Cara Mengetahui HP Disadap Oleh Seseorang Dari Jarak Jauh

Penyadapan pada hp pribadi Anda terdengar sangat ngeri_sedap apabila terjadi pada HP Anda

Hal ini sering dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab yang mengambil data-data pribadi untuk diperjualbelikan atau digunakan untuk sesuatu yang dapat merugikan Anda.

Apalagi jika Anda merupakan orang penting dalam suatu lembaga atau perusahaan. Penyadapan tersebut sangat berpengaruh pada karir anda.

Tetapi, pernahkah Anda berpikir bahwa HP Anda sedang disadap? Kira-kira apa itu penyadapan? Dan bagaimana cara mengetahui hp disadap seseorang?

 

Apa Itu Penyadapan HP?

Penyadapan HP adalah ketika seseorang memperoleh akses ke HP Anda tanpa izin untuk mendengarkan percakapan HP, dan mendapatkan segala informasi data Anda.

Biasanya, seseorang dapat menyadap HP Anda dengan menggunakan aplikasi spyware di Android atau iPhone.

Banyak aplikasi spyware panggilan telepon dan pesan teks menyertakan fitur untuk merekam dan mendengarkan panggilan langsung. Namun, menggunakan fitur khusus ini adalah tindakan yang ilegal.

Jadi, bagaimana Cara Mengetahui HP Disadap oleh seseorang menggunakan perangkat lunak seperti aplikasi spyware? Hal tersebut bisa diketahui dari tanda-tanda berikut ini.

 

Cara Mengetahui HP Kita Disadap

Berikut ini beberapa tanda bahwa hp kamu sedang disadap yang diambil dari salah satu artikel di Thelastsurvivors, diantaranya yaitu:

1. Kebisingan Latar Belakang Selama Panggilan Telepon

Apakah saat Anda menelpon atau menjawab panggilan telepon mendengar suara latar yang aneh?.

Jika Anda mendengar suara statis yang berdenyut, bernada tinggi, atau suara latar aneh lainnya saat melakukan panggilan suara, itu mungkin pertanda bahwa HP Anda sedang disadap.

Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa seperti bip, klik, atau statis saat Anda tidak sedang menelepon, itu tanda lain bahwa HP Anda mungkin disadap.

Anda dapat memeriksa suara yang tidak terdengar di HP Anda dengan menggunakan sensor bandwidth suara pada frekuensi rendah.

Sensor bandwidth suara adalah aplikasi pendeteksi suara dari HP lain yang dapat digunakan untuk mengukur suara dari HP yang menurut Anda disadap. Jika terdengar beberapa kali dalam satu menit, telepon Anda mungkin disadap.

2. Adanya Aktivitas Aneh Saat HP Tidak Digunakan

Jika HP Anda mulai menyala lalu mati atau bahkan mulai memasang aplikasi sendiri, dan tiba-tiba mengeluarkan suara aneh.

Seseorang mungkin telah meretasnya dengan aplikasi spyware dan mencoba menyadap panggilan Anda.

Tanda utama lainnya bahwa seseorang mencoba menyadap HP Anda adalah terdapat pesan teks SMS aneh yang berisi serangkaian huruf dan angka aneh dari pengirim yang tidak dikenal.

Cara lain untuk mengetahui apakah HP Anda sedang disadap adalah jika data pribadi yang hanya disimpan di HP telah bocor secara online.

Selain itu, Jika HP Anda disadap, peretas dapat mengekstrak data Anda dari jarak jauh dan memposting file pribadi secara online.

3. Kapasitas Baterai Menurun

Jika masa pakai baterai HP Anda tiba-tiba jauh lebih pendek dari sebelumnya, atau jika baterai menghangat saat HP tidak digunakan, software penyadap mungkin berjalan diam-diam di latar belakang, menghabiskan daya baterai.

HP yang tersadap akan merekam aktifitas Anda dan mengirimkannya ke pihak ketiga yang mengakibatkan meningkatnya penggunaan baterai.

Jika baterai HP Anda sudah lebih dari satu tahun, mungkin baterai kurang mampu untuk mengisi daya.

Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai HP Anda.

Pertimbangkan seberapa sering Anda menggunakan HP. Apakah Anda sering melakukan panggilan suara atau menggunakan aplikasi lebih sering dari biasanya?

Mungkin itu alasan baterai HP Anda lebih cepat habis dari biasanya. Tetapi jika Anda tidak melakukannya, maka sesuatu yang aneh mungkin sedang terjadi, seperti virus yang menyerang HP Anda.

4. Suhu Baterai Terasa Hangat

Indikator lebih lanjut adalah suhu baterai HP. Jika HP terasa hangat bahkan saat Anda tidak menggunakan HP, mungkin HP masih digunakan untuk mengirim data secara diam-diam. Karena spyware atau software penyadap tetap berjalan di latar belakang HP.

5. Mendapat Pesan Teks yang Aneh

Menerima pesan teks aneh merupakan salah satu fitur dari perangkat spyware yang bekerja dengan mengirimkan pesan teks berkode rahasia ke HP Anda dan berdampak pada software yang tidak berfungsi dengan benar.

6. Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Mematikan Ponsel

Perhatikan baik-baik apakah HP Anda membutuhkan waktu lebih lama saat dimatikan. Itu terjadi karena HP sedang mengirim data atau informasi kepada pihak ketiga belum selesai diproses dan harus diselesaikan sebelum HP dimatikan. Bisa jadi aplikasi penyadap sedang mengirim data informasi yang

7. Peningkatan Penggunaan Data

Beberapa aplikasi spyware menggunakan data tambahan untuk mengirim informasi yang dikumpulkan dari HP Anda.

Biasanya program spyware akan menguras data lebih banyak ketimbang aplikasi latar lainnya. Jadi, perhatikan penggunaan data bulanan yang meningkat secara signifikan.

8. Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, aplikasi pihak ketiga merupakan sumber potensial untuk malware dan spyware.

Jika Anda baru saja mengunduh aplikasi dari mana saja selain dari App Store atau Google Play Store, itu penyebab lain bisa terjadinya penyadapan.

Meskipun Anda menggunakan website atau aplikasi yang sesuai untuk mengunduh aplikasi dan sebagainya, beberapa penipu menyalin nama dan ikon aplikasi terkenal saat membuat aplikasi palsu.

Jadi, sebelum mengunduh, ada baiknya untuk melakukan double checking atau pemeriksaan kembali dengan memastikan pencarian Google dari aplikasi dan pengembangnya keduanya sah.

Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak Anda.

Jika Anda memiliki anak, Anda mungkin juga bisa mengaktifkan fitur “kontrol orang tua” agar mereka tidak mengunduh aplikasi berbahaya secara tidak sengaja.

 

Bagaimana Melindungi HP Anda dari Penyadapan?

Agar hp Anda tidak tersadap oleh orang lain melalui bantuan aplikasi atau semacamnya, akan lebih baik jika melindungi hp Anda dari penyadapan, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara tercepat untuk menghentikan perilaku penyadapan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk mematikan data seluler dan Wi-Fi, ini akan memungkinkan Anda menangani situasi offline (menghapus aplikasi, mengatur ulang perangkat Anda, dll.) Sambil menghentikan aktifitas jaringan apapun.

2. Nonaktifkan Bluetooth Anda

Matikan Bluetooth pada HP, karena biasanya penyadap mengambil data telepon melalui sinyal HP Anda. Jadi pastikan HP tidak terhubung atau terputus dengan perangkat yang terdeteksi.

3. Menggunakan Antivirus

Banyak penyedia layanan Antivirus terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengamankan HP.

Aplikasi antivirus dapat membantu HP untuk memindai hal-hal yang mecurigakan seperti virus dan spyware, mendeteksi bug termasuk Reveal (Anti SMS Spy) atau bisa juga untuk memindai berkas atau file sampah yang sudah tidak digunakan lagi pada HP yang menyebabkan ruang penyimpanan penuh.

4. Hindari Penggunaan Wi-Fi Umum

Hindarilah penggunaan Wi-Fi yang tidak dikenal. Hp Anda bisa tersadap melalui koneksi Wi-Fi yang tidak aman, karena menggunakan jaringan publik yang belum terjamin keamanannya.

Itulah Cara Mengetahui HP Disadap oleh seseorang tak dikenal dan tanda-tanda diatas bisa Anda gunakan untuk menjaga hp anda tetap aman dan terhindar dari penyadapan apabila ada sebuah pertanyaan bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah ini terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *