Apakah SEO Google Sudah MATI, Masih Efektif untuk Blogger ?

Ada pertanyaan ? apakah SEO sudah MATI / Tidak efektif untuk Blog bahkan web bisnis, semua tergantung teknik dan cara optimasi SEO, selagi dikerjakan secara benar maka SEO masih efektif, namun tidak semudah 5-10 tahun lalu.

Contoh:

Keyword buying, dengan kata JUAL, sudah tidak bisa di SEO secara langsung karena sudah di monopoli oleh marketplace, namun SEO masih bisa efektif untuk keyword turunan yang lebih informatif dan Spesifik.


Ekosistem Google itu bisa tetap ada, karena dapat pemasukan dari Iklan / Google Ads, namun jika slot iklan sudah over maka akan cukup telak memukul seo untuk beberapa keyword produktif baik jasa / produk.

Al-hasil website bisnis yang pakai SEO akan tergeser kebawah:

  • 4 Baris iklan diatas halaman
  • 3 baris Google bisnisku untuk keyword lokal / lokasi
  • Nasib Konten SEO ?
  • 3 baris di bagian bawah halaman.

Keyword Produk, SEO disapu bersih Marketplace

MAU pakai cara SEO tinggat dewa 19 akan tetap kalah dengan tokopedia, shopee , dll jika topik yang dibuat adalah konten artikel menawatkan produk secara langsung.

Secara umum kondisi ini terjadi jika keyword SEO produk / jasa, Kabar baiknya Blogger lokal yang masih pakai SEO bisa gunakan strategi kejar target keyword turunan bersifat informatif (ulasan / review) dan konten SEO masih bisa unggul.

READ :  Cara Migrasi All in One SEO Pack ke Yoast (Plugin SEO WP)

Situs Media Berita Hancurkan SEO Blogger

Dulu…………….. sebelum tribun, detik, liputan5 DKK, masih fokus pada konten berita aktual berdasarkan konsep jurnalis, blogger indonesia masih bisa hidup menikmati rangking keyword2 bagus hanya dengan SEO sederhana… namun sekarang semua keyword EverGreen telah dimonopoli oleh media mainstream.

Keberadaan blogger lokal hilang bak ditelan bumi, keyword semua lost, hanya tinggal sisa2 bahkan keyword yang kelas sangat receh, semua habis dibabat.

INi realita SEO saat ini di Google, sehingga cara SEO di Google yang efektif untuk Blogger pribadi /lokal adalah dengan membuat konten spesifik, kw turunan UNIK, Ya hanya tinggal ini yang tersisa.

Tinggal 1 Konten Keyword Jasa untuk SEO

Harapan akhir blogger lokal adalah masuk pada topik JASA dimana pasar ini belum dimonopoli oleh kapitalis, SEO disini masih sangat bagus, hanya dengan blog + tekniks SEO ala2 masih dapat rangking, semoga ini tetap menjadi milik blogger Indonesia yang dulu pernah JAYA bertengger hampir disemua KW.

OK, Boz ! Sampai disini dulu.

Data diatas di ambil dari sumber google dan pendapat admin “SEOsatu”, Berikan tanggapan kamu tentang topik ini lewat form komentar…


Updated: February 8, 2024