5 Tempat Wisata Umat Kristen yang Wajib Dikunjungi

Bosan dengan wisata liburan yang itu-itu saja? Mungkin Anda butuh liburan yang beda dari biasanya, misalnya dengan mengunjungi tempat wisata rohani.

Khusus bagi umar Kristiani di Indonesia, sebenarnya ada beberapa daerah yang dapat menjadi tujuan berwisata religi. Destinasinya juga beragam, mulai dari sejarah, bangunan dengan desain unik, hingga berbagai patung dengan keindahannya.

Tempat wisata religi umat Kristiani di Indonesia ini cocok dikunjungi bersama keluarga, khususnya yang ingin menjadi memperdalam rohani. Berikut beberapa tempat wisata rohani kristen yang bisa Anda kunjungi.

1. Patung Tuhan Yesus Memberkati di Toraja

Tempat wisata religi pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Patung Tuhan Yesus Memberkati. Patung ini terletak di Buntu Burake, Toraja, Sulawesi Selatan. Saat libur natal dan tahun baru, biasanya tempat wisata ini ramai dikunjungi umar Kristiani.

Patung ini merupakan patung Yesus tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan Patung Christ Redeemer di Brazil bila dihitung dari ketinggian permukaan laut. Patung ini memiliki ketinggian 40 meter yang terdiri dari tinggi landasan 17 meter dan patungnya sendiri 23 meter.

2. Bukit Doa Tomohon di Sulawesi Utara

Tempat wisata religi berikutnya ialah Bukit Doa Tomohon. Bukit ini merupakan salah satu wisata rohani Kristen yang sangat digemari. Bukan hanya umat Kristiani saja, dalam berbagai kesempatan juga kadang ada wisatawan lintas agama yang turut berlibur di sini.

Hal ini dikarenakan selain memiliki wisata religi, Bukit Doa Tomohon juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Lokasinya sejuk dan udaranya juga bersih. Bukit Doa Tomohon dilengkapi dengan wisata outbond dan tempat piknik keluarga.

3. Bukit Salib Kasih di Tarutung

Tempat berikutnya yang wajib umat kristiani kunjungi adalah Bukit Salib Kasih yang terletak di Tarutung, Sumatera Utara. Bukit ini berjarak 2 kilometer dari Kota Tarutung dan 30 meter di atas permukaan tanah.

Di bagian bawah salib ditopang 3 tiang besar. Untuk menuju ke sini, Anda perlu melakukan pendakian sekitar 1 km. Selain menikmati wisata religi, Anda juga bisa menikmati nuansa perbukitan yang teduh dan tenang. Tidak hanya itu, kaum agama lain juga bisa datang ke tempat ini untuk menyaksikan keindahan Tapanuli Utara.

4. Gereja Maria Annai Velangkanni di Medan

Gereja maria Annai Velangkani yang terletak di Medan, Sumatera Utara merupakan salah satu gereja Katolik warga India yang bermukim di sana. Bila dilihat sekilas, desain interior gedung ini sangat unik dan menarik karena menyerupai kuil vihara umat Buddha.

Gereja Maria Annai Velangkani memiliki relief-relief yang cantik menceritakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Gereja ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama adalah aula ibadah dan yang keda adalah tempat patung Annai Velangkani dan putranya yang didatangkan langsung dari India.

5. Gua Maria Lourdes di Kediri

Tempat wisata berikutnya yang tak kalah menarik adalah Gua Maria Lourdes atau yang lebih dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang. Ini merupakan tempat ziarah agama Katolik yang ada di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Gua yang ada di sini merupakan replika dari Gua Maria yang berlokasi di Lourdes Perancis yang tekrenal sebagai tempat penampakan Bunda Maria kepada St Bernadette.

Bukan hanya menampilkan patung Bunda Maria di dalam gua saja, di sini Anda juga bisa menyaksikan patung-patung yang menggambarkan kisah-kisah rohani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *