Penyebab Mobil Terguncang, Bergetar Saat Starter, Jalan

Informasi mobil bergetar, terasa terguncang saat mobil di starter, jalan ada banya penyebab namun kita fokus pada 1 part utama yaitu engine mounting = karet sangga, dudukan mesin yang fungsi menahan mesin bergetar masuk ke dalam kabin mobil.

Part engine mounting pada mobil masuk Slow moving artinya periode pergantian lama hingga 1-3 tahun tergantung kualitas part dan pemakain.

Lokasi engine mounting ada 2:

  • Bagian kanan & kiri mesin
  • Bagian Transmisi untuk mobil RWD.

 

Getaran / guncangan yang di keluhkan

Part engine mounting bisa di cek jika mengalami getaran mesin khususnya mobil diesel, bensin masuk dalam kabin atau merasakan hentakan mesin bunyi glodak2 :

  1. Mulai hidupkan mesin Starter
  2. Bergetar, terguncang saat idle jalan awal
  3. Terguncang bungi glodak2 saat berhenti, tanjakan, lepas kopling (mobil manual), gas secara spontan.

 

Umur Pakai Part engine mounting

engine mounting memiliki masa pakai, umur kisaran 2-3 tahun tergantung pemakain, namun cek kondisi fisik apakah ada bantalan karet yang sobek, keras, bentuk sudah menyusut.

 

Pergantian Part engine mounting

Solusi terbaik adalah mengganti part lama yang sudah rusak, aus di ganti yang baru maka gejala bergetar, terguncang akan terselesaikan. mobil kembali normal.

 

Harga Part engine mounting

Setiap merk, jenis mobil memiliki engine mounting dengan kualitas, bentuk yg berbeda maka harga juga variasi namun secara umum rata2 harga: 250 – 850 rb / 1 part.

 

Rekomendasi Pemasangan

Tips hemat beli part secara online di tokopedia, shopee, pasang pada bengkel kepercayaan , jika pergantian di bengkel resmi biaya akan jauh lebih mahal.

 

Disclaimer

Pengecekan part engine mounting jika tidak ada kendala pada bagia performa mesin, termasuk pembakaran tidak sempurna atau suara mesin pincang.

Editor: | Update: November 1, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *