Pengertian Command Prompt (CMD) di OS Windows

Halo sobat teknologi ketemu lagi dengan saya syarif soden. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Pengertian CMD ( Command Prompt).

Command Prompt ( CMD ) adalah sebuah aplikasi command line interpreter yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Aplikasi ini digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan.

Sebagian besar dari perintah itu mengotomatiskan tugas-tugas melalui skrip dan batch files, melakukan fungsi administrasi tingkat lanjut, dan memecahkan masalah atau memecahkan beberapa jenis masalah pada Windows. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang Command Prompt (Cmd): Apa Artinya dan Cara Menggunakannya.

Command Prompt atau yang secara resmi disebut dengan Windows Command Processor tetapi kadang-kadang juga disebut sebagai command shell atau cmd prompt atau bahkan dengan nama file-nya, cmd.exe.

Command Prompt kadang-kadang salah disebut sebagai “the DOS prompt” atau sebagai MS-DOS itu sendiri. Command Prompt adalah program Windows yang mengemulasi banyak kemampuan baris perintah (command line) yang tersedia di MS-DOS tetapi itu bukan MS-DOS.

Note: Cmd juga merupakan singkatan dari banyak istilah teknologi lainnya, seperti distribusi pesan terpusat (centralized message distribution), layar monitor berwarna (color monitor display),

database manajemen umum (common management database) tetapi tidak satupun dari mereka yang ada hubungannya dengan Command Prompt, untuk Anda yang sedang mencari daftar Perintah dasar cmd bisa berkunjung di blog saya.

Pengertian CMD (Command Promt)

CMD adalah singkatan dari Command Promt. Istilah ini bisa didefinisikan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk text. Dengan CMD, anda bisa mengakses komputer sebagaimana anda mengaksesnya melalui windows explorer.

Tapi perlu diketahui juga, ternyata CMD ini memiliki fungsi lain yang begitu signifikan. Malah ada pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan CMD sebagai salah satu sarana melakukan peretasan.

Kode CMD Seringkali digunakan oleh para cracker untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda. Karenanya bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, ada harus ekstra hati hati.

Instalkan antivirus original dan selalu aktifkan windows firewall supaya komputer anda tidak mudah untuk ditembus oleh orang orang tidak bertanggung jawab di luar sana. Jika password administrator anda sampai didapatkan oleh mereka, CMD ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda.

Fungsi CMD yang harus anda tahu
Bagi anda yang masih awam, pastikan anda tahu kalau CMD memiliki banyak fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi anda. Semakin banyak fungsi CMDyang anda kuasai, sudah tentu semakin besar keuntungan yang anda dapatkan. Berikut ini beberapa fungsi dari CMD yang mungkin belum anda ketahui.

Menganalisa kondisi jaringan internet
Fungsi CMDyang pertama dan bisa anda praktikkan dengan mudah adalah untuk menganalisa kondisi jaringan internet dari sebuah situs.

Istilahnya PING. Ping ini bisa anda gunakan untuk melihat respon dari sebuah situs terhadap komputer anda. Caranya ketikkan ping diikuti alamat dari sebuah situs seperti misalnya “ping google.com”.

Secara otomatis akan terlihat speed dari koneksi yang dibagi bersama situs tersebut. Anda bisa juga menggunakan alamat IP dar sebuah situs sebagai pengganti nama situs tersebut.

Melihat status aktivasi Windows
Tidak hanya untuk mengecek kondisi jaringan internet saja, CMD bisa juga anda gunakan sebagai sarana untuk mengecek status aktivasi windows.

Seperti biasa, anda harus masuk terlebih dahulu dalam aplikasi command promt. Kemudian ketikkan kata SLMGR / DLV dan secara otomatis akan keluar jendela baru yang berisikan informasi windows yang anda gunakan dan status aktivasi dari windows tersebut.

Mengecek Kondisi Hardisk
Selanjutnya anda bisa juga mengecek dan menganalisa kondisi hardisk dengan menggunakan fungsi CMD. Pertama tama anda harus masuk ke dalam Command Promt, kemudian ketikkan kata CHKDSK.

Untuk komputer yang menggunakan os Vista atau XP, biasanya layar akan langsung blank hitam dan kemudian akan muncul persentase progres pengecekan hardisk oleh CMD itu sendiri. Anda hanya tinggal menunggu progres tersebut hinggaselesai.

Melihat Histori WIFI yang pernah terhubung
Fungsi CMD selanjutnya adalah untuk melihat histori dari wifi yang pernah terhubung ke dalam jaringan komputer atau laptop anda. Caranya juga sangat mudah untuk dipraktikkan.

Pertama tama, anda hanya perlu membuka CMD. Klik Start, Accesories, kemudian klik kanan pada Command Promt, Open As Administrator. Setelah CMD terbuka, selanjutnya ketikkan “NETSH WLAN SHOW PROFILES” tanpa tanda kutip. Secara otomatis akan keluar daftar nama dari beberapa jaringan wifi yang pernah terhubung ke komputer anda.

Cara Mengakses Command Prompt
Anda membuka Command Prompt melalui shortcut Command Prompt yang terletak di menu Start atau pada Apps screen, bergantung pada versi Windows Anda.

Cara lain untuk mengakses Command Prompt adalah melalui perintah cmd Run atau di lokasi aslinya di C:\Windows\system32\cmd.exe tetapi menggunakan pintasan lebih cepat bagi kebanyakan orang.

Namun metode lain untuk membuka Command Prompt di beberapa versi Windows adalah melalui Power User Menu. Namun, Anda mungkin melihat PowerShell di sana bukan Command Prompt, bergantung pada bagaimana komputer Anda diatur.

Note: Banyak perintah hanya dapat dieksekusi jika Anda menjalankan Command Prompt sebagai administrator.

Cara Menggunakan Command Prompt
Untuk menggunakan Command Prompt, Anda memasukkan Command Prompt command yang valid bersama dengan parameter opsional apapun.

Command Prompt kemudian menjalankan perintah, seperti yang dimasukkan dan melakukan tugas atau fungsi yang dirancang untuk dijalankan di Windows.

Misalnya, menjalankan perintah Command Prompt berikut di folder Unduhan Anda akan menghapus semua MP3 dari folder itu:
del * .mp3

Command Prompt Commands
Sejumlah besar perintah ada di Command Prompt tetapi ketersediaannya berbeda dari sistem operasi ke sistem operasi.
Mengikuti daftar perintah itu akan membuktikan bahwa ada banyak perintah yang dapat Anda gunakan di Command Prompt tetapi tidak semuanya digunakan sesering yang lain.

Berikut adalah beberapa perintah Command Prompt yang lebih umum digunakan yang digunakan dalam berbagai keadaan: chkdsk, copy, ftp, del, format, ping, attrib, net, dir, help, dan shutdown.

Command Prompt Availability
Command Prompt tersedia di setiap system operasi berbasis Windows NT yang mencakup Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000 Serta Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Windows PowerShell, interpreter baris perintah lanjutan yang tersedia di versi Windows terbaru melengkapi kemampuan mengeksekusi perintah yang tersedia di Command Prompt. Windows PowerShell akhirnya dapat menggantikan Command Prompt di Windows versi yang akan datang.

Itulah artikel tentang fungsi-fungsi dari CMD yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *