Profesi Operator Mesin Bubut, memiliki Gaji Menggiurkan

Beberapa jenis pekerjaan saat ini sudah banyak variannya. Dari mulai pekerjaan kasar hingga pekerjaan kantoran. Sejak memasuki masa pandemic ini sangat disadari oleh kita semua bahwa banyak yang kehilangan pekerjaannya. Beberapa perusahaan mem-PHK karyawannya demi menutupi pengeluaran operasional usahanya.

Gaji Operator Bubut Berbanding Lurus dengan Resiko

Dari sekian jenis pekerjaan yang banyak ini ada satu profesi yang sangat menggiurkan gajinya. Menjadi Operator bubut atau kita biasa menyebutnya tukang bubut memiliki gaji yang lumayan besar. Kisaran gaji operator bubut berada di angka 4 juta hingga 8 juta rupiah.

Range gaji ini tergantung dari skill dan pengalaman operator itu sendiri. Bagi yang masih berpengalaman minim atau kisaran 3 tahunan mungkin bergaji standar Upah minimum di daerah masing – masing. Lain Halnya dengan yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah mengerjakan part – part heavy duty, gaji mereka tergolong besar.

Namun hal tersebut biasanya harus diimbangi dengan tanggung jawab dan hasil produksi yang sepadan pula. Pekerjaan membubut adalah proses yang sangat beresiko.

Resiko yang muncul yaitu dari mulai resiko keamanan (safety) hingga resiko part yang di kerjakan gagal atau no good product. Anda bisa bayangkan jika harga part yang dikerjakan memiliki harga yang fantastis.

Contohnya pekerjaan dengan raw material berbahan dasar stainless stavax yang memiliki harga yang mahal dibanding material lain.

Selain itu, material ini sangat alot dan memiliki kekerasan yang sangat tinggi, sudah barang tentu ini adalah tantangan bagi operator tersebut untuk mengatasinya.

Tidak jarang beberapa kasus operator bubut yang dipecat lantaran tidak cakap dalam mengerjakan barang. Karena sudah dibayar mahal tapi tidak becus mengerjakan part. Sungguh mengenaskan, sekaligus lucu.

Deskripsi Pekerjaan Operator Bubut

Operator bubut bertanggung jawab untuk memelihara semua mesin bubut dan mesin industri lainnya yang mereka operasikan. Ini sudah termasuk memantau kinerja mesin bubut untuk memastikannya beroperasi dengan benar dan presisi.

Jika operator bubut menemukan masalah dengan mesinnya, mereka bertanggung jawab untuk menjadwalkan perawatan mesin dengan cekatan.

Operator harus dapat menyiapkan, mengoperasikan, dan memelihara mesin, biasanya dalam pengaturan manufaktur dalam sebuah industri.

Mereka bertanggung jawab untuk memastikan mesin menghasilkan produk berkualitas tinggi, berjalan lancar dan sesuai kapasitas, serta dirawat dengan baik. Persyaratan pendidikan dan pelatihan tergantung pada jenis mesin. Ada jenis mesin manual dan mesin CNC (computer numerical control).

Untuk deskripsi pekerjaan Operator mesin CNC biasanya langsung mengerjakan material, seperti balok titanium, baja, aluminium, atau plastik, ke dalam mesin CNC untuk dibentuk dan dipotong.

Mereka menghitung jumlah material yang akan dimasukkan ke dalam mesin, dan membuat penyesuaian pada kecepatan operasi bubut berdasarkan getaran dan suara yang mungkin mengindikasikan kegagalan operasi.

Setelah selesai, operator memeriksa bagian yang dibuat untuk memastikannya sesuai dengan spesifikasi dengan alat ukur. Operator bertanggung jawab untuk membersihkan dan memelihara peralatan, dan sering kali mengoperasikan banyak mesin selain mesin bubut.

Operator CNC yang sudah berpengalaman mengunduh program kontrol ke dalam masing-masing mesin dan melakukan operasi uji untuk menjamin mesin membuat bagian yang tepat dengan benar.

Operator berpengelaman menyeting program memodifikasi program secara langsung sebelum operator tingkat pemula mengambil alih produksi. Hal ini dilakukan karena demi mencapai efisiensi produksi.

Profesi operator di Indonesia mungkin tidak dibutuhkan sertifikat atau bukti kelulusan skill mesin. Berbeda halnya dengan di luar negeri. Operator mesin bubut memerlukan ijazah sekolah menengah atau sertifikat GED (general education development).

Setelah sekolah menengah, Anda dapat mendaftar di program sekolah kejuruan atau perguruan tinggi untuk mempelajari cara menjadi ahli mesin, atau Anda dapat magang dengan operator mesin bubut manual profesional.

Jika anda membutuhkan tempat proses bubut atau tukang bubut berpengalaman puluhan tahun, maka jangan bingung lagi. Hubungi dan kontak CV.

Teknik Jaya Component yang sudah dipercaya oleh beberapa kostumer nasional maupun internasional dalam mengerjakan part industri. Hubungi kami via WA : 0878-7368-2510 atau email : mail@teknikjaya.co.id.

Editor: | Update: November 1, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *