Teknik Mancing : 6 Umpan Ikan Air Deras, Anti Boncos!

Memancing di perairan yang tenang memang mudah, tapi hal ini tidak berlaku untuk memancing di air deras. Anda harus bisa memahami karakter air dan ikan di dalamnya.

Butuh Teknik Mancing dan umpan khusus agar ikan dapat tertangkap oleh kail pancingan. Untuk referensi dan informasi selengkapnya, silakan simak ulasan di bawah ini :

Umpan Ikan Air Deras yang Paling Bagus

Umpan untuk memancing ikan bisa Anda beli di toko perlengkapan pancing, meracik sendiri (homemade), atau bisa juga mencarinya di alam. Ketiga cara tersebut sama-sama baik, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan serta waktu luang yang Anda miliki.

1. Mie Jajanan Anak-anak

Pertama adalah mie jajanan anak-anak. Mie siap makan yang dijual seharga 2 ribuan ini rupanya bisa dijadikan sebagai umpan memancing ikan di perairan deras.

Kok bisa? Hal ini karena mie ini mengandung bahan pengenyal. Sehingga saat direndam air tekstur mie akan berubah menjadi empuk tapi tidak mudah hancur meski dimasukkan dalam arus yang cukup deras.

2. Jangkrik

Umpan ikan air deras kedua yaitu jangkrik. Jangkrik memiliki ukuran tubuh yang pas untuk dijadikan sebagai umpan. Tubuhnya juga cukup empuk untuk dipasang pada kail, namun tidak mudah lepas terbawa arus air.

Jangkrik termasuk serangga yang sangat disukai oleh ikan. Posisikan umpan tepat di bawah arus, agar ikan-ikan melihatnya dan memakan umpan jangkrik tersebut.

3. Cacing

Cacing sudah cukup populer di dunia pancing-memancing ikan. Jika Anda sudah hobi memancing sejak lama, pasti sudah tahu jika cacing memang menjadi umpan favorit bagi ikan.

Tubuh cacing yang empuk dan kenyal sangat pas untuk dijadikan umpan air deras. Cacing juga termasuk hewan yang melimpah, artinya Anda bisa menemukannya dengan mudah di tempat-tempat lembab atau berair.

Selain sangat cocok untuk Umpan Ikan Nila di air deras juga direkomendasikan kepada kamu yang hendak berburu ikan-ikan air tawar lainnya, karena memang terbilang sangat sederhana tapi ampuh.

4. Usus Ayam

Umpan ikan air deras yang mungkin belum terpikirkan oleh banyak orang yaitu usus ayam. Bagian tubuh ayam ini mungkin tidak disukai oleh sebagian orang.

Tapi siapa sangka ya, bahwa usus ayam yang baunya cukup amis dan menyengat ini bisa juga dijadikan umpan ikan. Anda cukup memotongnya kecil-kecil lalu kaitkan pada kail pancingan Anda.

5. Umpan Racikan

Berbeda dengan hewan kecil seperti serangga, cacing, atau usus ayam, umpan racikan harus diolah dengan mencampurkan beberapa bahan sekaligus dan diberi bumbu.

Untuk membuat umpan ini, Anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibanding menggunakan umpan instan. Beberapa bahan yang bisa dijadikan umpan ikan air deras diantaranya:

– Mie instan yang telah direbus dan ditumbuk.
– Tempe yang telah dikukus dan dihaluskan.
– Udang rebon.
– Ubi yang telah direbus.
– Kuning telur bebek sebagai penambah aroma amis.
– Bawang putih dan kunyit sebagai bumbu tambahan.

Anda bisa memilih salah satu bahan utama dari mie instan, tempe, maupun udang rebon. Agar aroma lebih menyengat atau amis, campurkan kuning telur bebek.

Semua adonan yang telah siap, harus dibentuk menjadi bulatan kecil sesuai dengan mata kali atau kira-kira selebar mulut ikan yang telah menjadi target.

6. Pelet

Pilihan umpan yang terakhir yaitu pelet. Anda bisa membeli pelet secara offline maupun online. Harga pelet untuk memancing ikan di arus deras cukup terjangkau, antara Rp 50.000 sampai Rp 80.000.

Perbedaan harga berbeda-beda tergantung dari nama brand, berat bersih, dan sebagainya. Kelebihan umpan pelet yaitu Anda bisa langsung menggunakannya dan tidak perlu repot-repot meraciknya,

Demikian, ulasan mengenai racikan dan macam-macam umpan ikan air deras yang ampuh, jitu dan populer. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Selamat Memancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *