Hubungan Paradoks Perjalanan Waktu dan Paralel Universe

Suka tentang film mengenai perjalanan waktu atau time travel? Kalau kamu suka, berarti kamu juga akan tertarik tentang topik kali ini. Topik yang akan kita bahas tentang paradoks di perjalanan waktu. Pertama-tama mari kita bahas, apa itu paradoks?

Paradoks adalah suatu keganjilan yang terjadi dengan ketika perjalanan waktu sudah bisa dilakukan. Keganjilan tersebut dapat berupa suatu tindakan yang jika kita pikirkan secara logika, sebenarnya tindakan tersebut tidak bisa dilakukan, atau menimbulkan pertanyaan yang berulang. Kalau kalian bingung, disini gw akan berikan beberapa contoh paradoks.

Grand Father Paradoks

Grandfather paradoks ini berisi tentang seseorang yang melakukan time travel kembali ke masa lalu ketika kakeknya masih muda, kemudian dia membunuh kakeknya tersebut.

Kejadian ini seharusnya tidak bisa terjadi,kenapa? Karena ketika orang tersebut membunuh kakeknya sendiri yang masih muda, maka ayah atau ibu orang tersebut tidak pernah terlahir.

Dan ketika ibu atau ayah orang tersebut tidak pernah terlahir maka orang tersebut seharusnya juga tidak pernah terlahir. Jika orang tersebut tidak pernah terlahir, maka siapa yang kembali ke masa lalu untuk membunuh kakeknya tersebut?

Jadi pada grandfather paradoks ini, kita diberikan sebuah keganjilan dimana kita tidak bisa mengubah sesuatu yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Oke lanjut ke contoh paradoks kedua.

Information Paradoks

Jadi, pada information paradoks ini menceritakan tentang pemberian suatu informasi tentang apa yang akan dilakukan seseorang di masa depan ke orang itu sendiri. Bingung? Coba gw kasi contoh deh.

Anda kembali ke masa lalu untuk bertemu dengan Albert Einstein ketika ia masih muda. Anda memberikan sebuah buku yang berisi mengenai dasar teori-teori yang akan dibuat oleh Albert Einstein sendiri di masa depan. Tetapi anda tidak mencantumkan nama Albert Einstein sebagai penulisnya.

Ketika Albert Einstein membaca buku tersebut, ia akan merasa tertarik dan mencoba mempelajari teori tersebut hingga bisa. Ketika dia sudah memahami teori tersebut, kemudian dia akan membuat sebuah buku tentang dasar-dasar teori itu. Dan buku itulah yang anda berikan pada Albert Einstein di awal.

Pertanyaannya adalah, darimana sumber teori dari buku tersebut? Jika Albert Einstein tidak membaca buku tentang teori itu, maka Albert Einstein tidak akan pernah tau teori tersebut. Padahal buku tersebut sebenarnya adalah teorinya sendiri. Membingungkan memang.

Berdasarkan cerita cerita tadi, paradoks secara logika tidak memiliki jawaban yang pasti karena kejanggalan yang terjadi akibat perjalanan waktu itu sendiri. Tapi, bagaimana jika ternyata ada jawaban yang menjelaskan jawaban dari cerita-cerita diatas?

Teori Paralel Universe

Teori paralel universe adalah teori yang menyatakan bahwa terdapat banyak dunia yang berdampingan dengan dunia yang kita tinggali sekarang. Dunia itu bisa saja sama persis, mirip, atau bahkan berbeda dengan dunia yang kita ketahui.

Contohnya jika Adi di dunia A adalah seorang dosen matematika, bisa saja di dunia B dia adalah seorang dosen bahasa. Atau bahkan bisa saja di dunia C Adi adalah seorang koki.

Jadi jika kita berlandaskan teori parallel universe, kita kembali ke masa lalu yang bukan dunia kita. Contohnya saja pada grandfather paradoks, ketika gw kembali ke masa lalu dan membunuh kakek gw ketika masih muda, gw memang membunuh kakek gw sendiri di dunia tersebut, dan hal itu akan membuat gw di dunia tersebut tidak pernah lahir.

Tapi gw yang bukan berasal dari dunia tersebut tidak akan mengalami akibat dari tindakan tersebut.

So gimana? Mulai paham tentang paradoks di perjalanan waktu? Atau tambah bingung?



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *