Tips Jualan Online: Prodak Laris vs Prodak Menguntungkan

Pada Dasarnya jualan itu pengen untung besar tapi tidak semudah itu, karena jika mudah semua orang sudah kaya semua.

Baik jualan offline atau online pada prinsipnya sama yang membedakan hanya media saja. Nah agar tidak salah langkah, bagaimana sih tipsnya berjualan terutama online. Dari pengalaman penulis berjualan online yang cukup untuk menghidupi dan riset dari pengalaman orang lain.

Penulis meringkas setidaknya ada dua jenis prodak yang teman-teman harus bisa bedakan, Sengaja dibuat 2 jenis agar lebih mudah dipahami. Yaitu seperti di judul Prodak Laris dan Prodak Menguntungkan.

Lho memang beda ya? Agar tidak bingung admin beri Contoh, di supermarket-supermarket besar hampir semua menjualan kebutuhan dasar seperti telor, minyak, hingga beras.

Nah apakah laku? Bisa penulis katakan hampir 100% laku. Lalu pertanyaan kedua, apakah menguntungkan? Nah penulis akan bilang hampir kebanyakan tidak menguntungkan, jika menguntungkan pun tipis sekali, Bahkan bisa dikatakan ada yang jual rugi.

Lho kok bisa jual rugi? Jika dipikir sekilas pasti tidak masuk akal, tapi penulis coba jelaskan ya. Pernah ga dengar kalau di supermarket ini harga minyak murah sekali ketimbang di supermarket anu, Lalu di supermarket anu harga telornya malah lebih murah.

Jika sering belanja kebutuhan pokok masih tahu dong, jika tidak tahu coba tanya ke istri atau ibu-ibu deh pasti paham.

Nah kok bisa beda-beda begitu? Nah sebenarnya itu adalah strategi untuk menarik konsumen atau pembeli, Karena kebutuhan pokok pasti laris yang membedakan paling besar hanyalah harga jadi harga termurah pasti laku.

Setelah konsumen atau pembeli datang ke supermarket, apakah semua barang yang lain murah? Nah belum tentu, justru prodak lain diusahakan menguntungkan. Karena konsumen kebanyakan tidak akan membeli satu barang di tempat supermarket.

Nah itulah disebut prodak Laris yang biasanya digunakan untuk prodak umpan agar konsumen datang, Biasanya istilah prodak umpan itu kerennya prodak penetrasi.

Nah ini juga berlaku di online, Coba deh tengok seprti shopee, tokopedia, hingga bukalapak mereka pasti adalah salah satu prodak kebutuhan pokok sebagai umpan, Contoh paling dekat seperti pulsa, token listrik hingga tagihan lainnya.

Paham kan?

Nah Selanjutnya adalah Prodak Menguntungkan, Nah prodak menguntungkan ini tentu belum tentu laris, Kenapa? Karena disinilah yang disebut bisnisnya, Kita harus jeli melihat peluang.

Mana neh yang dijual untung gede tapi bisa laris nantinya, Nah disinilah ada ilmu marketing seperti testing, pengukuran dan scale up.

Setelah di tes satu prodak atau bahkan banyak prodak, mana yang berpeluang menguntungkan, rumusnya sama, testing, ukur, scale up. Ingat tidak segampang itu karna tidak mudah menemukan prodak yang akhirnya bisa menguntungkan dan bisa scale up, Kalau istilahnya anak Internet Marketing adalah Prodak Wining.

Nah itulah tugas Pengusaha bagaimana memperoleh prodak wining.

Pertanyaan selanjutnya adalah, Apakah kita harus mencari prodak wining langsung atau jual prodak laris dulu?

Nah bisa keduanya, Tergantung jenis tokonya, Nah jika maen MarketPlace biasanya prodak Umpan atau prodak laris wajib dipakai karena untung mendatangkan trafik dan menambah bintang agar banyak. Lalu sisanya posting prodak yang kira-kira bakal menguntungkan.

Kalau jualan via Ads seperti facebook ads, Lebih cocok mencari prodak wining langsung, Yah dengan cara testing dan testing agar bisa menemukan prodak wining tentunya

Pertanyaan terakhir diartikel ini adalah, Apakah prodak Laris atau prodak umpan bisa menguntungkan besar juga?

Tentu bisa, Tipsnya adalah

  1. Maen faktor kali yang banyak, contohnya jualan permen
  2. Jadikan Prodak Laris menjadi prodak yang berbeda dan unik, Contohnya Kaos pada dasarnya adalah prodak umpan, Namun agar bisa menguntungkan besar maka dibuatlah desain yang unik dan berbeda dan bagus, Hasilnya orang mau rela mengeluarkan uang lebih banyak.

 

Nah tips tambahan, Ini khusus pemain SEO, ternyata Prodak umpan atau prodak laris bisa sangat mudah menjadi prodak unik jika tepat memilih keywordnya.

Misal ini contoh prodak jualan saya, Jualan jasa konveksi seragam, jika diteliti pada dasarnya seragam seperti besar atau minyak, yang membedakan hanya harga, Karena pada dasarnya bahan baku sama, seperti kain, hingga logo.

Nah agar Unik seperti penjelasan di atas point desainlah  yang membedakan. Misal Jual Kaos mancing, Jual Kaos anime, Nah kalau saya contohnya adalah jualan desain seragam net tv

itu dijadikan sebagai keyword yang dibidik untuk jualan, Hasilnya harga bisa lebih tinggi dari yang lain namun tetap Laris. Nah peluang keyword seperti di atas masih sangat banyak. Karena masih minim saingan.

OK, __Semoga Bermanfaat

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *