5 Tren Desain Web Kekinian Yang Perlu Diketahui

Bagi seorang pengembang web, tentu harus mengetahui apa saja tren desain web yang kini sedang populer. Harapannya, mereka bisa mendesain tampilan agar sesuai dengan keinginan dari setiap pengunjung.

Jadi dapat dikatakan jika menjadi up to date adalah hal wajib untuk seorang webmaster. Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft power point

 

Tren Desain Web yang Bisa Anda Coba

Mengikuti tren desain web yang kekinian memang menjadi keharusan. Tidak heran jika bagi seorang webmaster harus mengetahui apa saja kesukaan dari para pembaca. Harapannya adalah agar mereka tetap merasa nyaman dan betah selama membaca isi website tersebut. Berikut beberapa diantaranya:

1. 3D Element

Tidak diragukan lagi, jika menambahkan visual yang berupa 3 dimensi menjadi salah satu tren desain web paling digemari saat ini. Element 3D ini akan membuat tampilan sebuah website jauh lebih interaktif dan menarik bagi para pembaca. Alhasil, Anda bisa memanfaatkannya sebagai daya tarik untuk pengunjung.

Bagi pemilik website berupa e commerce, menggunakan element 3D menjadi pilihan yang tepat dalam menampilkan produk secara menawan dan elegan. Kebanyakan web akan terlihat modern dan kekinian, namun harus tetap diperhatikan penggunaannya agar tidak berlebihan atau bahkan terkesan norak.

2. Mode Gelap

Bagi Anda yang memperhatikan perkembangan sosial media akhir-akhir ini, adanya mode gelap memang menjadi salah satu fitur dalam pembaruan fitur terbaru. Tidak heran jika hal ini juga masuk ke dalam tren desain web saat ini. Popularitas night mode memang sudah diterapkan oleh brand ternama.

Pasti Anda sudah mengetahui bahwa beberapa aplikasi seperti Google, Instagram hingga WhatsApp menghadirkan mode gelap yang bisa dicoba oleh penggunanya. Adanya dark mode ini akan memberikan tampilan website kian terlihat modern, elegan dan juga membuat mata lebih nyaman.

3. Monokrom

Gaya monokrom memang sudah menjadi pilihan favorit bagi para webmaster sampai kapanpun. Uniknya lagi, style ini dapat diterapkan pada berbagai jenis website mulai dari modern hingga klasik sekalipun. Nyatanya tren desain web ini tidak akan membuat tampilan web terlihat kuno dan monoton.

Sebaliknya tren desain web dengan menggunakan gaya monokrom cenderung terlihat lebih minimalis dan sederhana. Harapannya konten di dalam website mampu di-highlight secara maksimal. Umumnya penggunaan warna-warna mencolok hanya akan merusak fokus bagi para pembacanya.

4. Perbanyak Whitespace

Tentu Anda sudah sering melihat kebanyakan website modern justru akan menampilkan area putih yang luas. Hal ini disebut dengan istilah whitespace. Tren ini memang bisa digunakan sebagai latar belakang di sebuah web untuk menampilkan artikel atau konten lainnya.

Hebatnya lagi, adanya whitespace bisa memberikan kesan sederhana dan minimalis. Situs akan terlihat lebih luas dan juga bersih. Latar belakang dengan warna putih dapat menyeimbangkan berbagai komponen lainnya seperti ikon, teks dan gambar agar tampak serasi satu sama lain.

5. Paduan Foto dan Ilustrasi

Konsep memadukan foto dan ilustrasi juga nyatanya digunakan oleh kebanyakan pembuat web akhir-akhir ini. Gaya seperti ini nyatanya bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melakukan langkah branding karena mampu menampilkan suatu objek lebih berkesan bagi pengunjung website.

Anda juga bisa memanfaatkan desain web seperti ini untuk menggambarkan suatu konsep rumit sehingga bukan menjadi hal mudah untuk dipahami oleh pengunjung web. Misalnya jika perusahaan keuangan ingin mengenalkan gambaran cara pemesanan produk melalui visual yang menarik.

Itulah tadi kelima tren desain web yang bisa dicoba untuk menampilkan konten di dalam website agar mengikuti perkembangan di tahun ini.

Jangan buat tampilan di dalamnya kurang menarik atau bahkan hanya membuat para pengunjung bosan saat membacanya.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *