Cara Kompres PDF + Pengetahuan Dasar Tentang PDF

Hai apa kabar? Buat kamu-kamu yang masih menempuh dunia pendidikan baik itu di sekolah ataupun universitas, pasti sering mengirimkan tugas dalam bentuk pdf.

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, sesuai dari namanya, portable berarti dapat digunakan di berbagai platform. Berbagai platform disini yang dimaksud adalah dapat dibuka di android, iphone, dan dekstop windows.

Lah bukannya kita bisa menggunakan file doc aja ya? Kan file doc juga bisa dibuka di berbagai platform seperti android, ios, dan windows? Jawabannya adalah karena format pdf akan membuat seluruh data yang ada di dalamnya utuh, dan tidak berubah.

Pernah ga sih kamu mengirim atau membuka sebuah file dengan format doc di hp kamu, kemudian tulisannya menjadi berantakan? Atau simpelnya ketika kamu mengirim dokumen word melalui email, kadang spasi ataupun tab yang ada di dokumen tersebut akan jadi berantakan kalau dibuka di perangkat mobile.

Oleh karena itulah, kita dapat menggunakan format pdf yang mana akan mempertahankan style dari file itu sendiri. Tidak akan ada perubahan tampilan ketika kamu membuka file tersebut di perangkat mobile.

Namun ada kelemahan dari file pdf ini, yaitu ketika kamu sudah mengirimkan file pdf, maka file pdf tersebut tidak bisa diedit lagi.

Namun, kita dapat mensiasati hal tersebut dengan menggunakan file pdf hanya ketika akan mengirim dokumen yang sudah pasti dan tidak perlu diedit lagi. Contohnya adalah ketika kamu mengirimkan makalah, skripsi ataupun laporan.

Ketika kalian mengirimkan dokumen untuk keperluan diatas, silahkan kirim menggunakan pdf. File asli silahkan kalian simpan dengan format word seperti biasa.

Buat kamu yang masih bingung gimana cara simpan file pdf di komputer, berikut adalah caranya.

  1. Silahkan buka file kamu di microsoft word
  2. Pilih File kemudian pilih Export
  3. Lalu pilih Save as pdf format
  4. Silahkan berikan nama lalu tentukan dimana kamu akan menyimpan file tersebut
  5. Jika sudah klik OK
  6. Dan file kamu sudah tersimpan sebagai file pdf.

 

Nah ketika kamu mengirimkan tugas dengan menggunakan file pdf, terkadang beberapa situs menetapkan batas maksimal ukuran file yang bisa diupload.

Ini tidak akan menjadi masalah ketika file kamu tidak melebihi batas ukuran maksimal tersebut. Tapi bagaimana jika file kamu ternyata lebih besar dari batas maksimal? Kamu bisa menggunakan fitur kompres pdf

Kompres pdf adalah suatu fitur yang memungkinkan kita untuk membuat file pdf menjadi lebih kecil ukurannya. Ini akan menjadi solusi untuk masalah di atas. Caranya adalah kita akan menggunakan situs pdf converter.

Cara Kompres PDF

  1. Silahkan buka browser kamu lalu pergi ke https://www.ilovepdf.com/
  2. Kemudian silahkan pilih Compress PDF
  3. Lalu klik Select PDF Files
  4. Pilih file yang ingin kamu kompress, jika sudah klik OK
  5. Kemudian akan muncul pilihan COMPRESSION LEVEL, silahkan pilih yang Recomended Compression saja
  6. Setelah itu klik Compress PDF
  7. Tunggu proses selesai dan jika sudah, kamu bisa mendownload file yang sudah terkompres.

 

Perlu diingat bahwa ketika kamu melakukan kompress pdf, maka akan terjadi beberapa penurunan kualitas di file kamu. Ini terjadi demi mendapatkan ukuran yang lebih kecil. Jika file pdf kamu hanya terdiri atas tulisan tanpa gambar, maka seharusnya efek dari penurunan kualitas tidak akan terlalu terasa.

Berbeda jika file pdf kamu berisi banyak gambar dengan kualitas HD, maka akan terasa perbedaan akibat penurunan kualitas ini. Tapi itu tidak akan terlalu terlihat untuk compression level Recommended Compression.

Oke itu tadi artikel tentang Apa itu PDF dan Cara Kompres file PDF tanpa software tambahan. Semoga bermanfaat!

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *