Wisata Alam Jogjakarta yang Wajib Kunjungi Saat Liburan

Jogjakarta salah satu tempat di Jawa Tengah ini menyimpan berbagai wisata alam yang unik dan menarik sehingga membuat penasaran orang untuk mengunjunginya. Apalagi saat liburan waktunya untuk sejenak melepaskan lelah dari rutinitas sehari-hari.

Menikmati udara bebas dan segarnya pemandangan merupakan salah satu pilihan menarik yang dapat dipilih untuk mengisi liburanmu. Bagi kamu yang berdomisili di Jawa khususnya Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur karena Jogjakarta memiliki wisata alam yang sangat menarik,

berikut wisata alam di Jogjakarta yang wajib kamu kunjungi saat liburan :

1.Tebing Breksi Jogja

Tebing ini berlokasi di Sambirejo, Prambanan,Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tebing ini awalnya merupakan lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber pendapatan warga sekitar, namun dengan kreativitas warga sekitar tebing ini kini mampu bertransformasi menjadi objek wisata yang sangat indah.

Pemandangan diatas tebing ini menyuguhkan keindahan pemandangan Jogja dan Klaten seperti Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan Landasan Pacu Bandara Adi Sucipto serta terdapat berbagai macam spot foto yang menarik.

Anda dapat menyewa ATV yang dapat digunakan untuk mengelilingi tebing breksi atau dapat menyewa jeep kecil yang muat hingga 4-5 orang untuk melanjutkan wisata tanpa harus berpindah tempat parkir.Menariknya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini gratis , tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB, anda cukup membayar parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua.

2.Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus mangunan di Jogjakarta merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Jogjakarta. Tempat ini menyuguhkan pemandangan berupa hutan pinus beserta udara yang segar nan sejuk. Tempat ini pun sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik, seperti foto untuk preweeding dan hasilnya sangat indah.

Hutan pinus ini berlokasi di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat memasuki hutan pinus ini anda cukup membayar Rp. 2.500 , kemudian biaya parkir sejumlah Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua, hutan ini buka setiap hari.

3.Pantai Parangtritis

Pantai ini sudah sangat terkenal dan menjadi ikon Jogjakarta. Namun bagi anda yang belum pernah kesini, tempat ini wajib dikunjungi saat anda berlibur nanti.

Ombak yang besar dan pasir hitam menjadi daya tarik utama pantai ini. Tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto yang sangat menarik dan dilengkapi dengan fasilitas yang sudah sangat lengkap seperti :

mushola, toilet, rumah makan, kolam renang, serta tempat penginapan. Pantai ini berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini anda hanya akan dikenakan tariff sebesar

Rp. 5000-Rp. 10.000 dan biaya parkir Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat, pantai ini buka setiap hari.

4.Air terjun Kedung Pedut

Derasnya air terjun, suasana indah dan sejuk menjadi hal yang menarik untuk berkunjung ke tempat ini, terlebih suasana alamnya yang kental dan ramahnya warga sekitar membuat kita betah untuk berada disini. Di tempat ini kita dapat menikmati air terjun dan pemandangan yang bagus untuk berfoto ria dengan teman.

Disini juga banyak sekali penjual durian kalibawang yang menjual hasil panen mereka sendir. Air terjun ini berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tersedia berbagai fasilitas lengkap seperti : warung makan, toilet, gazebo, flying fox dan tempat parkir.

Tiket masuk sebesar Rp. 5000-Rp. 10.000/orang,biaya parkir sebesar Rp.2000 bagi motor dan Rp. 5000 bagi mobil, tempat ini buka setiap hari.

5.Resoinangun Garden

Selanjutnya tempat wisata alam di Jogjakarta yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Resoinangun Garden. Tempat ini menyuguhkan pemandangan bunga-bunga cantik nan indah yang jumlahnya sudah mencapai sekitar kurang lebih 20 kebun yang terletak di tepi Jalur Lintas Selatan Pulai Jawa, tentu sangat memanjakan mata pengunjungnya.

Disini disediakan spot foto yang sangat menarik seperti :lampion, becak bunga, hingga sepeda bunga. Lokasi ini terletak di Jalan Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

6.Kebun Bunga Matahari

Siapa sangka di bagian utara Pantai Samas terdapat kebun bunga matahari, pemandangan bunga matahari yang indah akan sangat memanjakan mata anda apalagi bagi anda yang gemar berfoto tempat ini sangat menarik untuk di kunjungi. Fasilitas yang disediakan ditempat ini pun lengkap mulai dari kios, makanan, mushola, hingga penginapan.

Tempat ini berlokasi sekitar 1,5 km dari area Pantai Samas, jika anda mengunjungi pantai samas dapat sekalian mampir untuk mengunjungi kebun bunga matahari ini sehingga anda akan menghemat waktu.

7.Pantai Jogan

Anda ingin menikmati pantai dan air terjun secara bersamaan? Pantai ini merupakan tempat menarik untuk dikunjungi, pemandangan yang cukup menarik dan langka ini anda bisa dapatkan di balik perbukitan kapur kawasan Gunung Sewu yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Kota Jogjakarta.

Tempat ini berlokasi di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini masih jarang didatangi wisatawan dikarenakan akses menuju pantai ini cukup sulit sehingga anda perlu berjlan kaki sejauh berapa ratus meter menuju tempat ini.

8.Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Di Hutan Mnagrove ini kamu dapat menikmati pemandangan nan hijau yang disusun rapi dan berjajar pemandangan alam yang sangat menyegarkan tentunya. Disini dapat menjadi spot foto yang unik bagi kamu penyuka foto-foto. Disediakan jooging track sehingga kamu dapat berolahraga sekaligus menikmati pemandangan alam.

Hutan mangrove ini terletak di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000-Rp.5000 per orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *