Vivo V15 : Review, Spesikasi – Harga Terbaru 2020

Apakah kamu sudah tahu mengenai Vivo V15?

Jika Anda menginginkan smartphone kelas menengah Vivo terbaru, apakah Anda harus menggunakan Pro? Atau apakah yang ini cukup untukmu? Nah, coba lihat.

Noted : Jika kamu masih belum puas dengan Vivo V15, bisa melihat review smartphone terbaru di Bergawai.com. Namun, kamu harus simak dulu Review Vivo V15 sebagai berikut.

 

Spesifikasi Vivo V15

  • 6,53 inci 19,5: 9 FHD + Layar Ultra FullView @ 2340 x 1080px, rasio layar-ke-tubuh 91,64%
  • Corning Gorilla Glass 5
  • MediaTek Helio P70 Prosesor octa-core 2.1GHz
    Mali-G72 MP3 GPU
  • 6GB RAM
  • 128GB penyimpanan
  • Dual SIM (nano + nano)
  • Kamera depan 32MP f / 2.0
    12MP f / 1.78 + 8MP f / 2.2 + 5MP f / 2.4 AI tiga kamera belakang dengan LED flash
  • Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac
  • 4G LTE
  • Bluetooth 4.2
  • GPS, A -GPS, GLONASS, Beidou
  • micro USB
  • Pemindai sidik jari (dipasang di belakang)
  • Jovi AI
  • 3.5mm port audio
  • FunTouch OS 9 (Android 9 Pie)
  • 4.000 mAh dengan pengisian cepat Mesin Ganda
  • 161,2 x 75,9 x 8,5 mm
  • 186 g

 

Harga Vivo V15

Harga Vivo V15 mulai dari Rp 2,4 juta hingga Rp 3,3 juta. Untuk informasi selengkapnya berikut yang bisa Anda pilih di marketplace kesayangan Anda!

  • Lazada : Rp 2.849.000
  • Bukalapak : Rp 2.900.000
  • Tokopedia : Rp 2.999.000

 

Desain dan pembangunan

Jadi Vivo V15 memiliki desain yang hampir sama persis dengan saudara kandung Pro-nya. Ini memiliki tampilan premium dan memiliki bobot, yang membuatnya terasa lebih dari sekadar perangkat kelas menengah lainnya.

Di depan, kami memiliki layar 6,53 inci, yang sebenarnya sedikit lebih besar dari V15 Pro. Kami mendapatkan tampilan semua layar yang mengagumkan berkat kamera selfie pop-up.

Fakta bahwa kami masih memiliki fitur ini adalah langkah yang menarik untuk Vivo, karena OPPO F11 tidak mempertahankan kamera pop-up F11 Pro, begitu pula OnePlus 7 terkait dengan OnePlus 7 Pro.

Sebaliknya, kedua perangkat tersebut memilih takik titik embun untuk varian non-Pro mereka. Terlepas dari itu, tampilan setidaknya masih memiliki beberapa perlindungan dalam bentuk Gorilla Glass 5.

Melihat ke belakang, kami menemukan perubahan desain besar pertama kami dibandingkan dengan V15 Pro. Alih-alih pemindai sidik jari di bawah layar khas merek, kami mendapatkan yang dipasang di belakang.

Juga ditemukan di sini adalah modul kamera belakang tiga yang menambahkan tonjolan signifikan ke profil keseluruhan ponsel. Ini karena rakitan kamera pop-up berada di bidang yang sama dengan kamera belakang, jadi ini bisa dimengerti.

Di sisi kiri, kami menemukan baki kartu dengan dua slot kartu nano-SIM dan slot kartu micro SD khusus. Kami juga mendapatkan tombol Asisten Google khusus yang dapat Anda petakan ulang di pengaturan, tetapi opsi penyesuaian sangat terbatas.

Tombol tersebut hanya dapat digunakan untuk mengaktifkan Google Assistant, Google Search, Image Recognizer, atau Visual Snapshot. Cukup banyak. Akan lebih baik jika Anda bisa memetakan ulang tombol untuk membuka kamera atau mengaktifkan senter atau sesuatu.

Bagaimanapun, pindah ke sisi kanan, kami memiliki volume rocker dan tombol power. Dan di bawah, port micro USB, jack headphone, mikrofon, dan loudspeaker.

 

Tampilan dan Multimedia

Layarnya pasti sesuatu. Pada 6,53 inci, ini sangat besar. Dan tanpa takik menghalangi jalannya, menonton video dan bermain game itu LUAR BIASA. Itu adalah hal yang sama yang saya katakan dalam ulasan saya tentang V15 Pro, dan ya, saya mengatakannya lagi.

Kualitas tampilan cukup bagus. Kami tidak mendapatkan panel Super AMOLED seperti Pro, tetapi panel IPS yang satu ini melakukan tugasnya.

Ini cukup cerah untuk penggunaan di luar ruangan bahkan pada sekitar 80%, dan warna menjadi hidup, dan resolusi 1080p membuat teks dan gambar cukup tajam.

Kualitas loudspeaker tersebut sejujurnya kurang bagus. Selain down-firing, yang saya benci, itu tidak terlalu keras, dan selain kurang di bagian bass, juga tidak banyak kejelasan di mid dan high. Anda lebih baik menggunakan headphone atau speaker eksternal.

 

Kamera

Kami pada dasarnya memiliki perangkat keras kamera yang persis sama dengan V15 Pro, KECUALI kami memiliki sensor belakang utama 24MP, bukan 48MP. Kualitas dari kamera belakang masih bagus.

Dalam pencahayaan alami yang baik, kami mendapatkan bidikan dengan jumlah detail yang bagus, warna yang bagus, meskipun jangkauan dinamis kurang, terutama untuk kamera ultrawide.

Dalam cahaya redup, ini melakukan pekerjaan dengan baik bahkan pada pengaturan otomatis standar, tetapi beralih ke mode malam, dan bidikan sangat menakjubkan. Seperti yang kami katakan di video sebelumnya, mode malam Vivo benar-benar diremehkan.

Untuk selfie, karena kami memiliki kamera pop-up 32MP yang sama, hasil jepretannya setara dengan V15 Pro. Saya pribadi lebih suka AI Beauty dimatikan, tetapi saya rasa Anda dapat mengatakan AI Beauty berfungsi dengan baik.

Selfie potret memberikan pemisahan subjek-latar belakang yang baik dan Anda memiliki banyak mode untuk dipilih. Dan secara keseluruhan, selfie memiliki banyak detail dan menangkap warna kulit yang bagus.

Untuk video, Anda hanya dapat merekam hingga 1080p untuk kamera belakang. Kualitasnya lumayan, karena Anda menangkap warna yang bagus, dan eksposur menyesuaikan dengan cepat saat beralih di antara skenario pencahayaan, meskipun saya berharap kami memiliki lebih banyak stabilisasi.

Jadi sama seperti aspek lain dari V15, kameranya juga sedikit lebih rendah dari pada V15 Pro, tapi, masih cukup bagus.

 

OS, UI, dan Aplikasi

Ketika datang ke perangkat lunak, V15 berjalan pada Funtouch 9 berdasarkan Android 9.0 Pie, jadi kami dapat mengharapkan tampilan dan fitur yang sama.

Funtouch menggunakan antarmuka yang bersih dan mudah dinavigasi dengan skema warna muda. Secara default, navigasi melalui tombol navigasi standar, tetapi Anda dapat memilih untuk menggunakan gerakan layar penuh.

Menggesek ke bawah dari atas akan mengungkapkan pemberitahuan sementara menggesek ke atas dari bawah akan menampilkan tombol pintas.

Geser dari kiri, dan Jovi Smart Scene akan muncul seperti sekumpulan widget yang dapat menampilkan informasi terkait seperti cuaca, aktivitas fisik, dan skor dari tim bola basket favorit Anda.

Fitur lain termasuk iManager yang seperti toko serba ada untuk mengoptimalkan ponsel Anda, Mode Anak, dan Sentuhan Mudah yang berfungsi mirip dengan Sentuhan Bantu.

Lihat ke dalam Pengaturan, dan Anda akan memiliki lebih banyak akses ke fitur-fitur seperti Jovi, Game Cube (yang akan kita bahas nanti), Mode Sepeda Motor, dan Keamanan & Privasi.

Aplikasi pra-instal tersedia seperti Facebook, Lazada, WeSing, WPS Office, dan TikTok, di atas aplikasi Google biasa. Anda tidak perlu khawatir karena memiliki penyimpanan 128GB dengan 107,16GB yang dapat digunakan. Jika itu tidak cukup, Anda dapat memasang kartu microSD di slot khusus, yang bagus.

 

Performa dan Tolok Ukur

Beberapa perbedaan utama antara V15 Pro dan V15 adalah yang terakhir menggunakan chipset MediaTek Helio P70 dan RAM 6GB. Chip penyimpanan juga memiliki kecepatan baca-tulis yang lebih lambat.

Meski begitu, V15 mampu menangani hampir semua yang kami lemparkan. Navigasi lancar, aplikasi diluncurkan dengan cepat, dan multitasking cepat.

Dalam hal permainan, ini dapat menangani judul seperti Mobile Legends dalam pengaturan grafis tertinggi dan mode kecepatan bingkai tinggi.

Game Cube juga melakukan pekerjaan yang baik dalam meningkatkan pengalaman bermain game. Pemanasan bisa dirasakan di bagian belakang tetapi hanya pada tingkat yang tidak akan membuat tidak nyaman. Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu – 148.378:
• 3DMark SSE – 1.290 (OpenGL ES3.1), 1.258 (Vulkan)
• PCMark – 8.206 (Work 2.0)
• Geekbench 4 – 1.522 (Single-Core), 5.771 (Multi-Core), 5.372 (RenderScript)
• AndroBench – 297,19 MB / s (Baca), 171,34 MB / s (Tulis)

 

Konektivitas dan Masa Pakai Baterai

Dalam hal konektivitas, V15 memiliki hampir semua yang dimiliki V15 Pro termasuk Dual-SIM, 4G LTE, WiFi 802.11 ac, dan GPS. Namun, ia memiliki Bluetooth 4.2, bukan 5.0. Ini bukan masalah besar tetapi akan lebih baik memiliki yang terbaru terutama jika Anda sering terhubung ke perangkat Bluetooth.

Secara keseluruhan, fitur-fiturnya berfungsi dengan baik karena koneksi ke internet cepat dan aplikasi navigasi kami berfungsi dengan akurat.

Satu keuntungan yang dimiliki V15 dibandingkan V15 Pro adalah kapasitas baterai karena memiliki kapasitas 4.000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan 3.700 mAh yang terakhir.

Kami mendapatkan sekitar 10 jam penggunaan campuran yang mencakup data seluler, beberapa putaran Mobile Legends, dan media sosial yang berat.

PC Mark menilai masa pakai baterai pada 12 jam dan 2 menit sementara tes loop video kami mendapatkan 15 jam pemutaran yang secara signifikan lebih rendah dari 22 jam dan 12 menit yang kami dapatkan dari V15 Pro.

Ini dapat dikaitkan dengan efisiensi chipset dan panel yang digunakan. Pengisian membutuhkan waktu lebih dari 2 jam.

 

Kesimpulan

Meskipun V15 dipandang sebagai versi V15 Pro yang diperkecil, ia cukup kuat untuk memenuhi permintaan berbagai macam pengguna.

Ini memiliki layar besar dengan Gorilla Glass 5, RAM dan kapasitas penyimpanan di atas rata-rata, tiga kamera belakang, kamera depan yang lebih tinggi, dan kapasitas baterai yang besar.

Perlu kamu ketahui, Vivo V15 adalah salah satu hp vivo gaming terbaik yang wajib kamu coba!



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *