5 Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP OPPO

Memori Penuh di HP Oppo memang bukan masalah yang besar, Pasalnya semua pengguna pasti sering mendapatkan masalah serupa namun di sepelekan jika memori penuhnya belum seberapa.

HP Oppo sendiri terutama keluaran lama memang mempunyai memori yang cukup sedikit ketimbang keluaran terbaru. Hal ini lantaran inovasi dari HP Oppo itu sendiri lantaran pihak pengembang selalu menutupi permasalahan kecil di Hp OPPO terutama masalah memori yang cepat penuh.

Bagi beberapa pengguna masalah memori penuh memang cukup bikin risih atau emosi. Pasalnya ketika memori penuh maka kinerja smartphone OPPO menjadi menurun.

Biasanya jika memori HP Oppo penuh maka ada notifikasi seperti  “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”, “Ruang Penyimpanan Penuh”, “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”,

“Ruang Penyimpanan Tidak Cukup”, “Penyimpanan Tidak Memadai”, “Penyimpanan Internal Hampir Penuh”, “Not Enough Memory”, dan berapa notifikasi lainnya yang cukup mengganggu.

Saya sendiri cukup sering mengalami masalah ini, Namun bisa teratasi dengan mudah dengan menghapus beberapa file saja. Namun ada juga solusi lain yang cukup ampuh selain menghapus beberapa file apalagi file tersebut penting.

Memori penuh pada HP Oppo juga perlu di atasi agar memori menjadi lega dan tidak terbebani dengan file-file yang cukup banyak, Apalagi mempunyai ukuran berat. Hal ini supaya beberapa fitur dan kinerja dari Smartphone agar tidak terganggu.

5 Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP OPPO

Cara mengatasi memori penuh pada HP OPPO memang cukup mudah, Apalagi ada beberapa cara yang bisa anda praktekan sendiri tanpa perlu menggunakan PC ataupun Laptop. Silahkan simak langkah-langkah cara mengatasinya sebagai berikut.

1. Hapus Cache Pada Aplikasi

Cache pada aplikasi seringkali memberatkan memori. Anda perlu menghapus secara berkala untuk cache aplikasi guna meringankan beban pada memori.

Selain itu juga dengan membersihkan cache maka anda bisa merefresh kinerja aplikasi. Silahkan cek blogdimas.id untuk cara menghapus cache secara otomatis karena untuk menghapus manual cukup menyusahkan dan ribet.

2. Pindahkan File Ke Kartu SD

Untuk file-file berat usahakan jangan menaruhnya di memori internal atau penyimpanan internal. Pindahkan file-file dengan ukuran besar ke Kartu SD atau memori eksternal. Sehingga memori internal tidak terbebani dengan file berat dan kinerja smartphone juga menjadi ringan.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang terinstall cukup banyak juga perlu anda filter. Filter disini yaitu menyaring aplikasi mana yang dipakai dan mana yang tidak dipakai. Jika ada beberapa aplikasi yang tidak digunakan sama sekali, Maka anda bisa mencopot aplikasi tersebut agar memberi ruang pada memori HP OPPO.

4. Bersihkan SMS Masuk

Pesan SMS yang masuk cukup banyak juga membebani memori pada HP OPPO. Banyaknya SMS yang masuk dan tanpa kita sadari sudah ada ribuan SMS bisa memakan banyak ruang di memori. Anda perlu menghapus SMS masuk agar memberi ruang pada memori.

5. Gunakan Google Drive

File yang cukup banyak memenuhi memori internal dan eksternal memang sangat membani smartphone dan kinerja menjadi lambat. Anda bisa menggunakan layanan cloud seperti Google Drive untuk menyimpan file-file penting dan berat. Sehingga bisa menyisakan ruang pada memori HP OPPO.

Kesimpulan

5 cara mengatasi memori penuh di HP Oppo yang saya bagikan diatas merupakan metode ampuh. Jika memori tiba-tiba penuh dengan sendirinya maka bisa saja memori anda terinfeksi virus dan hanya bisa diatasi dengan antivirus. sekian informasi dari saya, Terimakasih.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *