Anda.

  1. Peluang monetisasi

Sebagai penerbit kita juga bisa memperoleh pendapatan dari iklan yang tampil di google news. Ada iklan yang ditampilkan oleh google, ada juga iklan yang bisa dikelola oleh penerbit sendiri.

 

Apa syarat mendaftar google news?

Tidak ada syarat khusus untuk mendaftarkan blog ke google news. Asalkan blog Anda tidak membahas konten terlarang yang melanggar kebijakan konten google news, tidak ada masalah.

Namun hal pasti yang harus Anda ingat, google news menampilkan berita berdasarkan topik, relevansi dan keabsahan konten. Jadi pastikan blog yang Anda buat fokus pada satu hal yang mengulas konten secara mendalam.

Jika blog Anda gado-gado, mungkin masih bisa diterima sebagai publisher, namun akan susah untuk muncul di google news. Kecuali Anda melakukan update artikel secara rutin terus menerus layaknya blog berita pada umumnya.

 

Cara mendaftar google news untuk wordpress

  1. Buka halaman google publisher: https://publishercenter.google.com/publications

Login menggunakan akun gmail Anda, kemudian klik Add Publication, masukkan nama Blog > save.

  1. Mengisi informasi blog
  2. Bagian general

Basic Infromation: Isi dengan nama publikasi atau nama blog.

Description: Isi dengan deskripsi blog

Category: Pilih salah satu yang sesuai

Primary Language: Bahasa blog, pilih Indonesia jika menggunakan Bahasa Indonesia. Centang juga bagian Allow automatic translation.

Website Property URL: Masukkan alamat website. Misal https:www.seosatu.com maka cukup masukkan seosatu.com tanpa url awalan. Kemudian klik verify in search console disebelah kanannya. Saya sarankan Anda login publisher center menggunakan email yang sama dengan email akun webmaster blog Anda. Supaya mudah saat verifikasi di bagian ini.

Location: Pilih Indonesia

Contact: Masukkan alamat email aktif Anda untuk menerima notifikasi jika ada masalah teknis atau lainnya.

Distribution: Silahkan ganti ke negara Indonesia atau biarkan secara default

Tracking: Masukkan kode pelacakan google analytic Anda.

 

Setelah semua terisi dengan benar silahkan klik save yang ada dipojok kanan atas, kemudian klik Next untuk lanjut ke bagian berikutnya.

 

  1. Bagian Content

Section: Klik New Section  > pilih feed kemudian isikan judul feed, dan masukkan URL feed blog wordpress Anda (https://www.namadomain.com/feed/). Selanjutnya View Acces pilih Anyone, Feed Option pilih generate articles directly from feed and crawl,

Rendering preference pilih AMP jika menggunakan versi AMP dan bagian Duplicate image removal centang pilihan Allow removal of duplicate images based on URL. Kurang lebih penampakan akhirnya seperti ini.

Ubah juga pengaturan feed blog menjadi full, agar gambar bisa muncul di halaman google news.

 

Content Labels: Klik Add dan pilih Blog

Verify URL ownership: Klik New content source, masukkan url domain dan klik Add.

 

Klik save lagi dipojok kanan atas, kemudian klik Next untuk berpindah ke bagian selanjutnya.

 

  1. Bagian Images

Square logo: Upload logo persegi dengan ukuran 1000x1000px.

Wide logo (recommended): Upload logo persegi panjang untuk versi tema gelap dan terang. Ukuran yang disarankan lebarnya 400px atau minimum 200x20px.

Klik save dipojok kanan atas lagi dan klik Next untuk lanjut.

  1. Bagian Ads

Earnings: Pilih akun google adsense Anda

Google-managed ads: Silahkan biarkan default. Jika ingin google mengatur semua iklan yang tampil maka ubah angkanya menjadi 100. Namun jika ingin mengatur inventaris iklan sendiri silahkan centang pada bagian Fill remaining inventory with ads managed by your publication.

Jangan lupa klik Save dan klik Next.

  1. Bagian Advanced biarkan default
  2. Bagian review and publish

Bagian ini untuk melihat preview konten dan pemberitahuan jika pendaftaran yang kita isi masih mengalami masalah. Jika Anda melihat notifkasi masalah muncul pada bagian ini silahkan klik Review untuk tahu dimana letak masalahnya.

Berikut adalah contoh formulir yang sudah benar pengisiannya, preview artikel akan tampil.

Apabila tidak muncul lagi masalah seperti di atas, silahkan klik Publish.

Sambil menunggu diterima, silahkan melakukan update konten. Biasanya google news akan memberikan respon selama 3 hari masa kerja.

Jika tidak ada email pemberitahuan masuk silahkan cek melalui halaman publisher center langsung. Jika ada keterangan Live atau tayang, berarti pendaftarannya sudah berhasil.

Setelah diterima, Anda bisa membuat halaman topik unggulan di google news supaya lebih menarik. Kita juga bisa mengundang orang untuk memfollow halaman google news kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *