Cara Membuat Rekening Baru BANK BRI dengan Mudah

Dengan kecanggihan Teknologi saat ini, cara membuat rekening BRI kini menjadi semakin mudah

Apalagi dengan hadirnya layanan BRImo alias BRI Mobile. Sehingga para calon nasabah yang ingin membuat rekening tabungan bisa melakukan pendaftaran dari rumah secara online.

Saat ini, memiliki rekening tabungan semakin menjadi kebutuhan penting untuk masyarakat baik di desa maupun kota. Karena selain menjadi salah satu tempat menabung yang paling aman, rekening juga mempermudah melakukan transaksi dan pengiriman uang kepada orang lain.

Apalagi di masa pandemi yang belum terlihat kapan berakhirnya ini, segala transaksi menggunakan uang tunai baiknya dihindari. Sebab uang kertas bisa menjadi salah satu media penularan virus dari orang ke orang.

 

Jenis – Jenis Rekening yang Tersedia di Bank BRI

Sebagai salah satu bank milik negara, pastinya BRI ingin memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung manajemen keuangan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan banyak jenis rekening sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Karena perlu Anda ketahui, cara mengatur dan menyimpan keuangan untuk bisnis berbeda dengan cara menyimpan uang milik pribadi. Oleh karena itulah BRI menyediakan rekening tabungan khusus untuk usaha seperti Simpedes Usaha dan Britama Bisnis.

Bukan hanya dua itu, Bank Rakyat Indonesia ini juga memiliki banyak pilihan rekening yang lain seperti :

 

Rekening Junio

Rekening Junio disediakan khusus untuk anak – anak Indonesia yang masih berstatus pelajar. Baik itu yang sudah berusia di bawah 17 tahun maupun yang di atas 17 tahun dan tanpa membutuhkan KTP. Hal ini menjadi salah satu langkah membiasakan menabung dan berhemat sejak masih anak – anak.

 

Rekening Tabungan Haji

Sesuai dengan namanya, jenis rekening BRI yang berikutnya dibuat untuk calon jamaah haji yang sudah punya niat untuk berangkat ke tanah suci. Agar mempermudah cara mengatur keuangan yang ditabung untuk ke tanah suci, BRI menyediakan jenis rekening khusus bernama rekening Tabungan Haji.

 

Rekening Simpedes

Berikutnya ada rekening Simpedes yang merupakan singkatan dari Simpanan Pedesaan. Dengan jenis rekening ini, semua golongan masyarakat bisa menabung tanpa harus mengeluarkan setoran awal yang terlalu besar. Selain itu, pembukaan rekening Simpedes juga bisa dilakukan dimana saja, termasuk di unit bank BRI terdekat.

 

Rekening Britama

Yang terakhir dan paling utama dari BRI adalah rekening Britama. Dengan rekening ini, Anda bisa melakukan transaksi online melalui BRImo maupun situs e-banking BRI. Sehingga mempermudah proses transaksi bila Anda tidak sempat pergi ke ATM terdekat.

Nah sekarang karena Anda sudah tahu jenis rekening BRI yang tersedia, waktunya memilih rekening mana yang ingin dibuka. Karena setoran awal dan syarat membuka rekening BRI berbeda – beda tergantung jenis rekening mana yang mau dibuat.

 

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Membuka Rekening BRI

Sebelum datang ke kantor cabang BRI atau BRI unit terdekat untuk membuka rekening, ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja syarat yang harus dilengkapi. Karena akan ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk membuka rekening BRI. Apa saja syaratnya?

 

Syarat Buka Rekening BRI Britama

Untuk membuka rekening Britama, syarat – syarat dan dokumen yang perlu Anda siapkan adalah seperti berikut ini.

  • Usia minimal 17 tahun
  • Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk warga negara Indonesia
  • Membawa Paspor dan KITAP, KITAS atau KIMS untuk warga negara asing
  • Membawa NPWP atau mengisi form pernyataan belum memiliki NPWP
  • Setoran awal minimal 100.000
  • Untuk rekening Britama, minimal nominal setoran selanjutnya adalah 10.000.

 

Syarat Buka Rekening BRI Tabungan Haji

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat rekening BRI Tabungan Haji, ada baiknya Anda juga ketahui dulu apa saja persyaratannya berikut ini.

  • Usia minimal 17 tahun
  • Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk warga negara Indonesia (WNI)
  • Membawa NPWP atau mengisi form pernyataan tidak memiliki NPWP
  • Membawa Paspor, KIMS, KITAP atau KIMS untuk warga negara asing
  • Setoran awal minimal 50.000

Berbeda dengan rekening Britama, minimal setoran berikunya untuk rekening Tabungan Haji ini hanya 25.000 saja. Selain itu Anda juga akan melakukan akad atau perjanjian jangka waktu tabungan hingga tercapai nominal yang cukup untuk berangkat ke tanah suci.

 

Syarat Buka Rekening Junio

Rekening Junio bisa dibuka oleh masyarakat yang belum berusia 17 tahun dengan menggunakan identitas orang tua. Jadi jika Anda ingin membukakan rekening tabungan untuk buah hati, berikut ini adalah syarat – syarat yang perlu dipenuhi.

  • Orang tua wajib memiliki rekening Britama atau Simpedes
  • Mengisi form registrasi sebagai nasabah
  • Membawa akte calon nasabah dan kartu keluarga
  • Setoran awal 350.000 (Saldo awal rekening induk sebesar 250.000 dan rekening Junio sebesar 100.000)

 

Cara Membuat Rekening BRI

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat rekening BRI. Untuk mendaftar sebagai nasabah, Anda bisa melakukan registrasi dengan 2 cara yaitu dengan langsung datang ke kantor cabang terdekat atau melalui pendaftaran online. Berikut ini adalah penjelasan untuk kedua caranya.

 

Cara Membuat Rekening BRI di Kantor Cabang Terdekat

Untuk membuka rekening BRI melalui kantor cabang atau unit BRI, Anda cukup mendatangi kantor yang jaraknya paling dekat dan sesuai dengan regional KTP yang dimiliki. Kemudian bawa seluruh persyaratan dan katakan kepada teller bank bahwa Anda ingin membuka rekening.

Nantinya teller mengarahkan dan memberi form aplikasi pembukaan rekening yang wajib Anda isi. Proses pembukaan rekening ini umumnya tidak lebih dari 2 jam.

 

Cara Membuat Rekening BRI Online dengan Aplikasi BRImo

Jika Anda ingin membuka rekening BRI melalui aplikasi BRImo, silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Masuk ke aplikasi BRImo lalu klik Daftar dan lengkapi form yang perlu diisi
  • Tunggu kode OTP yang dikirim ke nomor telepon dan masukan ke kolom yang tersedia
  • Jika pendaftaran sudah berhasil, masuk Log in dengan akun yang tadi dibuat
  • Klik Buka Rekening Baru
  • Klik “Lanjutkan” dan unggah foto KTP, tanda tangan, wajah, dan NPWP
  • Klik lagi pilihan “Lanjutkan” untuk membuat pin Britamax
  • Pilih lokasi kantor cabang terdekat dan klik “Kirim”
  • Masukan password yang tadi didaftarkan
  • Sekarang, pilih metode setoran awal yang disediakan
  • Jika setoran sudah dilakukan, masuk kembali ke aplikasi dan klik “Buka Rekening”

 

Demikianlah artikel tentang cara membuat rekening BRI melalui aplikasi BRImo maupun melalui kantor cabang terdekat. Jika ada yang tidak dimengerti, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *