Jamu Kunyit Asam: Manfaat dan Efek Samping

Pada masyarakat Jawa, khusunya Jawa tengah tentu sudah tidak asing mendengar kata “jamu”. Minuman yang berasal dari tumbuhan tradisional ini dipercaya sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Ada berbagai banyak jenis-jenis jamu yang diketahui dan dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Salah satunya yaitu jamu kunyit asam. Kunyit asam merupakan salah satu minuman yang banyak di konsumsi oleh masyarakat khususnya masyarakat Jawa baik pria maupun wanita.

Kunyit yang dikenal sebagai rempah makanan memiliki nama latin Curcuma longa Linn Syn atau Curcuma domestica dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sehingga tanaman ini banyak diolah untuk dikonsumsi, terlebih untuk membuat jamu. Jamu kunyit asam diolah dari campuran kunyit yang kaya akan senyawa curcumin dan antioksidan kemudian diolah dengan campuran asam jawa yang kaya akan tannin, saponnin, sesquiterpanes,alkaloid dan phlobotamin ,

lalu kunyit kemudian diparut diambil sarinya kemudian direbus dengan asam jawa, gula merah hingga mendidih kemudian siap untuk disajikan.

Penyajiannya pun nikmat untuk dikonsumsi hangat ataupun dingin, dan cocok diminum baik pagi hari maupun malam hari.

Ada banyak manfaat yang kita peroleh dari ramuan ajaib ini diantaranya :

1. Mengontrol tekanan gula darah
Bagi penderita diabetes kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatur gula darah agar tetap stabil

2. Mencegah risiko kanker
Kandungan curcumin yang ada dalam kunyit bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengonsumsi kunyit yang kaya akan anti oksidan, anti peradangan dan anti bakteri tentulah dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah tertular penyakit.

4. Meningkatkan fungsi otak
Penelitian telah membuktikan kandungan curcumin pada kunyit mampu mencegah Alzheimer dan meningkatkan fungsi otak

5. Meredakan nyeri haid
Pada kaum wanita tentu akan mengalami haid setiap bulan meminum kunyit asam yang kaya akan kandungan curcumin sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri haid

6. Membantu tubuh detoksifikasi
Manfaat yang dapat kita rasakan setelah meminum ramuan jamu kunyit asam adalah membantu tubuh untuk menetralkan racun atau toksin sebagai detoks alami yang dapat membersihkan racun dari tubuh.

7. Mengurangi bau badan
Bau badan yang menganggu tentu tidak nyaman untuk dirasakan, namun hal dapat diminimalisir dengan cara mengonsumsi minuman kunyit secara rutin, kunyit dinilai mampu untuk mengurangi bau badan yang mengganggu tersebut.

8. Menurunkan berat badan
Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang indah dan ramping, tentu hal itu tidak mustahil untuk dilakukan salah satunya dengan cara mengonsumsi kunyit asam secara rutin.

Kunyit mampu meningkatkan metabolism tubuh dan asam jawa mampu untuk melancarkan kinerja system pencernaan sehingga dapat menghambat produksi lemak. Dengan meminum ramuan jamu ini dapat menurunkan berat badan tanpa ada efek samping yang diperoleh.

9. Mencegah jerawat
Jamu kunyit asam juga bermanfaat untuk kesehatan dengan adanya kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit sangat baik untuk menghambat pertumbuhan jerawat pada wajah sehingga kulit yang cantik dapat diperoleh. Selain mengatasi jerawat kunyit juga dapat mengatasi masalah kulit lain seperti gatal-gatal, ruam, kurap maupun kudis.

10. Mencegah penuaan dini
Dengan kandungan vitamin A dan C serta antioksidan yang tinggi dapat melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas sehingga kulit akan terawat dan mampu terhindar dari penuaan dini.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari meminum jamu kunyit asam tersebut. Di era pandemi sekarang ini masyarakat Indonesia menjadikan jamu kunyit asam ini sebagai minuman yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan dapat meningkatkan imunitas tubuh

Penjualan jamu dipasar pun banyak diserbu laris manis dan menjadi incaran oleh pembeli baik online maupun offline. Selain jamu kunyit asam yang laris dipasaran saat pandemic juga ada jamu-jamu lain seperti : jamu beras kencur, temulawak dan lain sebagainya.

Namun semua hal yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan seperti beberapa efek samping yang ditimbulkan dalam mengonsumsi kunyit secara berlebihan diantaranya :

1. Terserang batu ginjal
Didalam kunyit terdapat senyawa oksalat yang tinggi sehingga dapat mengendap dan membentuk batu ginjal apabila kunyit dikonsumsi secara berlebihan.

2. Mengiritasi Pencernaan
Jika berlebihan dalam mengonsumsi kunyit maka asam lambung akan meningkat dan membuat perut merasa perih dan tidak nyaman untuk itu konsumsilah jamu kunyit asam ini secara sewajarnya dan tidak berlebihan.

3. Sakit kepala hingga mual
Hal tersebut dapat terjadi apabila terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kunyit yakni diatas 450 mg sehingga menimbulkan efek sakit kepala hingga mual.

4. Bagi ibu hamil meminum kunyit asam akan berdampak pada gangguan janin.

Menurut penelitian yang dilakukan jika ibu hamil mengonsumsi kunyit asam secara berlebihan akan memicu konstraksi rahim yang dapat menimbulkan keguguran.

Dengan adanya berbagai manfaat dan efek samping yang ditimbulkan dalam mengonsumsi kunyit asam tersebut sebaiknya kita mengonsumsi dalam takaran yang sewajarnya sehingga manfaat dari jamu kunyit asam dapat dirasakan bagi tubuh dan tidak merugikan tubuh.

Editor: | Update: November 2, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *