Cara Sukses Menjadi Dropship dengan Anggaran Terbatas

Bagi wirausahawan baru (terutama Gen Zen atau Milenial), Dropship merupakan model bisnis yang sangat populer. Karena Anda tidak harus menyimpan atau mengolah barang yang Anda jual.

Bagi yang sering bertanya bagaimana cara menghasilkan uang melalui bisnis online?

Nah, bisnis ini cocok untuk Anda, terutama yang bermodal terbatas. Hanya dengan menggunakan gadget dan paket internet Anda dapat menjalankan bisnis dropship.
Bagaimana Cara Kerja Bisnis Dropship?
Bisnis dropship adalah bisnis di mana Anda menjual produk dari pemasok (Supplier), dan mereka akan mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan atas nama toko Anda.

Ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga menghabiskan serta meluangkan waktu Anda dengan memfokuskan semua energi Anda untuk melayani pelanggan.

Jika Anda ingin memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ikuti langkah berikut.

1. Pilih Niche Anda

Pasar niche yang Anda pilih harus mencapai tujuan dan sesuatu yang sangat Anda sukai. Jika target tidak tercapai, maka menangkap sasaran akan sulit. Saat memilih niche pasar Anda, harap perhatikan hal berikut:

Cari Produk yang Menarik

Saat Anda memulai bisnis dropshipping, Anda pasti akan fokus pada pemasaran dan melayani pelanggan, sehingga Anda akan melupakan produk yang dapat menarik pelanggan.

READ :  Info Harga Aspal Drum, Pertamina Terbaru

Pilih produk berkualitas tinggi yang menarik.

Seperti mencetak produk sesuai permintaan atau kita kenal dengan Print on Demand.

2. Melakukan Riset

ingat! Anda akan bersaing dengan banyak pesaing lainnya, seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan lainnya. Mungkin Anda sering mengira bahwa produk dengan sedikit pesaing akan berhasil. Sayangnya tidak tidak akan.

Ini menunjukkan bahwa tidak ada permintaan untuk produk tersebut. Ada banyak alasan mengapa produk tersebut tidak memiliki banyak persaingan, seperti biaya transportasi yang tinggi, sulitnya menghubungi pemasok dan sebagainya.

Carilah produk yang kompetitif, karena menunjukkan banyak peminat.

3. Pilih Supplier yang Terpercaya

Melakukan kerjasama dengan pemasok yang salah dapat membahayakan bisnis Anda, jadi penting untuk tidak tergesah dengan langkah ini.

Lakukan Riset dengan Cermat

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi supplier adalah kesulitan komunikasi, sehingga komunikasi sangat penting untuk kecepatan respons dan saling pengertian. Jika Anda tidak 100% yakin dengan komunikasi pemasok, lanjutkan mencari pemasok lain.

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dan memahami kapasitas produksi mereka yang Anda pilih. Anda perlu memastikan bahwa pemasok Anda dapat bekerja sama dengan Anda. Cobalah belajar bisnis online dari pengusaha lain yang lebih berpengalaman.

Anda juga dapat mempelajarinya dari blog bisnis, media sosial, situs web, dan banyak lainnya.

4. Bangun Toko Online

Cara tercepat untuk mempromosikan produk adalah dengan menggunakan platform pemasaran seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan lainnya. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk Anda.

READ :  Biro Jasa Pajak, STNK Kendaraan DKI Jakarta (Terpercaya)

Ada banyak cara berjualan di media sosial melalui blog atau website Anda. Meskipun anggarannya besar, Anda dapat menyewa desainer web untuk membuat halaman kustom.

Bagi yang ingin memulai bisnis, ini adalah langkah awal.

5. Melayani Pelanggan

Memiliki produk yang hebat dan situs web yang bagus, tetapi tidak ada pelanggan yang ingin membeli, itu sama saja bohong.

Ada beberapa cara untuk melayani pelanggan, di antaranya:

  1. Lakukan dengan salam, sapa, senyum, sopan, dan santun
  2. Tunggulah sampai mereka mengajukan pertanyaan dan memahami arah percakapan
  3. Tanyakan tentang produk yang ingin Anda pesan
  4. Periksa inventaris produk
  5. Jika Anda memiliki persyaratan khusus
  6. Pertama-tama laksanakan persyaratan pelanggan
  7. Jika harga, inventaris, dan desainnya sama. Minta izin untuk mendapatkan data baru dan kemudian meninjau pesanan pelanggan
  8. Ingatkan pelanggan 3-4 kali hingga pelanggan mengkonfirmasi apakah akan membeli atupun tidak.

6. Mengoptimalkan

Jika Anda ingin mempromosikan produk tanpa mengeluarkan banyak uang, harap manfaatkan semua platform yang Anda gunakan.

  • Mulailah dengan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dll.
  • Anda hanya perlu konsisten saat memublikasikan gambar dan konten produk.
  • Beriklan secara teratur.
  • Cobalah untuk mengirim email ke pelanggan Anda.
  • Dan jangan lupa optimalkan produk dan kualitas Anda sendiri.

Perbanyak berpartisipasi dalam seminar atau komunitas untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang bisnis yang Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi dropship di Shopee, lanjut membaca: Cara menjadi dropship di Shopee.

READ :  Shuttel / Travel Rute Semarang - Jogja Terbaik No.1

Updated: October 25, 2020