Cara Memulai Bisnis Merchandise Kpop untuk Pemula

Bisnis merchandise Kpop kian menjamur di Indonesia akibat demam K-Pop yang sedang melanda Indonesia. Sejak awal munculnya grup Super Junior hingga berganti menjadi BTS, penggemar K-Pop masih saja bertahan. Bahkan komunitasnya terus saja bertambah seiring dengan munculnya grup K-Pop baru.

Para penggemar K-Pop tak mungkin lepas dari merchandise tentang idola mereka. Meski beberapa barang dibanderol dengan harga yang tidak murah, tapi para penggemar ini tidak segan-segan untuk merogoh kocek lebih.

Hal ini memberikan peluang yang sangat besar untuk membuka usaha di bidang merchandise. Sebelum mulai menjalankan usaha ini, simak dulu cara memulai bisnis merchandise untuk pemula pada ulasan berikut ini.

 

Cara Memulai Bisnis Merchandise K-Pop Supaya Meraup Untung

Menjalankan bisnis merchandise K-Pop dengan benar akan meraup untung hingga jutaan rupiah tiap bulan. Kamu bisa memperoleh pernak-pernik K-Pop melalui dua cara yaitu memesan langsung ke negara asalnya, dan memproduksi sendiri benda-benda yang “berbau” K-Pop.

Berikut dijelaskan cara menjalankan bisnis ini agar berhasil memperoleh keuntungan yang lumayan.

1. Melakukan Riset Produk Terlaris

Sebelum memulai bisnis ini, lakukan dulu riset tentang jenis merchandise yang paling digemari dan paling laris di kalangan K-Popers. Riset ini sangat penting dilakukan agar kamu dapat membuat daftar prioritas jenis merchandise yang harus selalu ada di tokomu. Hasil riset ini juga dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran ke depannya.

2. Carilah Pemasok yang Dapat Dipercaya

Pemasok yang terpercaya sangat penting dalam bisnis ini karena merekalah yang menyediakan bahan untuk bisnis merchandise K-Pop. Beberapa cara paling mudah untuk mengetahui apakah pemasok itu dapat dipercaya adalah dengan melihat data tokonya.

Pemasok harus mempunyai alamat yang jelas dan lengkap, dan mempunyai nomor telepon yang mudah dihubungi.

Pemasok yang baik mempunyai respon yang cepat saat menangani pesanan barang, temasuk saat melayani keluhan pelanggan. Alangkah lebih baik jika pemasok mempunyai layanan keluhan pelanggan sekama 24 jam sehari.

Pemasok terpercaya mempunyai akun di media sosial yang memuat barang dan bahan yang dijual beserta testimoni para pembeli sebelumnya.

Kamu dapat melakukan uji coba saat memilih pemasok dalam bisnis merchandise K-Pop ini. Cobalah pesan beberapa item atau bahan untuk melihat kejujurannya. Cara ini juga dilakukan untuk mengetahui ketepatan pengirimannya.

Saat melakukan pengujian, belilah produk atau bahan yang berharga murah untuk menghindari kerugian yang besar seandainya pemasok tidak mengirim barang pesananmu.

3. Membuat Akun di Media Sosial

Semakin meningkatnya pengguna internet dewasa ini membuka peluang yang besar bagi penjualan secara online. Kamu harus memiliki akun di media sosial sebagai sarana untuk mengenalkan merchandise yang kamu jual dan kegiatan promosi yang dilakukan.

Ada baiknya untuk membuat toko online bagi usahamu untuk memudahkan pelanggan yang ingin memesan dan membeli merchandise.

4. Melakukan Inovasi

Terus menerus melakukan inovasi merupakan salah satu kunci sukses dalam melakukan bisnis ini. Dapatkan inspirasi produk dari segala sesuatu yang dikenakan oleh artis K-Pop.

Gunakan imajinasi saat membuat merchandise untuk mendapatkan produk yang unik, menarik, dan orisinil. Hal ini akan menambah nilai jual produkmu karena berbeda dari produk yang dijual di pasaran.

5. Bergabung dalam Komunitas

Libatkan diri secara aktif dalam komunitas pencinta K-Pop. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produkmu kepada masyarakat. Kamu juga bisa memantau perkembangan artis K-Pop, termasuk jadwal konser mereka.

Asal kamu tahu, berjualan merchandise saat para artis sedang mengadak an konser dapat mengeruk keuntungan yang sangat besar.

Demikianlah 5 cara memulai bisnis merchandise Kpop yang bisa dijelaskan. Perlu diperhatikan bahwa setiap komunitas mengusung artis K-Pop dengan karakteristik yang berbeda.

Jangan sampai kamu tertukar saat menawarkan merchandise di dalam komunitas mereka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *