Belajar Mengetik Cepat 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Seorang pelajar atau bahkan seorang karyawan yang sering berkecimpung dengan urusan ketik mengetik? Maka kalian harus menguasai cara mengetik cepat 10 jari agar tidak keteteran dan terus dikejar kejar deadline.

Kalian bisa melatih diri untuk bisa mengetik cepat dengan cara cara sederhana yang dibiasakan.

Tidak perlu mengikuti kursus komputer agar bisa belajar mengetik cepat dengan 10 jari. Cukup lakukan beberapa cara dibawah inj agar kalian mudah menghafal keyboard baik dikomputer maupun dismartphone.

Untuk tutorial cara cepat mengetik dismartphone kita akan bahas di artikel lain, kali ini fokuskan untuk melatih ngetik cepat menggunakan keyboard dikomputer menggunakan 10 jari.

Cara Mengetik 10 Jari Cepat Di Keyboard

Proses pembelajaran mengetik cepat 10 jadi akan melalui beberapa step yang harus kalian lalui dengan seksama, step by stepnya mudah tetapi mungkin jari kalian akan kelelahan mengikutinya, semangat ya.

1. Hafalkan posisi huruf di keyboard

Cara belajar mengetik cepat 10 jari yang pertama adalah kalian harus menghafalkan tata letak huruf dan simbol di keyboard kalian, tidak usah buru buru coba lakukan secara bertahap dan gunakan tata letak dibawah ini.

Bingung? Baca daftarnya dibawah ini, umpamakan keyboard kalian dibagi dua, ada wilayah tangan kanan, dan tangan kiri.

Posisi Jari Tangan Kiri Pada Keyboard

Kelingking tangan kiri: wilayah huruf dan angka jari kelingking bagian kiri adalah 1, Q, A, Z, tombol windows, lalu seterusnya ke arah sebelah kiri jari kalian.

Jari manis tangan kiri: wilayah keyboard jari manis sebelah kiri adalah angka 2, huruf W, S, dan X.

Jari tengah tangan kiri: untuk jari tengah tangan kiri wilayahnya adalah yang berwarna kuning yaitu angka 3, huruf E, D, dan C.

Jari telunjuk tangan kiri: wilayah tombol keyboard jari telunjuk tangan kiri adalah angka 4, 5, dan huruf R, F V, T, G, dan huruf B.

Posisi Jari Tangan Kanan Pada Keyboard

Kelingking tangan kanan: wilayah jangkauan jari kelingking kanan kalian adalah jajaran angka 0 kekanan, huruf P, tanda ; tanda tanya (?) dan juga tombol berlogo windows.

Jari manis tangan kanan: wilayah jangkauan jari manis tangan kanan kalian adalah angka 9, huruf o, l dan juga tanda >.

Jari tengah tangan kanan: wilayah untuk Jari tengah tangan kanan kalian adalah angka 8 huruf i k dan juga tombol <

Jari telunjuk tangan kanan: Untuk wilayah jari telunjuk tangan kanan kalian adalah tombol angka 6 dan 7 serta huruf Y, U, H, J, N dan huruf M

Sedangkan untuk jari jempol kiri dan kanan pergunakanlah untuk memencet tombol spasi.

Posisi jari pada keyboard diatas sebenarnya bisa kalian sesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan kalian agar bisa mengetik cepat,

namun perlu diperhatikan juga bahwa biasakanlah membagi posisi jari kalian pada keyboard menjadi dua wilayah agar lebih mudah untuk menghafal tata letak tombol keyboard kalian.

2. Latihan mengetik menggunakan 10 Jari

Bagi kalian yang belum biasa mengetik cepat menggunakan 10 jari dan membagi keyboard menjadi dua wilayah, lakukanlah latihan akurasi keyboard kalian dengan mengetik beberapa kata dibawah ini.

Latihan mengetik tangan kiri

Coba kalian ketik dengan cepat dan berulang ulang kata dibawah untuk melatih akurasi dan kecepatan mengetik kalian menggunakan 10 jari.

asd asd asd asdfg asdfg asdfg
AsD AsD AsD AsD AsD AsD
ASd ASd ASd ASd ASd ASd
AsdfG asdFG ASDfG
Asd Asd Asd Asd Asd Asd
AsD AsD AsD AsD AsD

Lakukanlah hingga tangan kiri kalian mulai terasa lentur untuk mengetik menggunakan 10 jari, jika sudah maka latihlah tangan kanan kalian untuk mengetik cepat dengan mengetik tulisan dibawah dan melakukannya berulang hingga jari kalian terasa lentur.

Latihan mengetik tangan kanan

Untuk melatih akurasi dan kecepatan mengetik tangan kanan kalian, lakukan hal yang sama dengan sebelumnya yaitu ketiklah dengan benar dan berulang huruf atau kata kata dibawah ini.

pol kol kij mio mio kio kio lip
Pol kol kij mio mio kio kio lip
POL KOL MIO MIO KIO KIO LIP
Pol Kol Mio Mio Kio Kio Lip

3. Praktikan setiap hari dan ulangi

Cara terbaik untuk mengetik cepat adalah dengan membiasakannya setiap hari, teruslah mengetik entah itu berlatih kata kata diatas atau membuat suatu tulisan sendiri didalam word atau note kalian,

semakin sering kalian menggunakan keyboard untuk mengetik maka lama kelamaan akan semakin cepat juga kalian mengetik.

Agar tidak membosankan, kalian bisa menggunakan game untuk latihan mengetik agar skill kalian terus terasah dari hari ke hari, ada banyak game mengetik di internet yang bisa kalian pilih.

Bukan hanya memainkan game khusus untuk berlatih mengetik, jika kalian bosan cobalah juga bermain game online yang memang harus menggunakan banyak tombol untuk memgoperasikannya seperti:

Dota 2, League Of Legends, Call Of Duty, CSOG, Point Blank, dan masih banyak lainnya disesuaikan dengan keinginan kalian.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *