9 Kesalahan Blogging Yang Harus Kamu Hindari

Ketika mendengar blogging, apa yang ada di benak kamu? “Blogging mah gampang”, “Buat saja sesuka kita”, dan lainnya.

Terkesan mudah, namun ternyata banyak kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam kegiatan blogging lho, guys
Memang, tidak ada aturan khusus dalam kegiatan blogging. Namun akan lebih baik kamu mengetahui beberapa cara agar blog kamu bisa maksimal.

Akan sangat sia-sia nantinya jika tulisan yang kamu buat malah tidak mendapatkan respon yang baik dari pembaca, bukan?

Maka dari itu, ketahui lebih dalam beberapa kesalahan blogging yang harus kamu hindari. Cek penjelasannya pada artikel di bawah ini ya!

Apa Itu Blogging?

Blogging adalah kegiatan mengelola sebuah blog dengan memanfaatkan tools yang tersedia agar bisa menulis dan membagikan sebuah konten kepada pengunjung dengan mudah.

Blogging biasanya dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Entah untuk sekedar hobi, memberikan informasi bermanfaat, kegiatan promosi sampai dijadikan sebagai sumber penghasilan.

9 Kesalahan Blogging Yang Harus Kamu Hindari

Blogging bisa menjadi kegiatan yang mudah dan menyenangkan jika diimbangi dengan cara yang benar. Pernahkah kamu melihat sebuah blog yang pada akhirnya sepi pengunjung atau bahkan tidak berfungsi lagi? Kira-kira apa ya penyebabnya?

 

Yuk ketahui beberapa kesalahan blogging yang sering terjadi pada penjelasan di bawah ini.

Tidak Konsisten

Konsistensi merupakan kunci kesuksesan seorang blogger lho! Namun, justru banyak blogger yang tidak konsisten.

Awalnya saja bersemangat mengunggah konten, lama kelamaan menjadi malas. Mengunggah konten hanya sesekali atau bahkan tidak sama sekali.

 

Agar tidak terjadi hal seperti ini, Buatlah rencana untuk beberapa bulan ke depan. Tetap konsisten dalam menggunakan topik. Jangan asal ikutan tren yang ada padahal tidak kamu kuasai dan tidak sesuai dengan blog kamu ya, guys.

Konten Tidak Ramah SEO

Jika ingin konten kamu ditemukan oleh banyak orang, coba buatlah konten yang ramah SEO, guys. Para blogger sering menganggap remeh konten yang ramah SEO.

Mereka hanya membuat konten tanpa memperhatikan konten tersebut memenuhi standar SEO atau tidak. Percuma deh, blog akan jarang ditemukan oleh pengguna atau bahkan bisa tidak muncul sama sekali, lho.

Mementingkan Kuantitas

Banyak nih blogger yang hanya fokus mengejar deadline. Memang up to date dan rutin mengunggah konten merupakan hal yang bagus. Namun, jika tidak diimbangi dengan kualitas isi konten tersebut sama saja bohong tuh, guys.

Agar pembaca kamu puas dengan isi konten tersebut, berikan informasi yang sesuai dengan keinginan pembaca. Gunakan gaya penulisan yang santai dan dekat dengan pembaca.

Melakukan Plagiarisme

Banyak blogger tidak profesional yang berpikir dengan copy paste tulisan orang lain tidak akan ketahuan.

Salah besar nih! Blog kamu bahkan bisa mendapatkan hukuman dari Google, lho! Hal ini juga akan berdampak pada website kamu kedepannya.

Dengan mengikuti gaya penulisan orang lain juga termasuk tindakan plagiarisme, lho. Hindari tindakan seperti ini ya! Buat ciri khas penulisan kamu sendiri agar lebih menarik bagi pembaca.

Tidak Memiliki Data Pendukung

Banyak blogger kurang menyadari pentingnya sebuah data yang mendukung argumen pada tulisan mereka. Padahal data ini bisa membuat pembaca lebih percaya dan tertarik untuk membaca lebih lanjut, lho!

Pastikan data yang digunakan itu akurat ya, guys! Bukan berasal dari sumber yang tidak valid. Kamu bisa sertakan bukti gambar dari data tersebut juga. Untuk gambar, kamu bisa menambahkan keterangan atau menambahkan atribut ALT text yang juga berguna untuk meningkatkan SEO kamu lho.

Gaya Penulisan Yang Kaku

Membuat tulisan blog memanglah mudah. Namun, membuat pembaca tertarik yang cukup sulit. Kesalahan yang sering dilakukan blogger yaitu membuat tulisan yang terlalu kaku. Posisikan diri kamu sebagai seorang pembaca, pasti malas bukan jika gaya penulisannya terlalu serius.

Kamu bisa membuat tulisan dengan bahasa yang lebih santai dan interaktif. Bahkan kamu bisa menanyakan pendapat mereka. Kamu secara tidak langsung menanamkan engagement dengan pengunjung juga, lho.

Melewatkan Proses Editing

Sering kali blogger tidak mengecek tulisan mereka. Eh, ternyata banyak kesalahan penulisan, tidak sesuai dengan EYD, kalimat yang kurang efektif, dan lainnya. Sayang banget nih kalau isinya sudah bagus namun pengaplikasiannya tidak maksimal.

Ketika kamu mengedit kembali, kamu bisa jadi malah menemukan kalimat yang lebih menarik, dan kesalahan-kesalahan lain yang terjadi tanpa disadari, lho.

Tidak Mengoptimalkan Performa Website

Mayoritas website yang tidak dimuat dalam 3 detik akan ditinggalkan oleh pengunjung lho. Oleh karena itu, penting bagi blogger untuk mengoptimalkan websitenya. Baik itu dari loading page, dari resource penyimpanan data, keamanan data, ancaman kejahatan cyber dan lain sebagainya.

Sebuah kesalahan fatal para blogger ketika mereka tidak memperhatikan layanan hosting yang digunakan untuk website mereka. Dan berakhir dengan website mereka yang lemot.

Pilih penyedia hosting terbaik untuk website kamu ya, guys! Pastikan kapasitas hosting kamu dapat menampung data-data blog kamu juga. Kepuasan pengunjung adalah nomor satu!

Tidak Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Kurangnya pengetahuan tentang Google Webmaster bagi para blogger bisa membawa dampak buruk pada blog, lho! Bayangkan jika kamu sudah membuat artikel namun tidak dikenali oleh Google.

Sia-sia bukan? Ketika kamu melakukan pendaftaran ke Google Webmaster, maka blog kamu akan lebih mudah terindex oleh Google, guys.

Nah, seperti itulah beberapa kesalahan blogging yang sering terjadi. Semoga dengan penjelasan di atas dapat membuat skill blogging kamu bertambah ya.

Tetap rajin menulis dan berkarya ya karena pasti banyak orang yang membutuhkan dan menanti konten blog milikmu. Semangat!

Editor: | Update: Oktober 27, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *