7 Peluang Usaha, Belum Banyak Pesaing & Menguntungkan

Ada banyak sekali bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Sayangnya, kebanyakan bisnis tersebut sudah memiliki banyak pesaing dan rasanya susah untuk terkenal dalam bisnis tersebut. Maka, anda perlu memulai sebuah bisnis yang baru dan belum memiliki banyak pesaing. 

Cuma ada permasalahan lain saat kita ingin memulai bisnis dengan kriteria di atas, yakni anda harus mencari pasar konsumen agar bisnis anda tepat sasaran dan menjangkau banyak orang. Apalagi jika anda masih pemula dalam bisnis dan belum memiliki jaringan yang luas.

Tentu anda harus meluangkan waktu untuk membangun jaringan seperti bergabung dengan komunitas atau grup yang berkaitan dengan bisnis anda. Cara tersebut dianggap efektif, karena anda sudah menemui orang-orang yang kemungkinan akan membeli produk anda. Namun belum memiliki minat.

Tergantung bagaimana anda menarik mereka untuk menjajal produk yang anda tawarkan. Selain itu, dibutuhkan niat dan usaha yang kuat agar bisnis tersebut terus berkembang terutama jika anda memulainya dari nol. Karena bisnis yang belum memiliki banyak pesaing tentu kurang terkenal di pasaran.

Jadi, anda harus terus bersabar dalam menjalankan bisnis tersebut. Dibutuhkan juga inovasi dan kreativitas yang tinggi agar bisnis anda lebih variatif dan menarik. Agar anda tidak salah dalam melangkah, Kami akan memberikan anda bebeperapa resolusi peluang usaha yang belum memiliki banyak pesaing.

1. Jual barang kerajinan

Bisnis barang kerajinan merupakan peluang usaha yang jarang diminati orang terlebih jika harus membuat barang kerajinan sendiri. Nah, disinilah kesempatan anda untuk menempati hierarki teratas dalam bisnis tersebut. Jika anda memiliki kreatifitas dan ketekunan yang tinggi, anda bisa menjajal bisnis ini.

Misalnya membuat patung hiasan, gelang, ataupun hiasan dinding. Kalau anda kurang jago dalam membuat barang kerajinan, anda bisa memperkerjakan pengrajin atau membeli barang kerajinan mereka yang nantinya akan anda jual.

Anda juga bisa menanamkan slogan ramah lingkungan untuk barang kerajinan hasil daur ulang. Ini bisa jadi kampanye yang menarik untuk pelanggan dengan iming-iming menjaga ekosistem lingkungan.

2. Jasa Penulis

Banyak pemilik blog atau website terkadang malas untuk menulis artikel, atau karena mereka terlalu sibuk sehingga kekurangan waktu untuk menulis. Nah, anda bisa mengambil peluang usaha tersebut. Pastikan anda mempunyai kemampuan menyusun kata yang baik. Jika belum, anda bisa mulai melatihnya dari sekarang dengan cara membuat blog di Platform blog gratis seperti, blogger.com atau wordpress.com.

Buatlah tulisan atau artikel yang bagus dan menarik, lalu anda posting di blog tersebut. Sehingga calon pengguna jasa anda akan mengetahui kualitas tulisan yang anda buat.

Selain itu, ada juga website yang menerima penulis eksternal untuk menulis artikel di website tersebut seperti JalanTikus.com, medium.com, dan sebagainya. Penulis akan dibayar sesuai perjanjian. Biasanya frekuensi pembaca akan mempengaruhi pendapatan kita di website tersebut.

3. Jasa Shooting Video

Sebenarnya bisnis ini banyak dicari-cari orang apalagi minat orang yang terus berubah seiring berkembangnya zaman. Orang-orang biasanya ingin populer di platform berbagi video, contohnya Youtube. Namun, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan men-shoot video yang kurang baik.

Terlebih jika orang tersebut nantinya akan menjadi objek video. Kan ribet kalau harus merekam diri sendiri. Seumpama anda memiliki kemampuan merekam video yang baik. Ambillah peluang usaha ini. Anda bisa terus berlatih dengan memvideokan apa yang ada di sekitarmu seperti pepohonan, motor, ataupun mobil. Kemudian edit video tersebut hingga semakin bagus kualitasnya.

Lalu anda upload di Youtube. Tawarkan jasa anda di Media Sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Caranya dengan bergabung di komunitas tertentu, seperti komunitas Youtuber. Biasanya banyak anggota grup yang membutuhkan jasa cameramen. Untuk memastikan calon pengguna, suruh mereka lihat channel Youtube yang anda sudah buat dan upload video.

Sehingga mereka bisa tahu kualitas skill shoot video Anda miliki. Namun, usaha ini tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Pasalnya, anda memerlukan banyak alat untuk melakukan shoot seperti Kamera, Tripod, Pengatur cahaya, dan sejenisnya.

Sebaiknya siapkan modal sekitar 5 sampai 10 juta untuk membeli alat tersebut. Tenang, jasa cameramen juga banyak dibutuhkan untuk mengabadikan momen pernikahan baik foto maupun video.

4. Sewa kamera

Selain jasa shooting video, anda juga bisa menarkan orang lain untuk menyewa kamera yang anda miliki. Terlebih di muslim liburan. Pasti akan banyak orang yang membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen mereka saat berlibur. Karena belum semua orang yang memilki kamera atau HP yang kameranya bagus dan sudah mendukung teknologi HD. Biasanya, jasa sewa kamera ini akan ditargetkan ke anak remaja yang suka melakukan berswafoto.

Tapi tentu saja, jasa sewa kamera memiliki resiko yang cukup tinggi dan rentan karena kamera yang sewaktu-waktu bisa rusak, entah terbanting ataupun jatuh. Maka itu, anda perlu menerapkan kebijakan saat ada unit kamera yang rusak. Tentunya kejibakan yang tidak memberatkan pelanggan.

Supaya mereka pun nyaman saat menggunakan jasa anda. Bisnis bisa anda coba, untuk pemasaran, coba tawarkan ke tetangga dan orang-orang sekitar anda. Bisa juga dengan menerapkan potongan harga untuk percobaan.

5. Event Organizer

Untuk anda yang biasa menjadi ketua maupun anggota OSIS saat SMA, bisa menjajal bisnis ini. Disebabkan banyak sekali acara yang membutuhkan Jasa EO supaya bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Carilah teman satu jurusan atau yang sepemikiran dengan anda. Supaya nantinya, bisa diajak kerja sama dengan baik.

Usahakan mencari partner yang memiliki ETOS kerja yang tinggi agar anda bisa melakukan inovasi dan bisnis anda akan semakin berkembang. Bila perlu, buatlah sebuah website untuk memperkenalkan bisnis anda kepada dunia.

Ciptakan kalimat-kalimat promosi yang menarik pengunjung untuk menggunakan jasa anda. Bisnis ini bisa menjadi sambilan untuk anda yang masih duduk di bangku kuliah.

Namun, tentu saja anda harus memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi karena itulah yang menjadi pondasi dalam berkembangnya bisnis EO ini. Karena jika dilihat, banyak pebisnis EO yang gagal total dalam mengatur berjalannya sebuah acara, ini bisa disebabkan oleh ketiadaan dari dua faktor di atas. Akhirnya, mereka malah rugi sekaligus malu bahkan hingga menutup bisnis mereka.

6. Bisnis sablon baju

Memang, sablon baju kurang terkenal di kalangan masyarat. Karena itulah bisnis ini jarang diminati orang. Namun, bisnis ini bisa kebnjiran langganan saat ada family gathering, maupun saat muslim kelulusan sekolah.

Biasanya angkatan yang baru saja lulus akan menggunakan baju yang didesain sendiri untuk kenang-kenangan suatu saat nanti. Disitulah anda bisa mengambil peluang untuk bisa sukses.

Anda bisa memulai bisnis sablon baju secara perorangan maupun dengan dibantu orang lain. Disarankan untuk mencari karyawan, karena usaha ini terlalu sulit untuk dijalankan sendirian sebab anda akan kerepotan saat banjir orderan.

7. Bisnis sewa alat musik

Selain bisnis penyewaan kamera, bisnis rental alat musik juga jarang diminati orang namun berpeluang menghasilkan keuntungan. Anda bisa menyewakan alat musik dengan format waktu 1 jam. Misalnya 1 jam 10.000. Jangan lupa untuk menerapkan kebijakan saat ada kerusakan seperti biaya tambahan saat senar putus karena kelalaian konsumen.

Selain itu, anda juga bisa membuka kursus alat musik. Banyak orang sekarang yang belum bisa bermain musik seperti gitar. Terlebih, media yang selalu menggembor-gemborkan kalau cowok keren itu bisa bermain gitar. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk disubstitusikan ke dalam iklan anda.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang masih menganggur, sehingga Anda bisa terjun langsung mengelola bisnis anda secara fulltime. Promosikan kepada teman-teman dekat anda, terutama yang belum mahir bermain gitar. Kan lumayan, uangnya untuk beli rokok hehe.

Setelah anda menentukan bisnis apa yang cocok untuk anda jalankan. Selanjutnya anda bisa mulai beriklan agar bisnis anda terkenal dan produk anda laris di pasaran. Anda bisa menggunakan kalimat promosi yang menarik dar artikel ini : kumpulan kata-kata promosi menarik untuk mendongkrak penjualan anda.

Penutup

Itu sajalah beberapa peluang usaha atau bisnis yang belum memiliki banyak pesaing namun banyak dicari orang. Menjalankan sebuah bisnis memang tidaklah mudah, dibutuhkan ketekunan dan konsistensi agar bisnis anda bisa terus berkembang. Makanya jangan menyerah ketika anda gagal dalam menjalankan bisnis.

Bangkitlah ketika anda jatuh. Setiap rintangan yang anda hadapilah yang akan membuat anda kuat dalam mempertahankan bisnis anda hingga merncapai kesuksesan. Semangat Wirausahawan!

Editor: | Update: Oktober 27, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *