Cara Mengatasi Product Activation Failed Office 2016

Sebagai pengguna Komputer, kamu tentu sudah tahu bahwa Microsoft Office adalah aplikasi perkantoran yang digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia.

Sebagian besar pengguna Laptop maupun Komputer pasti terinstall program pengolah dokumen ini. Bahkan, kini sudah banyak juga yang install aplikasi Microsoft Office di Smartphone.

Ada beberapa versi Microsoft Office yang beredar dan digunakan oleh masyarakat umum, salah satunya adalah Micrsoft Office 2016. Namun, setelah menggunakannya beberapa lama biasanya muncul keterangan Product Activation Failed pada bagian atas jendela dokumen Word, Excel, PowerPoint, serta produk Office 2016 lainnya.

Saat muncul keterangan seperti ini maka biasanya produk Microsoft Office tersebut tidak akan dapat digunakan lagi. Pengguna atau user Microsoft Office 2016 pasti pernah atau bahkan sering mengalami kondisi dimana Microsoft Office 2016 tidak bisa untuk mengetik, mengedit, bahkan menjadi tidak bisa di klik (terdisabled).

Sementara sebagian besar pengguna tersebut tidak mengetahui dan tidak menyadari apa penyebabnya.

Hal ini sering terjadi pada Microsoft Word 2016 dan Microsoft Excel 2016 atau semua product Microsoft Office 2016 yang hanya mengizinkan kamu untuk membuka file, tidak dapat mengeditnya.

Kendala lainnya adalah, pada menu utama bagian atas Microsoft Office 2016 tersebut tertulis Product Activation Failed yang berarti Microsoft Office tersebut gagal teraktivasi atau tidak aktif. Tidak hanya itu saja, kamu tidak akan dapat klik semua menu yang dimilikinya karena terkunci.

Masalah ini sebenarnya seringkali terjadi dan sangat mudah untuk mengatasinya, tidak perlu sampai panik atau install ulang Laptopnya. Jika kamu ingin mengatasi masalah product activation failed pada Microsoft Office 2016, tidak dibutuhkan software tambahan apalagi sampai menginstal ulang Microsoft Office 2016.

Oleh karena itu, agar dapat digunakan kembali, kamu perlu segera mengatasi dan menghilangkan notifikasi Product Activation Failed tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Product Activation Failed Office 2016?

Keterangan Product Activation Failed ini biasanya muncul karena Microsoft Office 2016 tersebut gagal teraktivasi. Untuk mengatasi masalah ini, cara paling umum digunakan adalah kamu dapat melakukan aktivasi ulang.

Dalam hal ini, ada banyak cara aktivasi office 2016 yang dapat kamu coba gunakan. Jadi, jika kamu memilih untuk melakukan aktivasi ulang, maka silahkan coba saja hingga berhasil menghilangkan tulisan Product Activation Failed tersebut.

Tapi, jika kamu tidak ingin mengaktivasi ulang, maka masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tulisan Product Activation Failed di Office 2016. Berikut cara lain untuk mengatasi masalah Product Activation Failed Office 2016 tanpa aktivasi ulang.

Langkah pertama dari cara ini adalah silahkan kamu menutup terlebih dahulu semua aplikasi atau program dari Office 2016 jika ada yang sedang terbuka. Hal ini penting agar anda tidak membuka aplikasi Microsoft Office 2016 jika ingin menggunakan cara ini.

Setelah tidak ada lagi program Office 2016 yang terbuka, silahkan buka File Explorer atau File Manager Windows. Selanjutnya, silahkan klik partisi C dan pergi ke “Local Disk C” kemudian buka folder “Program Files” yang ada di dalamnya.

Langkah selanjutnya adalah silahkan kamu membuka folder “Microsoft Office” lalu buka lagi folder “Office 16” yang ada di dalamnya.

Jika kamu sudah berada dalam folder tersebut, silahkan klik kanan pada file “OSPREARM.EXE”. Setelah itu,  pada pilihan yang muncul silahkan klik “Run As Administrator” untuk menjalankan aplikasi tersebut dengan akses Administrator.

Selanjutnya, pada jendela yang muncul, pilih saja opsi “YES” untuk memberikan izin administrator.

Jika sudah selesai, maka masalah Product Activation Failed Office 2016 tersebut sudah dapat diatasi. Silahkan anda cek dengan membuka kembali aplikasi Microsoft Word, Excel, atau PPT dan pastikan apakah sudah bisa digunakan untuk mengetik dan mengedit atau belum.

Kalau belum bisa digunakan dan masih muncul keterangan Product Activation Failed, maka tidak ada jalan lain lagi selain dengan cara aktivasi ulang office 2016 tersebut.

Demikianlah cara mudah mengatasi dan menghilangkan tulisan Product Activation Failed yang sering muncul pada Microsoft Office 2016. Silahkan gunakan cara ini jika kamu sedang mengalami masalah ini dan pada akhirnya tidak dapat menggunakan aplikasi-aplikasi di Microsoft Office 2016 tersebut.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *